13 Tips Move On Dalam Islam – Kembali Hijrah

Di jaman sekarang ini, tentunya istilah move on bukan lagi kata yang asing bagi kita. Move on alias melupakan mantan pacar atau kekasih adalah salah satu bentuk kegalauan dalam hidup. Padahal tidak ada yang namanya pacaran dalam Islam yang ada hanyalah zina, sesuai dengan firman Allah SWT:

ads

وَلَا تَقْرَبُوا۟ ٱلزِّنَىٰٓ ۖ إِنَّهُۥ كَانَ فَٰحِشَةً وَسَآءَ سَبِيلًا

Artinya:”Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.”(Q.S. Al- Israa’:32)

Larangan berpacaran dalam Islam juga telah dikatakan oleh Rasulullah SAW: “Tidak boleh antara laki-laki dan wanita berduaan kecuali disertai oleh muhrimnya, dan seorang wanita tidak boleh bepergian kecuali ditemani oleh muhrimnya.” (H. R. Muslim). 

Rasulullah SAW pernah bersabda: “Allah telah menentukan bagi anak Adam bagiannya dari zina yang pasti dia lakukan. Zinanya mata adalah melihat (dengan syahwat), zinanya lidah adalah mengucapkan/berbicara (dengan syahwat), zinanya hati adalah mengharap dan menginginkan (pemenuhan nafsu syahwat), maka farji (kemaluan) yang membenarkan atau mendustakannya.” (HR. Al-Bukhari dan Imam Muslim)

Jadi seluruh aktivitas dalam pacaran sesungguhnya adalah berzina. Bukan hanya larangan dalam Islam, bahkan dalam penelitian terkini pun menemukan berbagai bahaya yang mungkin terjadi dalam hubungan pacaran. Sebuah eksperimen di Inggris menyebutkan bahwa pacaran menimbulkan getaran otak yang meningkatkan keinginan untuk bersentuhan lebih jauh, yang artinya zina. Sehingga yang didapatkan dari pacaran hanyalah dosa dan kesakitan. Setelah putus dari pacar, biasanya seseorang akan sulit untuk move on atau melupakannya. Berikut adalah beberapa cara atau tips move on dalam Islam:

1. Sholat taubat

Minta ampunlah kepada Allah SWT atas apa yang telah dilakukan selama ini. Lakukan taubat dengan sungguh-sungguh dan jangan pesimis untuk mendapatkan ampunannya karena Allah selalu menerima mereka yang bertaubat kepada-Nya. Sebagaimana firman-Nya:

قُلْ يَٰعِبَادِىَ ٱلَّذِينَ أَسْرَفُوا۟ عَلَىٰٓ أَنفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا۟ مِن رَّحْمَةِ ٱللَّهِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ يَغْفِرُ ٱلذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلْغَفُورُ ٱلرَّحِيمُ

Artinya: “Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”(Q.S. Az Zumar: 53)

وَأَنِيبُوٓا۟ إِلَىٰ رَبِّكُمْ وَأَسْلِمُوا۟ لَهُۥ مِن قَبْلِ أَن يَأْتِيَكُمُ ٱلْعَذَابُ ثُمَّ لَا تُنصَرُونَ

Artinya: “Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi).” (Q.S. Az Zumar: 53)

Janganlah menunda-nunda taubat, segeralah bertaubat. Sungguh Allah Maha Pengampun meskipun dosa yang telah dilakukan sebanyak buih di lautan, Insya Allah ia akan mengampuninya. Jangan lupa pula untuk membaca doa untuk melupakan sesorang setelah selesai sholat.

2. Yakinkan diri bahwa ini jalan terbaik

Tidak ada jalan yang paling baik selain jalan yang dipilih Allah untuk diri kita sendiri. Sebagaimana firman Allah SWT:

كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَّكُمْ ۖ وَعَسَىٰٓ أَن تَكْرَهُوا۟ شَيْـًٔا وَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۖ وَعَسَىٰٓ أَن تُحِبُّوا۟ شَيْـًٔا وَهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ ۗ وَٱللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

Artinya: “Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”(Q.S. Al Baqarah:216)

Dengan putusnya dari pacar, berarti Anda telah diselamatkanoleh Allah SWT dari kemaksiatan dalam berzina. Maka bersyukurlah sebanyak-banyaknya atas jalan yang diberikan oleh Allah.

Baca juga:


3. Banyak berdzikir

Dengan banyak mengingat asma Allah SWT, kita akan memiliki hati dan jiwa tenang dalam Islam. Berdzikir adalah salah satu cara atau tips menghilangkan galau dalam Islam. Salah satu keutamaan berdzikir adalah kita jadi lebih mudah untuk mensyukuri atas apa yang terjadi.

إِنَّ ٱلْمُسْلِمِينَ وَٱلْمُسْلِمَٰتِ وَٱلْمُؤْمِنِينَ وَٱلْمُؤْمِنَٰتِ وَٱلْقَٰنِتِينَ وَٱلْقَٰنِتَٰتِ وَٱلصَّٰدِقِينَ وَٱلصَّٰدِقَٰتِ وَٱلصَّٰبِرِينَ وَٱلصَّٰبِرَٰتِ وَٱلْخَٰشِعِينَ وَٱلْخَٰشِعَٰتِ وَٱلْمُتَصَدِّقِينَ وَٱلْمُتَصَدِّقَٰتِ وَٱلصَّٰٓئِمِينَ وَٱلصَّٰٓئِمَٰتِ وَٱلْحَٰفِظِينَ فُرُوجَهُمْ وَٱلْحَٰفِظَٰتِ وَٱلذَّٰكِرِينَ ٱللَّهَ كَثِيرًا وَٱلذَّٰكِرَٰتِ أَعَدَّ ٱللَّهُ لَهُم مَّغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا

Artinya:”Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu’, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.”(Q.S. Al Ahzaab:35)

4. Menyibukkan diri

Salah satu cara mengatasi galau dalam Islam adalah dengan menyibukkan diri dengan melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat seperti membersihkan rumah, belajar, mengaji, dan kegiatan lainnya.

5. Menjauhi lingkungan yang buruk

Ada banyak cara memilih teman dalam Islam, salah satunya adalah pilihlah teman yang sholeh. Seperti kata pepatah, jika kita berteman dengan tukang minyak wangi maka kita akan ikut wangi. Jadi carilah teman yang baik dalam agama sehingga Anda juga akan ikut menjadi baik.

6. Berkumpullah dengan keluarga dan sahabat

Habiskan banyak waktu dengan keluarga dan sahabat Anda karena mungkin Anda juga terlalu banyak menghabiskan waktu dengan mantan hingga melupakan mereka yang terdekat. Ajak mereka melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti berlibur agar Anda dapat mengalihkan pikiran Anda dari sang mantan.

Baca juga:

7. Jangan jadi stalker

Kebanyakan orang yang susah move on adalah orang-orang yang masih saja menguntit mantannya, baik itu secara langsung maupun tidak langsung seperti melalui media social. Berhentilah mencari tahu kabar mantan Anda agar Anda tidak semakin dibayangi oleh sosoknya.

8. Perbanyak ibadah

Makin dekatkan diri Anda pada Allah SWT, mungkin Anda sudah terlalu lama melakukan dosa pacaran dan inilah saatnya untuk memperbanyak ibadah Anda. Perbaikilah ibadah Anda, baik itu ibadah wajib maupun sunnah.

9. Olahraga

Dengan berolahraga, focus Anda pun akan teralihkan. Tubuh juga menjadi lebih sehat dan bugar. Lakukan olahraga yang Anda sukai secara rutin.

10. Lakukan hobi

Jangan hanya termenung dan menganggur tanpa melakukan apa pun tapi berharap ada perubahan dalam hidup. Cobalah untuk melakukan yang Anda sukai, apalagi jika hobi Anda dapat menghasilkan uang, tentunya Anda akan jauh lebih bersemangat dalam menjalani hidup.

11. Hindari tempat kenangan

Jangan sekali-kali mencoba melewati atau bahkan mendatangi tempat yang penuh dengan kenangan Anda dengan mantan Anda. Sebisa mungkin hindarilah untuk mengingat kembali memori yang pernah Anda lalui. Jika Anda telah menemukan kebahagiaan baru atau telah benar-benar move on, barulah Anda dapat melewati tempat tersebut tanpa baper.

Baca juga:

12. Belajar

Belajar kembali akan mengalihkan focus Anda pada sang mantan. Carilah sesuatu yang menjadi minat Anda, lalu pelajari hingga mahir. Selain menambah ilmu pengetahuan, hal ini juga dapat menjadi kesempatan baru bagi Anda untuk mendapat beasiswa atau menghasilkan uang.

13. Menikah

Cara terakhir adalah dengan meniatkan menikah. Niatkan dalam hati bahwa Anda mencari pasangan baru untuk menikah, bukan untuk pacaran. Niatkan bahwa Anda menikah karena Allah bukan pula karena ingin cepat melupakan mantan. Insya Allah, Ia akan memberikan pasangan terbaik bagi Anda.

Demikianlah artikel tentang tips move on dalam Islam yang singkat ini. Semoga Anda dapat segera melupakan mantan dan mendapatkan pasangan baru yang terbaik bagi diri Anda. Ingatlah selalu keutamaan istiqomah dalam Islam sehingga Anda dapat segera melupakan masa lalu. Amin.

, , , ,




Post Date: Tuesday 06th, February 2018 / 02:53 Oleh :
Kategori : Info Islami
Yuk Join & Subs Channel Saya Islam

Manusia memang jarang bersyukur, padahal nikmat dan rencana Tuhan yang sangat indah sudah diberikan pada dirinya. Jangan lupa subscribe channel islami di https://bit.ly/2DmDqxw