10 Tips Agar Puasa Tidak Ngantuk dan Tetap Semangat

Puasa Ramadhan merupakan salah satu kewajiban umat Islam. Menahan setiap hawa nafsu mulai dari Subuh hingga Magrib menjelang.

ads

Namun menjalani puasa sering kali menimbulkan rasa kantuk yang amat sangat. Untuk mengatasi rasa kantuk yang berlebihan, berikut adalah beberapa tips mengatasi rasa kantuk saat puasa:

1. Banyak bergerak

Salah satu yang membuat orang puasa menjadi mudah ngantuk adalah malas bergerak. Dengan alasan menghemat energi, tubuh pun menjadi malas untuk digerakkan.

Padahal hal inilah yang membuat rasa kantuk mudah datang. Lawanlah rasa malas yang amat sangat tersebut dengan melakukan beberapa aktivitas yang menggunakan banyak gerakan namun tidak menggunakan banyak energi, seperti berjalan atau membersihkan rumah.

Baca juga:

2. Sering wudhu

Wudhu akan membantu menghilangkan rasa kantuk yang berlebihan saat puasa. Bukan hanya sekedar menghilangkan rasa kantuk, wudhu juga memiliki banyak keutamaan wudhu.

Rasulullah bersabda, “Apabila seorang muslim atau mukmin berwudhu’ kemudian mencuci wajahnya, maka akan keluar dari wajahnya tersebut setiap dosa pandangan yang dilakukan kedua matanya bersama air wudhu’ atau bersama akhir tetesan air wudhu’.

Apabila ia mencuci kedua tangannya, maka akan keluar setiap dosa yang dilakukan kedua tangannya tersebut bersama air wudhu’ atau bersama akhir tetesan air wudhu’.

Apabila ia mencuci kedua kaki, maka akan keluar setiap dosa yang disebabkan langkah kedua kakinya bersama air wudhu’ atau bersama tetesan akhir air wudhu’, hingga ia selesai dari wudhu’nya dalam keadaan suci dan bersih dari dosa-dosa.” (HR Muslim no. 244).

3. Tidur

Jika rasa kantuk yang datang sudah sangat tidak tertahankan lagi, maka sebaiknya tidur. Jangan memaksakan diri untuk tetap terjaga karena justru akan merusak ibadah lainnya, seperti shalat.

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا نَعَسَ أَحَدُكُمْ وَهُوَ يُصَلِّى فَلْيَرْقُدْ حَتَّى يَذْهَبَ عَنْهُ النَّوْمُ، فَإِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا صَلَّى وَهُوَ نَاعِسٌ لاَ يَدْرِى لَعَلَّهُ يَسْتَغْفِرُ فَيَسُبَّ نَفْسَهُ

Jika di antara kalian ada yang ngantuk ketika shalat hendaknya dia tidur hingga hilang ngantuknya.

Karena jika salah seorang di antara kalian tetap shalat, sedangkan ia dalam keadaan ngantuk, ia tidak akan tahu, mungkin ia bermaksud meminta ampun tetapi ternyata ia malah mencela dirinya sendiri.” (HR. Al-Bukhari no. 212 dan Muslim no. 786)

Baca juga:

4. Baca Alquran

Puasa haruslah diisi dengan banyak ibadah yang baik sehingga puasanya menjadi berkah dan tidak sia-sia. Salah satunya adalah dengan membaca Alquran.

Allah berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”.


“Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30).

5. Melakukan obrolan

Selain beribadah, Anda juga bisa melakukan obrolan dengan keluarga atau teman untuk menghilangkan rasa kantuk saat berpuasa. Sebaiknya pilih obrolan yang cukup berat untuk mengalihkan perhatian pada topik obrolan sehingga otak akan bekerja dengan maksimal.

Baca juga:

6. Perbanyak dzikir

Dengan banyak mengingat Allah, rasa kantuk bisa hilang. Fokuskan pada dzikir yang dilakukan agar pikiran tetap terjaga.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata,

الذكر للقلب مثل الماء للسمك فكيف يكون حال السمك إذا فارق الماء ؟

Dzikir pada hati semisal air yang dibutuhkan ikan. Lihatlah apa yang terjadi jika ikan tersebut lepas dari air?”

Allah Ta’ala berfirman,

وَلَا تَكُونُوا كَالَّذِينَ نَسُوا اللَّهَ فَأَنْسَاهُمْ أَنْفُسَهُمْ أُولَئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ

Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah, lalu Allah menjadikan mereka lupa kepada mereka sendiri. Mereka Itulah orang-orang yang fasik.” (QS. Al Hasyr: 19)

7. Jangan berlebihan makan sahur

Salah satu penyebab ngantuk di pagi dan siang hari adalah terlalu banyak makan saat sahur. Banyaknya makanan yang harus diolah oleh tubuh menyebabkan timbulnya rasa kantuk.

Makanlah secukupnya saat sahur sehingga badan pun menjadi lebih fit dan tidak mudah ngantuk. Allah berfirman, ‘Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan,” (QS. Al A’raf: 31).

Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa banyak kenyang dan banyak tidur, maka keraslah hatinya. Kemudian beliau bersabda, “Setiap sesuatu mempunyai zakat dan zakat badan adalah lapar“ (HR. Ibnu Majah).

Rasulullah bersabda, “Tidak ada tempat paling buruk yang diisi manusia selain perutnya, cukuplah seorang anak Adam makan beberapa suap makanan saja yang dapat mengokohkan tulang punggungnya.

Jika memang ia harus mengisi perutnya maka hendaknya ia memberikan sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk minumannya dan sepertiga lagi untuk nafasnya“ (HR. Tirmidzi).

8. Tidur cukup di malam hari

Rasa kantuk di siang hari bisa saja terjadi karena kurangnya jam tidur di malam hari. Maka dari itu, gunakan waktu sebaik mungkin untuk mendapatkan tidur yang berkualitas di malam hari.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.

وَمِنْ ءَايَاتِهِ مَنَامُكُم بِالَّليْلِ وَالنَّهَارِ وَابْتِغَآؤُكُم مِّن فَضْلِهِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لأَيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَسْمَعُونَ

Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya adalah tidurmu diwaktu malam dan siang hari serta usahamu mencari sebagian dari karuniaNya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan”. [Ar Rum: 23]

Baca juga:


9. Olahraga ringan

Cara jitu lainnya yang bisa menghilangkan kantuk adalah olahraga ringan. Dengan melakukan olahraga ringan seperti bersepeda atau yoga, maka rasa kantuk pun akan hilang dan tubuh pun jadi lebih sehat. Islam sendiri mengajarkan untuk berolahraga.

Dari Abu Hurairah r.a. berkata: “Rasulullah s.a.w. bersabda: “Orang mu’min yang kuat adalah lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada orang mu’min yang lemah. Namun keduanya itupun sama memperoleh kebaikan.

Berlombalah untuk memperoleh apa saja yang memberikan kemanfaatan padamu dan mohonlah pertolongan kepada Allah dan janganlah merasa lemah. Jikalau engkau terkena oleh sesuatu musibah, maka janganlah engkau berkata:

“Andaikata saya mengerjakan begini, tentu akan menjadi begini dan begitu.” Tetapi berkatalah: “Ini adalah takdir Allah dan apa saja yang dikehendaki olehNya tentu Dia melaksanakannya,” sebab sesungguhnya ucapan “andaikata” itu membuka pintu godaan syaitan.” (Riwayat Muslim)

10. Mandi

Jika masih terasa sangat mengantuk, sebaiknya pergilah untuk mandi sehingga badan pun menjadi lebih segar. Bahkan sebaiknya gunakan air dingin agar badan lebih segar dan bersemangat menjalani puasa.

Itulah 10 tips agar tidak mengantuk saat berpuasa. Demikianlah artikel yang singkat ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan menambah keimanan kita kepada Allah SWT. Aamiin.

, , , ,




Post Date: Thursday 22nd, November 2018 / 03:05 Oleh :
Kategori : Info Islami