Begini Hukum Veneer Gigi Dalam Islam

Hampir setiap orang baik itu laki-laki maupun perempuan pasti ingin tampil menawan. Penampilan yang baik tentu akan menambah rasa percaya diri. Hal inipun mendorong banyak orang untuk melakukan berbagai perawatan yang mampu menunjang kecantikan, mulai dari ujung rambut hingga kaki.

ads

Salah satu bentuk perawatan kecantikan yang sedang popular ialah veneer gigi. Gigi memang organ tubuh yang amat penting. Bukan hanya untuk berbicara dan mengunyah makan, gigi yang indah akan membuat senyum jadi lebih menawan. Dengan veneer gigi ini, gigi menjadi putih dan terlihat rapi sehingga membuat penggunanya menjadi lebih percaya diri.

Veneer itu sendiri merupakan lapisan tipis yang dilekatkan pada permukaan gigi secara permanen. Cara pemasangannya mirip seperti pemasangan kuku palsu. Veneer ini berfungsi untuk menutupi warna gigi yang kuning, sehingga terlihat lebih putih, memperkecil celah diantara gigi dan memperbaiki gigi yang rusak akibat patah atau keropos. Dalam Islam, segala hal di dunia ini ada aturannya tersendiri. Pemakaian gigi palsu menurut Islam saja juga ada hukumnya, begitu juga dengan hukum veener gigi dalam Islam ini.

Bagaimanakah Islam memandang hukum veneer gigi ini?

Apabila veneer gigi ini dilakukan untuk tujuan pengobatan pada gigi yang rusak agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya, hal ini diperbolehkan. Namun, bila dilakukan dengan tujuan untuk mempercantik diri agar mampu menarik perhatian orang lain, hukum veener gigi dalam Islam tentulah dilarang karena dinilai sebagai perbuatan tabarruj, yang mana tabarruj dalam Islam itu juga dilarang.

Al-Qurthubi menjelaskan makna at-tabarruj secara bahasa, beliau mengatakan,

وَالتَّبَرُّجُ: التَّكَشُّفُ وَالظُّهُورُ لِلْعُيُونِ، وَمِنْهُ: بُرُوجٌ مُشَيَّدَةٌ. وَبُرُوجُ السَّمَاءِ وَالْأَسْوَارِ، أَيْ لَا حَائِلَ دُونَهَا يَسْتُرُهَا

Tabarruj dalam Islam artinya menyingkap dan menampakkan diri sehingga terlihat pandangan mata. Contohnya kata: ’buruj musyayyadah’ (benteng tinggi yang kokoh), atau kata: ’buruj sama’ (bintang langit), artinya tidak penghalang apapun di bawahnya yang menutupinya. (Tafsir al-Qurthubi, 12/309).

Dalam firman Allah, kata tabarruj dijelaskan dalam QS. Al-Ahzab: 33 berikut ini.

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَى

”Hendaklah kalian (para wanita) tetap di rumah kalian dan janganlah kalian bertabarruj dan seperti tabarruj orang-orang Jahiliyah yang dahulu…” (QS. Al-Ahzab: 33)

Memang telah menjadi fitrah bagi wanita untuk menyukai keindahan. Namun, bukan berarti segala yang indah mesti ditonjolkan. Islam begitu memuliakan kaum wanita dengan memberikan batasan-batasan tertentu apa yang boleh diperlihatkan dan apa yang harus disembunyikan. Semua batasan tersebut tidak lain hanyalah untuk kebaikan kaum wanita itu sendiri.

Rasulullah bersabda : ”Aku melaknat wanita-wanita yang mengikir (gigi) agar lebih cantik dan wanita-wanita yang merubah ciptaan Allah.” ( HR. Muttafaq Alaih)

Sebagai kaum wanita maupun laki-laki yang hendak melakukan veneer gigi, sebaiknya pertimbangkanlah terlebih dahulu!

Apakah veneer gigi itu memang benar-benar Anda butuhkan atau sekedar ingin meraih pujian manusia?

Cantik atau tampan secara fisik hanyalah perhiasan dunia yang mampu membuat pemujanya terlena dan jatuh bila disikapi dengan nafsu duniawi. Kecantikan sesungguhnya ada di dalam hati. Semakin baik takwa dan akhlak seseorang, maka semakin cantik hatinya.

Allah telah berfirman: “…dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka mengubahnya. Barangsiapa yang menjadikan syaitan sebagai pelindung selain Allah, Maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata.” (QS. An Nisaa :119)

Begitulah hukum veener gigi dalam Islam. Perkuatlah kecantikan dengan keimanan, agar terhindar dari godaan syetan yang menjerumuskan ke jalan yang sesat! Utamakanlah untuk mempercantik hati dari pada mempercantik fisik, ya! Berpedomanlah pada cara mempercantik diri menurut Islam yang diperbolehkan.

Bila Anda ingin tampil cantik secara alami, silakan telusuri beragam tips cantik luar dalam menurut Islam di website ini! Semoga bermanfaat!

, ,




Post Date: Wednesday 23rd, January 2019 / 11:37 Oleh :
Kategori : Hukum Islam
Yuk Join & Subs Channel Saya Islam

Dedy Corbuzier Mualaf, Sebenarnya Dimana Kedudukan Syahadat dalam Islam? #SharingBareng