6 Keistimewaan Amalan Istighfar dalam Kehidupan Sehari – Hari

Sebagai manusia tentunya kita sering melakukan kesalahan. Manusia yang bertaqwa tentu akan selalu meminta ampunan pada Allah dan memohon agar segala dosanya terhapuskan. Untuk menjawab hal tersebut Allah memberi perintah kepada manusia untuk selalu memohon ampunan dan bertaubat. Salah satunya dengan mengucapkan dzikir istighfar yaitu :”Astagfirullahhaladziim”

ads

Obat Hati Dalam Islam salah satunya adalah dengan cara berdzikir. Fungsi istighfar sebagaimana dalam berdzikir yaitu amalan Dzikir Pembuka RezekiKeutamaan Berdzikir membuka pikiran dan jiwa, salah satu Cara Menenangkan Hati Dalam Islam, dan membuat Jiwa Tenang Dalam Islam.

Akan tetapi, sering kali manusia lupa bahwa setiap kesalahan akan selalu ada catatan amal nya oleh malaikat. Bagaimanapun kita membutuhkan ampunan dan bimbingan Allah agar dalam setiap kesalahan dapat Allah ampuni tentu dengan taubat kita yang mengiringinya.

Berikut adalah penjelasan, pengertian dan juga keistimewaan amalan istighfar.

Pengertian Istighfar

Istighfar berarti memohon ampunan. Istighfar termasuk dalam bacaan yang sering disebutkan dalam berdzikir mengingat Allah SWT. Di dalam Al-quran disebutkan mengenai istighfar dalam ayat berikut,

“Dan tidak ada sesuatupun yang menghalangi manusia dari beriman,ketika petunjuk telah datang kepada mereka, dan dari memohon ampun kepada Tuhannya, kecuali (keinginan menanti) datangnya hukum (Allahyang telah berlalu pada) umat-umat yang dahulu atau datangnya azabatas mereka dengan nyata” (QS Al Kahfi : 55) 

Allah sebagai Zat Yang Maha Pengampun memberikan perintah kepada manusia untuk senantiasa meminta ampun. Selayaknya Allah Yang Maha Pengampun ia pun akan memberikan ampunan pada hmba-Nya yang memohon ampunan. Sedangkan jika manusia tidak pernah sekalipun memohon ampunan kepada Allah maka ia termasuk orang yang sombong dan ingkar kepada Alla.

Sering kali ucapan istighfar disebutkan kala manusia melakukan dosa. Akan tetapi dibalik itu semua, istighfar tentu tidak hanya sebagai ucapan ketika melakukan dosa. Mengingat bahwa manusia sadar ataupun tidak sadar sering kali berbuat dosa. Untuk itu, amalan istighfar tidak hanya dilakukan saat sudah melakukan dosa.

Untuk itu, istighfar bukan hanya sekedar kalimat, melainkan sikap dan amalan kesungguhan untuk meminta ampun kepada Allah SWT dari hati yang terdalam.

Sponsors Link

Keutamaan Istighfar Dalam Keseharian

Mengucapkan istighfar dengan penghayatan dan kesungguhan tentu memiliki keutamaan. Amalan istighfar adalah salah satu amalan yang sangat diperintahkan oleh Allah SWT agar umat islam memahami sifat Allah Yang Maha Pengampun. Berikut adalah keutamaan dari mengucapkan dan mengamalkan kalimat istighfar dalam keseharian.

  1. Mengingat Allah

Dengan istighfar akhirnya kita senantiasa mengingat Allah yaitu dari rukun iman, rukun islam, Iman dalam Islam, Hubungan Akhlak Dengan Iman Islam dan Ihsan, dan Hubungan Akhlak dengan Iman.

Manusia sering kali lalai dan hilaf akan Allah yang mengatur dan menguasai segala-galanya. Dengan berzikir kita lebih akan memahami dan menghyaati bahwa Allah Maha Pengampun dan dengan ampunannya kita bisa selamat di dunia dan akhirat. Tanpa Allah berikan ampunan maka manusia bisa masuk pada kesesatan dan jurang kesengsaraan khususnya kelak di akhirat.

Ampunan Allah tentu hanya akan diberikan oleh Allah kepada hambanya yang taat dan muslim. Sedangkan orang-orang yang tidak taat dan musyrik tentu tidak akan diampuni oleh Allah karena tidak menganggap Allah sebagai Tuhan dan diikuti aturannya.

Hal ini disampaikan dalam Ayat berikut,

“Tiadalah sepatutnya bagi Nabi dan orang-orang yang beriman memintakan ampun (kepada Allah) bagi orang-orang musyrik, walaupun orang-orang musyrik itu adalah kaum kerabat (nya), sesudah jelasbagi mereka, bahwasanya orang-orang musyrik itu adalah penghunineraka jahanam.

Dan permintaan ampun dari Ibrahim (kepada Allah)untuk bapaknya tidak lain hanyalah karena suatu janji yang telahdiikrarkannya kepada bapaknya itu. Maka, tatkala jelas bagi Ibrahimbahwa bapaknya itu adalah musuh Allah, maka Ibrahim berlepas diridari padanya. Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang yang sangat lembut hatinya lagi penyantun” (QS Attaubah : 113-114)

  1. Takut Berbuat dan Menambah Dosa

“Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat” (QS Hud : 3) 

Ayat di atas menunjukkan bahwa manusia diperintahkan Allah agar selalu meminta ampunan dan bertaubat. Artinya tidak hanya istighfar melainkan juga melakukan perubahan dalam diri menjadi lebih baik lagi.

Dengan beristighfar kita menjadi takut untuk berbuat dosa dan mengingat bahwa dosa-dosa manusia sangatlah banyak. Untuk itu kita membutuhkan ampunan Allah dan melakukan taubatan nasuha. Taubatan Nasuha bukanlah taubat yang terus diulangi, melainkan taubat dan menjauh dari segala hal yang berpotensi mengulangi kesalahan.

  1. Tidak Berbuat Sombong

Manusia yang senantiasa beristighfar maka ia akan jauh dari berbuat sombong. Hal ini dikarenakan ia menyadari bahwa tidak ada satupun dalam diri manusia yang bisa disombongkan apalagi jika ditandingkan dengan apa yang Allah ciptakan. Dari situ kita bisa memahami bahwa manusia makhluk lemah yang justru butuh ampunan dan maaf dari Allah SWT. Sombong dalam Islam  atau Sifat Sombong Dalam Islam adalah hal yang sangat dibenci oleh Allah SWT.

ads

  1. Hati Lebih Tenang

Dengan mengingat dan memohon ampunan kepada Allah tentu hati kita akan menjadi tenang. Hal ini karena kita yakin dan sadar bahwa Allah bisa melakukan dan memberikan apapun kepada manusia. Meyerahkan diri dan memasarahkan diri kepada Allah adalah hal yang paling baik, karena kita menyerahkan hidup kepada Yang Maha Dahsyat dan menguasai seluruh alam jagat raya.

  1. Mendapatkan Ampunan Allah SWT

“Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun” (QS Al Anfal : 33) 

Dengan beristighfar kita juga bisa mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Ampunan dari Allah SWT akan hadir hanya bagi mereka yang benar-benar tunduk hatinya dan memohon kepada Allah SWT. Tidak ada satupun yang bisa memberikan keselamatan dan ampunan selain Allah. Allah juga yang akan meyelamatkan kita di dunia dan akhirat ketika kita benar-benar menginginkan ampunan tersebut.

  1. Mudah Memaafkan

“Dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka) maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS Attaghabun : 14) 

Dengan memohon kepada Allah setelah mengetahui Amalan Istighfar, kita pun akan mudah memaafkan kepada orang lain yang berbuat salah kepada kita. Kita menjadi pribadi yang mudah untuk memaafkan atas kesalahan orang lain.

Bahkan, Kita tidak akan menjadi pribadi yang pendendam dan juga pribadi yang menyimpan konflik dengan orang lain.

Insya Allah dengan berdzikir kita akan senantiasa mendapatkan ampunan dan ridho Allah dalam menggapai kesuksesan di Dunia Menurut Islam, Sukses Menurut Islam, Sukses Dunia Akhirat Menurut Islam, dengan Cara Sukses Menurut Islam.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,




Post Date: Wednesday 12th, April 2017 / 12:47 Oleh :
Kategori : Doa dan Dzikir