10 Tips Mencerahkan Wajah Dalam Islam

Bagi manusia, penampilan fisik dianggap penting. Terutama bagi kaum perempuan, yang cenderung takut tampil jelek. Dan demi mendapatkan penampilan fisik yang cantik dan indah, pada era modern ini sudah sangat mudah. Untuk menjadi cantik, tidak perlu bingung dan kesulitan, kita hanya perlu mendatangi dokter kecantikan atau klinik kecantikan untuk mendapatkan perawatan kecantikan. Dan di zaman yang modern ini, standar kecantikan bukan lagi hanya sekedar pada paras yang cantik, namun juga memiliki kulit yang cerah dan putih. Untuk mendapatkan wajah yang cerah dan putih, banyak kaum pria maupun wanita yang pergi ke klinik kecantikan untuk melakukan suntik putih.

Padahal dalam Islam, ada cara alami yang dapat mencerahkan wajah dan cara mempercantik diri menurut Islam. Dan teruntuk kaum perempuan pada hakikatnya, wanita cantik menurut Islam bukanlah yang memiliki paras cantik, kulit putih, ataupun fisik yang sempurna. Kecantikan wanita dalam Islam tidak diukur dari fisiknya, namun dari hati dan kadar keimanannya kepada Allah SWT.

Lalu apakah ada cara untuk mencerahkan wajahh dalam Islam?

Cara Mencerahkan Wajah Menurut Islam

Dalam era yang sudah sangat modern ini, standar cantik telah mengalami pergeseran yang sangat signifikan. Standar cantik pada era ini adalah orang yang memiliki tubuh ideal, wajah cantik, dan kulit yang cerah. Dan demi mendapatkan standar cantik tersebut tak jarang orang yang melakukan peubahan pada diri mereka melalui operasi plastik. Padahal hukum operasi plastik dalam Islam apabila bertujuan untuk kecantikan adalah dilarang haram. Karena hal tersebut sama saja dengan merubah ciptaan Allah SWT. dan tidak mensyukuri pemberian Allah.

Firman Allah dalam (QS. An-Nisa ayat 119) : “Dan pasti akan kusesatkan mereka dan akan kubangkitkan angan-angan kosong pada mereka, dan kususruh mereka memotong telinga-telinga binatang ternak, (lalu mereka benar-benar memotongnya), dan akan aku suruh mereka mengubah ciptaan Allah, (lalu mereka benar-benar mengubahnya). “Barang siapa menjadikan setan sebagai pelindung selain Allah, maka sungguh, dia menderita kerugian yang nyata.”

Dalam mempercantik diri menurut Isam, kita tidak diperbolehkan samapi merubah ciptaan Allah SWT. dan berikut ini adalah cara mencerahkan wajah menurut Islam :

  1. Sholat

Sholat merupakan kewajiban bagi umat Islam karena hal tersebut merupakan tiang agama bagi umat muslim. Selain untuk menjaga dan mencegah diri dari perbuatan munkar, manfaat shalat juga dapat mencerahkan wajah seseorang. Orang yang rajin beribadah shalat, terutama yang sering shalat malam (tahajjud), wajahnya akan cerah dan indah. Sebagaimana sabda Rasulullah dalam sebuah hadits :

“Barang siapa yang banyak menunaikan shalat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang harinya.” (HR. Ibnu Majah)

  1. Menghilangkan sifat iri dengki

Iri dengki dalam Islam merupakan akhlak tercela, dan dapat menghapus kebaikan seseorang. Orang yang selalu iri dengki, wajahnya juga akan senantiasa terlihat kusut dan kusam karena ia jarang merasa tenang dan damai dalam hatinya.

  1. Murah senyum

Orang yang sering tersenyum dibandingkan murung, maka ia akan terlihat cerah oleh siapa saja yang melihatnya. Dan sebaik-baiknya riasan wajah adalah senyuman.

  1. Berwudhu

Setiap umat muslim pasti tahu apa itu berwudhu, dan dalam Islam berwudhu dilakukan untuk menghilangkan najis ringan. Dan ketika berwudhu ada gerakan membasuh muka yang dapat menghilangkan kotoran yang ada pada wajah, hal tersebut dapat membersihkan dan mencerahkan wajah. Dan dalam sebuah hadist, Rasulullah bersabda :

“Aku mendengar Rasulullah shallallahu’ alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya umatku dipanggil pada hari kiamat dalam keadaan ghurran muhajjilin (wajah dan badannya bercahaya) karena bekas wudhu, maka barangsiapa mampu untuk memanjangkan ghurran, hendaklah ia melakukannya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

  1. Kurangi amarah

Amarah juga dapat menyebabkan wajah seseorang terlihat kusam dan tidak cerah. Setiap orang pasti pernah marah  dan hal tersebut memanglah wajar apabila masih dalam batasannya. Namun perlu diketahui, bahwasannya marah dapat membuat wajah terlihat cepat tua. Saat marah wajah menunjukan ekspresi tertentu yang khas, misalnya : mengerutkan dahi, mata membelalak lebar dan mulut menganga lebar.  Ekspresi-ekspresi tertentu yang khas tersebut akan meninggalkan kerutan-kerutan. Dan ketika marah, hormone stress akan meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh, sedangkan meningkatnya hormon kortisol dapat menurunkan produksi kolagen dalam kulit yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

  1. Perawatan dengan memakai minyak zaitun

Zaitun merupakan salah satu pohon yang diberkati dan banyak orang yang memanfaatkan minyak zaitun sebagai salah satu bahan perawatan kecantikan, bahkan sejak zaman Romawi Kuno. Menurut dokter kulit, pada minyak zaitun terdapat lemk, vitamin E, vitamin K dan sedikit sekali zat besi. Dan vitamin E dapat digunakan untuk memerangi radikal bebas yang dapat membuat wajah kusam dan tidak cerah.

  1. Selalu memaafkan

Dalam Islam, memaafkan adalah perbuatan yang mulia. Dan menurut penelitian, maaf dan memaafkan dapat mengurangi kadar stress seseorang, dan dapat membuat wajah terlihat lebih rilex dan cerah.

  1. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi

Seperti yang kita tahu, makanan yang masuk kedalam tubuh kita akan dicerna dan diproses menjadi energi dan asupan vitamin bagi organ tubuh kita. Apabila kita memakan makanan yang banyak mengandung gizi dan vitamin, hal tersebut dapat berpengaruh baik pada kesehatan tubuh kita, termasuk kesehatan kulit.

  1. Rajin berpuasa

Puasa memiliki banyak manfaat, dapat membersihkan pencernaan, menurunkan kolesterol, mengurangi kalori dalam tubuh. Dan penurunann kolesterol tersebut dapat berdampak baik bagi kesehatan kulit, karena lemak tempatnya berada dibawah kulit.

  1. Perawatan atau masker dengan bahan alami

Untuk mempercantik dan mempercerah wajah, umat muslim diperboehkan menggunakan masker atau perawatan kecantikan lainnya, asalkan hal tersebut masih tergolong halal menurut Islam. Dan untuk mencerahkan kulit secara alami terdapat banyak bahan alami yang dapat digunakan, misalnya : bengkoang, alpukat, papaya, dan lainnya.

Jadi, untuk mendapatkan cantik dan wajah cerah dalam Islam tidak perlu sampai merubah apa yang telah diberikan oleh Allah SWT. Dan perlu diingat bahwa wanita cantik dalam Islam bukan dilihat dari fisiknya, melainkan dari hati dan ketakwaan atau keimanannya kepada Allah. Sebagai umat Islam kita harus senantiasa bersyukur dengan segala pemberiannya, karena segala yang diberikan oleh Allah adalah yang paling sempurna. Dan pada hakikatnya, Allah telah menciptakan manusia sebagai makhluk yang paling baik dan sempurna.

Sekian, semoga bermanfaat (: