Ciri Ciri Beriman Kepada Allah dengan Sungguh-sungguh

Allah merupakan Sang Pencipta alam semesta yang wajib kita sembah. Hanya Allah yang harus diibadahi, tidak ada sekutu bagi-Nya. Beriman kepada Allah adalah rukun iman yang pertama dan wajib hukumnya untuk kita laksanakan.

Sikap dan perilaku orang beriman tentu berbeda dengan sikap dan perilaku orang yang tidak beriman. Iman kepada Allah tidak hanya dibuktikan secara lisan dan hati saja, tetapi juga harus dicerminkan melalui perbuatan di kehidupan sehari-hari.

Berikut ini ciri ciri orang beriman kepada Allah yang wajib kita aplikasikan dalam kehidupan.

Adanya Rasa Takut Kepada Allah

Orang yang beriman pasti memiliki rasa takut di dalam hatinya ketika mendengar nama Allah. Rasa takut terhadap Allah tersebut muncul sebagai bentuk rasa cinta dan pengagungan terhadap-Nya.

Allah Ta’ala berfirman

إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ ٱلَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ ٱللَّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ

Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka” (QS. Al-Anfal : 2)

Manfaat beriman kepada Allah swt dari timbulnya rasa takut tersebut ialah terhindar dari perbuatan maksiat yang menyebabkan dosa. Sebagai contoh, seseorang yang hendak melakukan kemaksiatan, kemudian mendengar nama Allah disebutkan oleh seseorang dengan berkata, “ingatlah Allah bahwa yang akan engkau lakukan ini merupakan hal yang dilarang-Nya.”. Kemudian timbul rasa takut dan dia pun mengurungkan niat buruknya untuk bermaksiat.

Terenyuh Saat Mendengar Bacaan Al Qur’an

Al Qur’an adalah firman Allah subhanahu wa ta’ala yang diturunkan melalui Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam. Kalimat-kalimat yang dirangkai dalam Al Qur’an merupakan kalimat indah yang tidak ada duanya di dunia ini. Kisah terdahulu dan pesan dari Allah di dalamnya adalah petunjuk terbaik yang Allah turunkan untuk umat-Nya.

Ciri orang yang beriman kepada Allah ialah ia akan merasa terenyuh saat mendengar bacaan Al Qur’an di dekatnya. Terenyuh di sini ialah tersentuh, timbul kesadaran dan bertambahlah keimanannya terhadap Allah. Sebagaimana firman Allah di bawah ini.

وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ ءَايَٰتُهُۥ زَادَتْهُمْ إِيمَٰنًا

dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya)” (QS. Al-Anfal : 2)

Oleh sebab itu, mereka yang senantiasa menjaga hubungannya dengan Al Qur’an dan mengetahui cara menjaga hafalan Al Quran, insya Allah dijauhkan dari niat bermaksiat maupun para pelaku maksiat.

Bertakwa Hanya Kepada Allah

Takwa adalah kepercayaan penuh kepada Allah, membenarkan-Nya dan takut hanya kepada-Nya. Hukum bertakwa kepada Allah swt ialah wajib. Orang yang beriman tentu bertakwa hanya kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

وَعَلَىٰ رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ

dan hanya kepada Rabbnya mereka bertawakkal” (QS. Al-Anfal : 2)

Senantiasa Menjaga Shalat

Shalat merupakan ibadah istimewa yang diwajibkan kepada setiap umat muslim di seluruh penjuru dunia. Orang yang beriman kepada Allah pasti akan senantiasa menjaga shalat dan tidak meninggalkannya meski bagaimanapun keadaannya.

Allah Ta’ala berfirman,

اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا

Sungguh, shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” (QS. An-Nisa : 103)

Lebih baik lagi jika setelah sholat mengamalkan bacaan doa dan dzikir setelah sholat sebagai bentuk rasa syukur dan keimanan kepada Allah.

Itulah beberapa ciri ciri orang yang beriman kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Semoga mampu memberikan manfaat yang baik kepada para pembaca sekalian. Aamiin.