Hukum Membaca Al-quran tanpa Wudhu

Membaca kitab suci al-quran merupakan suatu amalan yang sangat dianjurkan untuk umat Islam. Setiap huruf dalam ayat-ayat al-quran yang dibaca akan memberikan banyak pahala yang mengalir untuk kita. Hal ini juga sudah di jelaskan dalam hadis berikut :

ads

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

Sebelum membaca al-quran kita harus mengetahui hukum membaca al-quran tanpa wudhu yang selama ini mungkin sering kita lakukan. Kita dibolehkan membaca al-quran dalam keadaan tidak bersuci atau tidak berwudhu tanpa menyentuhnya (bersifat hafalan). Namun hukum membaca al-quran tanpa wudhu adalah haram jika kita menyentuhnya. Perintah ini juga telah dijelaskan dalam firman Allah :

Tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan.“(Al-Wa-qi’ah: 79).

Dan juga dalam hadis shahih :

Tidak boleh menyentuh al-Qur’an kecuali orang yang dalam kondisi suci.” (Muwaththa’ Imam Malik, kitab al-Qur’an, Hal. 199; Sunan ad-Darimi, kitab ath-Thalaq (2183)).

Dengan demikian sudah jelas bahwa kita harus suci dari hadas kecil dan hadas besar jika memegang mushaf. Jika memang diperlukan kita bisa menyentuhnya dengan membuat perantara antara tangan dengan mushaf agar tidak bersentuhan secara langsung. Hal ini boleh dilakukan jika keadaan tidak memungkinkan untuk kita berwudhu.

Banyak keutamaan membaca Al Quran dan manfaat baca al-quran setiap hari yang bisa di dapat selain berpahala adalah akan memberikan kita derajat yang lebih tinggi di mata Allah SWT, akan dilindungi oleh malaikat, akan mendapatkan rahmat dan syafaat, hidup menjadi lebih tentram dan damai, dan masih banyak manfaat lainnya yang bisa dirasakan jika kita rutin membaca kitab suci al-quran seperti sabda rasulullah :

Baginda Rasullulah berkata bacalah olehmu alquran karena sesungguhnya akan menjadi pemberi  syafaat pada hari kiamat nanti untuk siapa saja yang membacanya.”

Kita juga sangat dianjurkan membaca al-quran sebagai cara agar hati tenang jika sedang berada dalam kegelisahan. Fungsi al-qur’an bagi umat manusia adalah sebagai petunjuk dan pedoman bagi manusia dalam menjalani kehidupan di dunia yang akan memberikan petunjuk ke jalan yang benar dan di ridhoi Allah SWT. Berikut firman Allah dalam QS. Al- Maidah ayat 48 :

Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, Yaitu Kitab-Kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap Kitab-Kitab yang lain itu; Maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. untuk tiap-tiap umat diantara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang”.

Setelah mengetahui hukum membaca al-quran tanpa wudhu terlebih dahulu, maka haruslah bersuci sebelum membaca al-quran yang merupakan sumber pokok ajaran Islam. Dan biasakan juga membaca al-quran setelah sholat fardhu yang pastinya kita masih dalam kondisi suci dari segala hadas.

, , ,




Post Date: Wednesday 27th, June 2018 / 09:14 Oleh :
Kategori : Hukum Islam
Yuk Join & Subs Channel Saya Islam

Dedy Corbuzier Mualaf, Sebenarnya Dimana Kedudukan Syahadat dalam Islam? #SharingBareng