10 Keutamaan Menunggu Waktu Sholat

Sholat merupakan salah satu rukum islam yang menempati urutan nomor dua setelah syahadat. Kewajiban ini berlaku kepada semua muslim yang telah memasuki masa baligh sebagai bentuk dan manfaat beriman kepada allah .

ads

Tentunya hukum jika tidak melaksanakan sholat sudah pasti akan berdosa besar. Sebagaimana banyak ulama yang mengatakan bahwa shalat merupakan tiang agama. Sholat merupakan benteng yang dapat membentengi manusia dari segala bentuk perbuatan mungkar dan maksiat. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ

Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar.” (QS. Al ‘Ankabut: 45).

Seorang muslim yang taat beribadahnya rutin menjalankan salah 5 waktunya pasti dalam hidupnya senantiasa dilimpahi rahmat dan kebahagiaan. Sebab shalat merupakan cara untuk memperoleh ketenangan dan kenyamanan dalam hidup serta sudah pasti dapat menjadi penerang jalan ketika kita telah meninggalkan kehidupan dunia. Sebagaimana dalam hadist berikut :

Shalat adalah cahaya.” (HR. Muslim no. 223)

Oleh karena itu, mendirikan sholat merupakan hal yang wajib dilakukan oleh seluruh umat muslim di dunia. Baca juga tentang Hukum Menguap Ketika ShalatKeutamaan Shalat Subuh di Masjid, dan Hukum Meninggalkan Shalat Dengan Sengaja

Namun, bukan hanya melaksanakannya saja yang dapat memberikan pahala dalam hidup. Islam sebagai agama yang sempurna tentu memberikan poin dan pahala khusus dalam amalan-amalan yang bersifat kebaikan. Seperti amalan ketika seorang muslim menunggu waktu shalat.

Keutamaan Menunggu Waktu Sholat

وَاعْلَمُوا أَنَّ خَيْرَ أَعْمَالِكُمُ الصَّلاَةُ

Ketahuilah, sebaik-baik amalan bagi kalian adalah shalat.” (HR. Ibnu Majah no. 277, Ad Darimi no. 655 dan Ahmad (5/282)).

Selain amalan shalat, keutamaan mengunggu waktu shalat juga memiliki amalan yang dapat mendatangkan pahala sebagaimana keutamaan sholat berjamaah bersama istri , dan keutamaan sholat berjamaah , serta  pahala sedekah di hari jum’at . Lalu apa sajakah keutamaan menunggu waktu shalat, berikut 13 keutamaan menunggu waktu shalat. Simak selengkapnya.

1. Mendapat Doa Dari Malaikat 

Keutamaan menunggu waktu salat yang pertama  ialah bahwa seorang muslim akan didoakan oleh malaikat. Sebagaimana Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَحَدُكُمْ مَا قَعَدَ يَنْتَظِرُ الصَّلاَةَ فِيْ صَلاَةٍ مَا لَمْ يُحْدِثْ تَدْعُوْ لَهُ الْمَلاَئِكَةُ :اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ اَللَّهُمَّ ارْحَمْهُ.”

Tidaklah seseorang di antara kalian duduk menunggu shalat, selama ia berada dalam keadaan suci, melainkan para Malaikat akan mendo’akannya: ‘Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah, sayangilah ia.’

Tentunya hal ini hanya akan didapatkan oleh mereka yang senatiasa menggunakan waktunya untuk menunggu waktu shalat tiba. 


2. Dihitung Sebagai Shalat Hingga Tibanya Waktu Shalat

Dalam sebuah hadist yang berbunyi :

فَإِذَا دَخَلَ الْمَسْجِدَ كَانَ فِي الصَّلاَةِ مَا كَانَتِ الصَّلاةُ هِيَ تَحْبِسُهُ

“..jika ia telah masuk masjid, maka ia dihitung dalam shalat selama ia tertahan/menunggu shalat..” (HR. Al-Bukhari no. 131 dan Muslim no. 649)

Tidak tertarikkah kita..?

Apakah kita merasa shalat-shalat kita sudah lebih dari cukup, sehingga kita tidak membutuhkan janji Allah ini.Apakah kita merasa shalat kita sudah lebih dari cukup, sehingga kita tidak membutuhkan tambahan pahala sholat. Padahal Rasululloh perintahkan kita menutupi kekurangan sholat wajib kita dengan hitungan sholat-sholat sunnah kita.

3. Mendapati waktu yg mustajabah setelah adzan, hingga tibanya waktu shalat

Keutamaan mengunggu waktu shalat yang selanjutnya ialah mendapat waktu yang mustajab. Waktu mustajab ini merupaka  waktu dimana semua doa yang akan kita panjatkan akan langsung didengar oleh Allah SWT. Sehingga tentunya akan dapat lebih mudah dikabulkan. Hal tersebut sesuai bunyi pada hadist berikut :

“Sesungguhnya do’a yang tidak tertolak adalah do’a antara adzan dan iqomah, maka berdo’alah (kala itu).” (HR. Ahmad 3/155, Tirmidzi 212)

4. Mampu Menghapus Dosa

Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW  berkata,

Maka begitulah perumpamaan shalat lima waktu, dengannya Allah menghapuskan dosa.” (HR. Bukhari no. 528 dan Muslim no. 667).

Ini tentunya menjadi salah satu keutamaan menunggu waktu shalat. Dimana ketika menunggu dan kemudian menjalankan shalat maka Allah SWT berjanji untuk dapat menghapuskan dosa-dosa umatnya tersebut juga sebagai cara agar hati tenang dalam islam .

5. Diangkat Derajatnya

Keutamaan menunggu waktu salt yang lain ialah akan diangkat derajatnya. Dalam hal ini tentunya pahala dan derajat mereka yang setia menunggu waktu salt akan disamakan dengan derajat orang-orang yang melaksanakan shalat dengan tepat waktu. Simak juga cara menghilangkan stres dalam islam .

6. Mendapatkan Pahala

Fulan meriwayatkan kepadaku, sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لاَ يَزَالُ أَحَدُكُمْ فِيْ صَلاَةٍ مَا دَامَ فِيْ مُصَلاَّهُ يَنْتَظِرُ الصَّلاَةَ.

Senantiasa salah seorang di antara kalian mendapatkan pahala shalat selama ia berada di masjid tempat ia shalat untuk menunggu shalat.

7. Akan Dikabulkan Do’anya

Berdo’alah ketika kita sedang dalam posisi menunggu waktu shalat sebab Rasululah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ الدُّعَاءَ لاَ يُرَدُّ بَيْنَ اْلأَذَانِ وَاْلإِقَامَةِ، فَادْعُوْا.

Sesungguhnya do’a (yang dipanjatkan) di antara adzan dan iqamat tidak akan pernah ditolak, karena itu berdo’alah.’

8. Menjaga Kebersihan Diri dan Hati

Dengan menunggu waktu shalat tiba maka kita akan senantiasa semakin membersihkan hati. Serta memiliki persiapan yang benar-benar matang untuk berjumpa dengan sang pencipta. Sebab menjaga kebersihan diri dan hati dapat di lakukan salah satunya dengan menjalankan ibadah Shalat tepat waktu.

9. Membentengi Diri Dari Maksiat

Ketika menunggu waktu shalat tiba tentunya pusat pikiran hanyalah kepada sang pencipta. Karenanya maka akan sangat kecil bagi kita untuk dapat melakukan perbuatan maksiat. Sehingga secara tidak langsung kita akan terhidar dari perbuatan dosa. Baca juga tentang Larangan Tidur Setelah Waktu Ashar

10. Mengundang Kebaikan yang Lain

Menunggu waktu shalat akan dapat mengundang kebaikan yang lain. Sambil menunggu waktu salat anda bisa melakukan amalan lain seperti membaca Al-quran, berdizkir, ikhtikaf, dan juga kebaikan lainnya. Sebab satu kebaikan biasanya akan mendatangkan kebaikan lainnya.

11. Sebagai Bukti Kecintaan Hamba Kepada Allah SWT

Salah satu  bentuk keutamaan menunggu waktu shalat ialah dimana menjadi bukti kecintaan kita terhadap Allah SWT. Ketika seorang sedang dimabuk cinta maka ia akan selalu menantikan perjumpaan. Sehingga takkala tiba waktu berjumpa maka ia tidak akan hadir terlambat dan senantiasa selalu tepat waktu.

Begitupun juga dengan seorang hamba yang sangat mencintai penciptanya. Maka ia tidak akan pernah terlambat untuk dapat menunggu waktu perjumpaan.

Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam telah bersabda,

إِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا صَلَّى يُنَاجِي رَبَّهُ…

Sesugguhnya apabila seorang hamba mengerjakan shalat, maka ia sedang bermunajat kepada Rabb-nya…”

12. Pahala dan Keutamaannya Bagaikan Orang yang Berjaga-jaga Di Wilayah Perbatasan Negeri Muslim Dengan Negeri Kafir

Rasulullah SAW dalam sabdanya yang berbunyi :

Maukah kalian aku tunjukkan tentang sesuatu yang dengannya Allah menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajat-derajat?” Para sahabat menjawab, ‘Tentu, wahai Rasulullah.’ Beliau bersabda: ‘Menyempurnakan wudhu dalam keadaan yang tidak disukai, memperbanyak langkah menuju masjid, dan menunggu sholat (yang berikutnya) setelah melakukan sholat, itu adalah ribath (yakni pahalanya seperti berjaga-jaga di wilayah perbatasan negeri muslim dan kafir, pent).” (HR. Muslim nomor.251).

13. Mendatangkan Rahmat

hadits dari Burairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

بَشِّرِ الْمَشَّائِينَ فِى الظُّلَمِ إِلَى الْمَسَاجِدِ بِالنُّورِ التَّامِّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Berilah kabar gembira bagi orang yang berjalan ke masjid dalam keadaan gelap bahwasanya kelak ia akan mendapatkan cahaya sempurna pada hari kiamat.” (HR. Abu Daud no. 561 dan Tirmidzi no. 223. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Itulah 10 keutamaan menunggu waktu sholat. Semoga semakin memacu kita untuk terus beribadah dan meningkatkan kadar keimanan kepada Allah SWT. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

, , , ,




Post Date: Thursday 29th, March 2018 / 04:35 Oleh :
Kategori : Shalat