21 Ayat Alquran Tentang Cinta Kepada Lawan Jenis

Cinta kepada lawan jenis adalah perasaan yang pasti dimiliki oleh setiap manusia. Namun jatuh cinta dalam islam tidaklah boleh diumbar dengan jalan yang salah. Misalnya saja pacaran. Ini tidak pernah diajarkan dalam syariat islam. Cinta sejati dalam islam hanya ada setelah menikah. Sedangkan cinta yang muncul sebelum menikah itu adalah syahwat dan bisikan dari syaitan untuk menyesatkan manusia.

ads

Selain ayat Al-quran tentang cinta kepada lawan jenis, terdapat pula Ayat Al-Quran Tentang Tanggung JawabAyat Alquran Untuk Melupakan Seseorang, dan Ayat Al-Quran Tentang Cinta yang dapat memberikan pengetahuan tambahan tentang ayat Al-quran.

Nah, agar lebih memahami tentang cinta menurut islam yang sesungguhnya, ada baiknya bila kita mengetahui ayat-ayat Al-Quran yang membahas perihal cinta kepada lawan jenis. Diantaranya sebagai berikut:

  1. Adz-Dzaariyat ayat 49

“Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah.” (Q.S. Adz-Dzaariyat: 49)

  1. An-Naba’ ayat 8

“Dan Kami jadikan kamu berpasang-pasangan.” (Q.S. An-Naba’: 8)

  1. An-Najm ayat 45

“Dan bahwasanya Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan pria dan wanita.” (Q.S. An-Najm : 45) 

  1. Ali Imran ayat 14

“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik.” (QS Ali Imran: 14) 

  1. Ar-Rum ayat 21

“Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.” (QS. Ar-Rum: 21)

  1. An-Nur ayat 32

“Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, maka Allah Swt akan mengkayakan mereka. Dan Allah Maha Luas (pemberianNya) dan Maha Mengetahui.” (QS An Nur : 32)

  1. An-Nisa ayat 1

“Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu Yang menciptakan kamu dari satu jiwa dan darinya Dia menciptakan jodohnya, dan mengembang-biakan dari keduanya banyak laki-laki dan perempuan; dan bertakwalah kepada Allah swt. yang dengan nama-Nya kamu saling bertanya, terutama mengenai hubungan tali kekerabatan. Sesungguhnya Allah swt. adalah pengawas atas kamu.” (QS An Nisa : 1)

  1. An-Nur ayat 26

“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezki yang mulia (surga)”. (Q.S. An-Nuur : 26)

Sponsors Link

  1. Al-Hujurat ayat 13

“Wahai manusia, sesungguhnya kami menciptakan kamu sekalian dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, dan menjadikan kamu sekalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu sekalian saling mengenal. Sesungguhnya orang-orang yang paling mulia di antara kamu sekalian di sisi Allah ialah orang-orang yang paling takwa di antara kamu sekalian. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal”. (QS Al-Hujurat:13).

  1. Maryam ayat 96

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, kelak Allah Yang Maha Pemurah akan menanamkan dalam (hati) mereka rasa kasih sayang .” (QS. Maryam: 96)

  1. Al-Waqiah ayat 36-37

“Dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan. penuh cinta lagi sebaya umurnya”. (QS.Al-Waqiah: 36-37)

Ayat Tentang Cinta Lainnya

Selain menjelaskan cinta kepada lawan jenis, dalam Al-Quran juga dijelaskan tentang cinta kepada Allah Ta’ala, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam dan mencintai lingkungan.

  1. Al-An’am ayat 12: Cinta Allah Ta’ala

“Katakanlah kepunyaan siapakah apa yang ada di langit dan di bumi.” Katakanlah: “Kepunyaan Allah.” Dia telah menetapkan atas Diri-Nya kasih sayang. Dia sungguh akan menghimpun kamu pada hari kiamat yang tidak ada keraguan padanya. Orang-orang yang meragukan dirinya mereka itu tidak beriman.” (Q.S. Al-An’aam : 12)

  1. Ali Imran ayat 31: Cinta kepada Allah Ta’ala

Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.S. Ali-Imran : 31)

  1. Al-Baqarah ayat 165 : Cinta kepada Allah Ta’ala

“Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah. Dan jika seandainya orang-orang yang berbuat zalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya, dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal).” (Q.S. Al-Baqarah : 165)

ads
  1. Al-Baqarah ayat 186: Cinta Allah kepada HambaNya

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (Q.S. Al-Baqarah : 186)

  1. Al-An’aam: Cinta Allah kepada HambaNya

“Apabila orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami itu datang kepadamu, maka katakanlah: “Salaamun alaikum. Tuhanmu telah menetapkan atas diri-Nya kasih sayang, (yaitu) bahwasanya barang siapa yang berbuat kejahatan di antara kamu lantaran kejahilan, kemudian ia bertaubat setelah mengerjakannya dan mengadakan perbaikan, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q.S. Al-An’aam : 54)

  1. At-Taubah ayat 120: Cinta kepada Rasul

“Tidaklah sepatutnya bagi penduduk Madinah dan orang-orang Arab Badwi yang berdiam di sekitar mereka, tidak turut menyertai Rasulullah (berperang) dan tidak patut (pula) bagi mereka lebih mencintai diri mereka daripada mencintai diri Rasul. Yang demikian itu ialah karena mereka tidak ditimpa kehausan, kepayahan dan kelaparan pada jalan Allah, dan tidak (pula) menginjak suatu tempat yang membangkitkan amarah orang-orang kafir, dan tidak menimpakan sesuatu bencana kepada musuh, melainkan dituliskanlah bagi mereka dengan yang demikian itu suatu amal saleh. Sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat baik.” (Q.S. At-Taubah : 120)

  1. Al-Ahzaab ayat 6: Cinta kepada Rasul

“Nabi itu (hendaknya) lebih utama bagi orang-orang mukmin dari diri mereka sendiri dan isteri-isterinya adalah ibu-ibu mereka. Dan orang-orang yang mempunyai hubungan darah satu sama lain lebih berhak (waris-mewarisi) di dalam Kitab Allah daripada orang-orang mukmim dan orang-orang Muhajirin, kecuali kalau kamu berbuat baik kepada saudara-saudaramu (seagama). Adalah yang demikian itu telah tertulis di dalam Kitab (Allah)”. (Q.S. Al-Ahzaab : 6)

  1. Al-Hujuraat ayat 7 : Cinta Iman

“Dan ketahuilah olehmu bahwa di kalanganmu ada Rasulullah. Kalau ia menuruti kemauanmu dalam beberapa urusan benar-benarlah kamu mendapat kesusahan, tetapi Allah menjadikan kamu cinta kepada keimanan dan menjadikan keimanan itu indah di dalam hatimu serta menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan, dan kedurhakaan. Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus.” (Q.S. Al-Hujuraat : 7)

  1. Al-Mujaadilah ayat 22: Cinta Iman

“Kamu tak akan mendapati kaum yang beriman pada Allah dan hari akhirat, saling berkasih-sayang dengan orang-orang yang menentang Allah dan Rasul-Nya, sekalipun orang-orang itu bapak-bapak, atau anak-anak atau saudara-saudara ataupun keluarga mereka. Mereka itulah orang-orang yang telah menanamkan keimanan dalam hati mereka dan menguatkan mereka dengan pertolongan yang datang daripada-Nya. Dan dimasukan-Nya mereka ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Allah ridha terhadap mereka, dan merekapun merasa puas terhadap (limpahan rahmat)-Nya. Mereka itulah golongan Allah. Ketahuilah, bahwa sesungguhnya hizbullah itu adalah golongan yang beruntung.” (Q.S. Al-Mujaadilah : 22) 

  1. Al-A’raaf ayat 56: Cinta Lingkungan

“Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.” (Al-A’raaf: 56)

Demikianlah ayat-ayat Al-quran tentang cinta. Sebenarnya penjabaran tentang cinta dalam Al-Quran cukup luas. Namun di artikel ini, hanya demikian yang bisa kami sampaikan. Untuk lebih memahami hakikat cinta dan cara menjaga hati sebelum menikah maka baiknya kita bisa  lebih rutin membaca Al-Quran.

Sejatinya, cinta haruslah dijemput dengan cara yang baik. Larangan berpacaran dalam islam sudah sangat jelas. Maka dari itu hendaknya kita menerapkan cara menghindari pacaran.Sedangkan untuk Cara Mendapatkan Jodoh menurut Islam adalah dengan memperbanyak doa untuk mendapatkan jodoh dalam islam serta berikhtiar dengan meminta bantuan perantara (bisa keluarga atau sahabat yang baik). Dengan begitu pernikahan bisa lebih berkah. Amin yan Rabbal Alamin.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,




Post Date: Monday 23rd, October 2017 / 08:06 Oleh :
Kategori : Al-quran