15 Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Dear sobat pembaca semua.. semoga selalu berada dalam lindungan dan rahmat Allah. Jumpa lagi dengan penulis ya sobat, seperti biasa penulis akan membagikan wawasan mengenai hal hal keseharian dan dihubungkan dengan hukum serta pandangannya dalam islam. Wawasan islami tentunya sangat bermanfaat untuk sobat tak hanya di dunia saja namun juga di akherat. Sebab itu sobat semua jangan sampai lelah membaca informasi terbaru mengenai dunia islam di website dalamislam.com ini. Setuju ya sobat?

ads

Nah sobat, dalam islam tentu ada beragam bulan dan tahun yang memiliki makna sendiri ya sobat? dimana penentuan tersebut sesuai dengan sumber syariat islam dan berbeda dengan penanggalan umum dan lainnya. Salah satu bulan berdasarkan syariat islam itu sendiri ada yang disebut dengan bulan dzulhijjah, pernahkah sobat mendengar sebelumnya? ya, mungkin sobat pernah mendengar namun belum memahami maknanya.

Secara bahasa, Dzulhijjah terdiri dari dua kata: Dzul  yang artinya pemilik dan Al Hijjah, yang artinya haji. Dinamakan bulan Dzulhijjah, karena orang Arab, sejak zaman jahiliyah, melakukan ibadah haji di bulan ini. Orang Arab melakukan ibadah haji sebagai bentuk pelestarian terhadap ajaran Nabi Ibrahim ‘alaihissallam (Tahdzibul Asma’, 4/156). Dzulhijjah adalah bulan keduabelas dan terakhir dalam penanggalan hijriyah yang memiliki keutamaan bulan dzulhijjah.

Jelas ya sobat mengenai maknanya? lalu ada apa dengan bulan dzulhijjah ini? bulan ini merupakan salah satu bulan yang khusus yakni khusus untuk melakukan amalan ibadah dan kebaikan, kenapa? yuk simak detailnya dalam uraian berikut, 15 Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah.

1. Hari Hari Terbaik Sepanjang Tahun

“Demi fajar, dan malam yang sepuluh” (Qs. Al Fajr: 1-2). 10 hari pertama di bulan dzulhijjah adalah termasuk hari hari terbaik sepanjang tahun, bukan berarti hari lain tidak baik dsb ya sobat, hanya saja, Allah lebih melihat pada hari hari tersebut dan menjadikan hari hari tersebut jauh lebih baik untuk melakukan amal baik yang salah satu amalan di bulan dzulhijjah adalah ibadah haji.

2. Peluang Pahala Besar Jika Beramal Shalih

“Tidak ada hari yang amal shalih lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari yang sepuluh ini (10 awal Dzulhijjah –pen”. (HR. Al Bukhari). Tentunya karena menjadi hari yang disukai Allah, Allah membuka lebar pahala besar bagi yang berbuat kebaikan ya sobat, yakni melakukan segala amalan yang dianjurkan dengan tepat, tidak melebihkan atau mengurangi seperti  bahaya bid’ah dalam islam.

3. Amal dinilai Lebih Baik dari Jihad

Para sahabat bertanya: “Apakah lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah ?” Beliau bersabda, “Iya. Lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah, kecuali seseorang yang keluar berjihad dengan harta dan jiwa raganya kemudian dia tidak pernah kembali lagi (mati syahid –pen).” (HR. Al Bukhari). Nah sobat, ternyata kesungguha ibadah di hari hari tersebut dinilai Allah lebih baik dari jihad, misalnya haji, berpuasa, amalan saat terjadi gerhana bulan, dsb.

4. Hari Baik di Mata Allah

Ibnu Rajab Al Hanbaly berkata: “Apabila sesuatu itu lebih dicintai oleh Allah, maka sesuatu tersebut lebih afdhal di sisi-Nya.” Tentunya apa yang dipandang oleh Allah lebih baik adalah sesuatu yang dicintai Allah ya sobat, termasuk jika seorang hamba melakukan kebaikan di hari tersebut, maka juga akan mendapat kasih sayang dari Allah.

5. Hari Sempurnanya Islam

“Pada hari ini telah Aku sempurnakan bagi kalian agama kalian, dan telah Aku sempurnakan nikmat-Ku atas kalian, dan Aku telah meridhai Islam itu agama bagi kalian.”  (Qs. Al Maidah: 3). Pada hari hari ini ternyata islam disempurnakan ya sobat, menjadi agama terbaik bagi seluruh umat, hal itu dinyatakan langsung dalam firman Allah tersebut.


6. Hari untuk Ibadah Haji yang Mulia

Dari Umar bin Al Khaththaab radhiyallaahi ‘anhu, “Sungguh kami telah mengetahui di mana dan kapan ayat itu turun. Ayat itu turun pada saat Nabi sedang berada di padang Arafah di hari Jum’at.” (HR. Al Bukhari). Nah sobat, di hari tersebut juga turun ayat mulia yakni yang berhubungan dengan ibadah aji yang hingga kini menjadi panduan dan dijalankan seluruh umat muslim di dunia yang mampu.

7. Menghapus Dosa 2 Tahun Bagi yang Berpuasa

Puasa Asyura dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu, dan puasa Arafah itu dapat menghapuskan dosa selama dua tahun, setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” (HR. An Nasaa’i). Tentunya tidak semua hari berpuasa mendapat pahala yang demikian ya sobat, sebagai umat muslim selama mendapat kesempatan tentu sayang jika melewatkan hari tersebut dimana pahalanya luar biasa yakni pengampunan dosa selama 2 tahun, tentunya puasa yang dilakukan harus sungguh sungguh dan hanya Allah yang menilai.

8. Hari Penting Umat Islam

“Sebaik-baik pelaksanaan haji adalah yang paling banyak bertalbiyah dan yang paling banyak berhadyu (menyembelih hewan sebagai hadiah untuk fuqara’ Makkah -pen).” (HR. Abu Ya’la). Haji ialah ibadah mulia yang tak bisa dilakukan kapan saja ya sobat, sebab itu diberi hari khusus yakni di bulan dzulhijjah ini sehingga menjadi salah satu bulan yang dinanti umat islam.

9. Hari Kumpulnya Umat Islam Sedunia

Haji itu (wukuf –pen) di Arafah.” (HR. Al Jama’ah). Tentunya di hari tersebut seluruh umat muslim di dunia yang menjalankan haji berkumpul bersama dan menjalankan ibadah ya sobat, hari itu hanya ada di bulan dzulhijjah sebab itu menjadi hari yang istimewa karena tiap umat islam seluruh dunia dapat bersama sama membuktikan keagungan dan keesaan Allah.

10. Manfaat Lebih Bagi yang Menyebut Asma Allah

Supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari-hari yang telah ditentukan…” (Qs. Al Hajj: 28). Di hari hari bulan dzulhijjah tentu banyak amal kebaikan yang dianjurkan ya sobat, salah satunya dengan memperbanyak menyebut asma Allah dan yang melakukannya mendapat pahala lebih dibanding ketika melakukan di hari hari lain.

11. Hari Terbaik untuk Dzikir

Maka perbanyaklah di hari-hari tersebut dengan tahlil, takbir, dan tahmid.” (HR. Ahmad, Shahih). Sunnah dari rasulullah ialah memperbanyak dzikir di hari tersebut, tentunya sebagai wujud syukur dipertemukan dengan ahri yang mulia dan diberi kesempatan untuk mengisi dengan amal kebaikan ya sobat, sehingga memang wajar jika dianjurkan untuk diisi dengan amal yang baik.

12. Derajat Mulia di Sisi Allah

Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh bau mulut orang yang berpuasa itu lebih wangi di sisi Allah daripada wangi minyak kasturi.” (Muttafaqun ‘alaih). Nah sobat, puasa sunnah tentu ada banyak dan semuanya mulia di mata Allah, namun puasa di bulan dzulhijjah juga memiliki nilai istimewa sendiri bagi hamba yang melakukannya dengan sungguh sungguh semata karena Allah.

13. Waktu yang Baik untuk Mendalami Al Qur’an

Al Qur’an adalah sebaik-baik dzikir.” (HR. Ibnu Khuzaimah, Shahih). Tiap hari tentu memang hari yang baik untuk membaca Al Qur’an ya sobat, dimana Al Qur’an membuat hati terasa tentram dan menambah ilmu jauh lebih banyak mengenai aturan dan syariat serta kisah kisah islam di jaman terdahulu.

Namun di hari hari tersebut merupakan hari dimana akan diberikan pahala lebih bagi yang membaca Al Qur’an sobat, sebab merupakan hari yang mulia sebagaimana hari yang dicintai Allah jika diisi dengan amal amal yang disukai Allah tentu akan menjadi jalan kebaikan yang amat banyak pahalanya di sisi Allah.

14. Hari yang Dengan Hari Raya Islam

“Maka shalatlah kamu untuk Tuhanmu dan berkurbanlah!” (Qs. Al Kautsar: 2). Di bulan dzulhijjah tentu ada hari raya idul adha yang ditunggu semua umat islam ya sobat, sebab itulah hari ini istimewa karena berhubungan dengan kisah Nabi Ibrahim dahulu ketika berqurban atas perintah Allah yang akhirnya menjadi dasar diadakannya qurban bagi seluruh umat islam.


Tentu istimewa ya sobat, dimana pada hari itu seluruh umat islam memiliki kesenangan yang sama yakni makan daging yang belum tentu semua orang bisa menikmatnya, tentu merupakan keberkahan dan bentuk syukur kepada Allah yang wajib dihayati dan diresapi dimana banyak saudara muslim kita yang belum mendapat kenikmatan sebesar yang kita miliki.

15. Diucap Langsung oleh Rasulullah

“Sesungguhnya yang dimaksud dengan 10 itu adalah 10 bulan Al Adh-ha (bulan Dzulhijjah –pen). (HR. Ahmad, An-Nasaa’i. Hari istimewa ini diucap langsung oleh Rasulullah ya sobat, sehingga tak diragukan lagi kebaikan di dalamnya dan istimewanya. Tentunya sebagai umat muslim kita semua juga harus menyambutnya dengan gembir dan mengisinya dengan melakukan amal amal kebaikan ya sobat sehingga ahri istimewa ini tidak berllau begitu saja dan mmeberi catatan kebaikan untuk kita.

Demikian yang dapat disampaikan penulis, semoga menjadi wawasan bermanfaat dan pengetahuan islami yang berkah serta dapat diterapkan dalam rutinitas sehari hari sobat. Terima kasih. Wassalamualaikum wr wb.

, , , , ,




Post Date: Friday 03rd, August 2018 / 03:31 Oleh :
Kategori : Info Islami