15 Tips Cantik Luar Dalam Menurut Islam

Cantik merupakan dambaan bagi setiap wanita di dunia ini. Definisi cantik sangatlah relatif tergantung dari sudut mana anda memandangnya. Namun baik bagi pria dan wanita cantik adalah ketika seseorang memiliki bentuk fisik yang proporsional sehingga  menarik untuk dipandang. Seperti hidung yang mancung, tubuh yang ramping, mata yang bulat, alia rapih, bibir merona, rambut hitam, kaki jenjang dan kulit yang putih. Setiap orang tentu memiliki standar kecantikan yang mereka idamkan.

Islam merupakan agama yang menyukai keindahan dan kecantikan. Namun, wanita cantik menurut islam tentu berbeda dengan definisi pada poin di atas. Jika cantik dalam pandangan manusia dinilai dari fisik beda halnya dalam islam yang memandang bahwa cantik bukan hanya dari tampilan fisik sebagai cara bersyukur menurut islam tapi juga terpancar dari hati seperti dalam hadist berikut :

“Sesungguhnya Allah tidak melihat kepada bentuk rupa dan harta kalian, tapi ia melihat hati dan amal kalian” (HR.Muslim, Ahmad dan Ibnu Majah)

Tips Cantik Luar dan Dalam Menurut Islam

Siapa yang tidak ingin tampil cantik dan menarik di depan khalayak ramai. Para wanita cenderung berusaha tampil secantik mungkin agar memperoleh perhatian dan pujian terutama dari lawan jenis. Adanya anggapan bahwa wanita cantik akan cenderung lebih cepat mendapatkan jodoh. Tentunya pandangan tersebut merupakan hal yang salah kaprah, karena kecantikan fisik bukanlah hal utama seperti dalam hadist berikut:

“Wanita biasanya dinikahi karena empat hal: karena hartanya, karena kedudukannya, karena parasnya dan karena agamanya. Maka hendaklah kamu pilih wanita yang bagus agamanya (keislamannya). Kalau tidak demikian, niscaya kamu akan merugi.” (HR. Bukhari-Muslim)

Tahukan anda bahwa dalam islam seorang wanita dapat terlihat cantik dan cara mempercantik diri menurut islam tanpa harus melakukan perawatan yang mahal dan menguras isi dompet. Berikut 15 tips cantik luar dalam menurut islam. Simak selengkapnya.

1. Selalu Menyempatkan Diri Untuk Berwudhu

Berwudhu menjadi salah satu syarat wajib ketika akan melaksanakan ibadah. Wudhu menjadi cara untuk mwnghilangkan kotoran berupa hadats kecil. Bisa di katakan bahwa berwudhu sangat erat hubungannya dengan keseharian umat muslim. Ternyata keutamaan wudhu salah satunya adalah dapat semakin memancarkan kacentikan dan ketampanan seseorang. Seperti yang Dikatakan oleh Abu Hurairah ra:

Aku mendengar Rasululah Saw bersabda, “Sesungguhnya umatku dipanggil pada hari kiamat dalam keadaan ghurran muhajjilin (wajahnya bercahaya dan badannya bersinar) karena bekas berwudhu, maka barangsiapa mampu untuk memanjangkan ghurran hendaklah melakukannya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

2. Menebar Senyum

Senyum tidak hanya menjadi simbol keramahan seseorang. Menebar senyum juga dapat membuat anda terlihat cantik. Seseorang yang murah senyum cenderung lebih bisa bersahabat dan mudah di ajak bersosialisasi. Selain itu juga, sedekah yang paling sederhana yang bisa anda lakukan adalah dengan menebar senyum, seperti pada hadist berikut :

“Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Hibban).

3. Menghilangkan Sombong, Iri Dengki dan Sifat Pemarah 

Sombong, iri, dengki dan pemarah merupakan salah satu sifat yang melekat pada manusia. Meskipun begitu juka sifat tersebut dominan anda kedepankan maka kecantikan yang akan anda miliki kian lama akan kian sirna. Hati yang baik akn memancarkan kecantikan yang baik pada diri seseorang. Sedangakan sombong, iri, dengki dan pemaran merupakan dosa wanita yang paling di benci allah .

“Sesungguhnya di dalam jasad ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad tersebut. Jika ia buruk, maka buruk pula seluruh jasad itu. Ingatlah, bahwa ia adalah hati.” (HR. Bukhari).

4. Mendirikan Sholat

Seperti yang telah di jelaskan pada point sebelumnya bahwa perbuatan jahat akan bisa membuat kecantikan wajah semakin memudar. Karena itu, untuk mencegah diri dapat berbuat munkar maka dirikanlah sholat, Firman Allah SWT yang berbunyi :

Kerjakanlah sholat sesungguhnya sholat itu bisa mencegah perbuatan keji dan munkar.” (QS. Al-Ankabut ayat 45)

5. Menyayangi Anak Yatim

Cantik bukan hanya soal fisik namun, kecantikan hati seseorang juga akan terpancar dari kebaikan yang ia lakukan. Salah satu jalan kebaikan yang bisa dilakukan adalah dengan menyayangi anak yatim. Ada banyak keutamaan dari mencintai anak yatim  seperti firman allah Allah SWT berikut :

“Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin,”(QS. al-Baqarah 2:177).

6. Melaksanakan Sholat Tahajud

Tidak hanya sholat wajib, sholat sunnah malam seperti shalat tahajud di bulam ramadhan juga dapat membuat anda cantik luar dan dalam. Hal tersebut tercantum jelas dalam hadist di bawah ini :

“Barang siapa yang banyak menunaikan shalat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang harinya.” (HR Ibnu Majah).

7. Tidak Melakukan Perbuatan Maksiat

Dari Abu Harairah :

“Seorang hamba jika telah melakukan kesalahan maka ia diberi titik hitam di dalam hatinya. Jika ia meninggalkannya dan bertaubat maka hatinya akan bersih. Jika ia kembali lagi berbuat maksiat maka akan kembali diberi titik hitam pada hatinya hingga tertutup.”

Perbuatan maksiat yang dilakuka jelas akan membuat hati kotor dan penuh noda. Secara otomatis hal tersebut akan terlihat dari cahaya wajah yang semakin memudar. Sebagai manusia kita tidak bisa terhindar dari khilaf dan dosa. Namun, sebaik baiknya manusia ialah ia yang menyadari dosa dan segera bertaubat.

8. Menutup Aurat

Dalam islam mempertontonkan kemolekan tubuh di hadapan non-muhrim adalah sebuah dosa besar. Meskipun anda cantik tidak ada pengecualian untuk melakukan hal ini. Sebagai seorang muslimah definisi cantik ialah mereka yang tampil tertutup dan menutup auratnya seperti dalam hukum memakai jilbab  . Firman Allah SWT dalam QS Al-Ahzab ayat 59 berbunyi :

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan wanita-wanita (keluarga) orang-orang mukmin, agar mereka mengulurkan atas diri mereka (ke seluruh tubuh mereka) jilbab mereka. Hal itu menjadikan mereka lebih mudah dikenal (sebagai para wanita muslimah yang terhormat dan merdeka) sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah senantiasa Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (QS. al-Ahzab ayat: 59)”

9. Berpakain yang Sepantasnya (Tidak Berlebihan )

“Sesungguhnya Allah indah dan suka keindahan. Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan manusia. (HR. Muslim)”

Cara berpakaian atau style fashion setiap orang tentu berbeda-beda. Namun, islam telah mengatur bahwa berpakaian secara berlebihan merupakan upaya untuk menyombongkan diri di hadapan orang lain. Jika anggapan dengan berdandan lebay anda akan terlihat cantik. Salah kaprah, dengan tampil apa adanya dan sesuai porsi itulah yang disebut dengan cantik.

10. Perbanyak Puasa Sunnah

Puasa sunna akan semakin memperkokoh keimanan seseorang. Sehingga ia dapt mengendalikan seluruh tindakannya. Sebagaimana sabda Rasulullah, dalam hadist qudsi berikut ini,

“Hamba-Ku senantiasa mendekatkan diri pada-Ku dengan amalan-amalan sunnah sehingga Aku mencintainya. Jika Aku telah mencintainya, maka Aku akan memberi petunjuk pada pendengaran yang ia gunakan untuk mendengar, memberi petunjuk pada penglihatannya yang ia gunakan untuk melihat, memberi petunjuk pada tangannya yang ia gunakan untuk memegang, memberi petunjuk pada kakinya yang ia gunakan untuk berjalan. Jika ia memohon sesuatu kepada-Ku, pasti Aku mengabulkannya dan jika ia memohon perlindungan, pasti Aku akan melindunginya” (HR. Bukhari no. 2506).

11. Rajin Merawat Diri Tanpa Merubah Bentuk Tubuh

QS An-nisa ayat 119 menjelaskan  yang artinya:

“Dan pasti akan kusesatkan mereka, dan akan kubangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan akan kusuruh mereka memotong telinga-telinga binatang ternak, lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan kusuruh mereka mengubah ciptaan Allah (lalu mereka benar-benar mengubahnya). Barang siapa menjadikan setan sebagai pelindung selain Allah, maka sungguh dia menderita kerugian yang nyata.”

Cantik bisa diperoleh dengan cara merawat diri, bahkan islam menganjurkannya sebagai benruk rasa syukur terhadap apa yang diciptakanNya. Namun, dalam islam kita dilarang keras untuk melakukan hal yang dianggap merubah ciptaan dariNya. Banyak sudah para wanita yang melakukan operasi plastik demi di cap cantik.

12. Pola Hidup Sehat

Kecantikan berkoherelasi dengan cara menjaga kesehatan hati . Seseorang yang sehat secara fisik pasti akan terlihat cantik dan segar. Rosulullah sendiri menganjurkan umatnya untuk menjaga pola hidup sehat. Seperti dalam hadist Dari Abu Hurairah dia berkata;

“Rasulullah saw bersabda: ‘Orang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah swt daripada orang mukmin yang lemah. (HR Muslim).

13. Rajin Membaca Al-Quran

Dari shahabat Abu Musa Al-Asy’ari radhiallahu ‘anhu berkata, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

“Perumpaan seorang mu`min yang rajin membaca Al-Qur`an adalah seperti buah Al-Atrujah : aromanya wangi dan rasanya enak. Perumpamaan seorang mu`min yang tidak membaca Al-Qur`an adalah seperti buah tamr (kurma) : tidak ada aromanya namun rasanya manis. Perumpamaan seorang munafiq namun ia rajin membaca Al-Qur`an adalah seperti buah Raihanah : aromanya wangi namun rasanya pahit. Sedangkan perumpaan seorang munafiq yang tidak rajin membaca Al-Qur`an adalah seperti buah Hanzhalah : tidak memiliki aroma dan rasanya pun pahit.” [Al-Bukhari 5427, Muslim 797]

14. Memperbanyak Amal Kebaikan

Berkebalikan dengan maksiat yang dapat menghilangkam cahaya di wajah. Amal kebaikan yang diperbuat akan bisa membuat anda cantik luar dan dalam. Ibnu Abbas menyatakan:

Sesungguhnya amal kebaikan itu akan memancarkan cahaya di dalam hati, membersitkan sinar pada wajah, kekuatan pada tubuh, kelimpahan dalam rezeki, dan menumbuhkan rasa cinta di hati manusia kepadanya. Sesungguhnya, amal kejahatan itu akan menggelapkan hati, menyuramkan wajah, melemahkan badan, mengurangi rezeki, dan menimbulkan rasa benci di hati manusia kepadanya.” (Tafsir Ibnu Katsir).

15. Utamakan Kecantikan Hati Ketimbang Kecantikan Fisik

Banyak yang mengejar kecantikan fiaik semata. Namun, apakah kecantikan itu akan anda bawa ke akhirat. Seiring dengan bertambahnya umur, maka kecantikan juga akan memudar. Namun, kecantikan hakiki yang akan abadi ialah kecantikan yang terpancar dari hati. Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, yang artinya,

“Sesungguhnya Allah tidak melihat fisik kalian dan rupa kalian, tetapi Allah melihat hati kalian.” (H.R. Muslim).

Itulah tadi 15 tips cantik luar dan dalam menurut islam. Semoga dapat menambah pengetahuan anda tentang definisi cantik itu sendiri. Islam merupakan agama yang menyukai keindahan dan kecantikan. Namun, keimanan seseorang tidak pernah dilihat dari kecantikan fisiknya semata. Jadilah pribadi yang tidak hanya cantik fisik tapi juga cantik hatinya. Karena surga Allah SWT bukan diisi oleh orang-orang yang cantik, melainkan oleh orang-orang yang beriman dan bertaqwa. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.