6 Keutamaan Shalat Istikharah dan Keistimewaannya

Setiap manusia pasti memiliki persoalan dalam hidupnya masing-masing. Dalam persoalan-persoalan tersebut terkadang kita dihadapkan pada pilihan-pilihan yang sulit dan memberatkan hati kita untuk memilihnya. Tentu karena hidup harus memilih yang terbaik, kadang kita harus benar-benar jernih menundukkan pikiran dan hati kita agar pilihan yang kita tetapkan adalah pilihan yang benar-benar terbaik, bukan sekedar emosi.

ads

Untuk itu, Allah memberikan solusi jika manusia dihadapkan pada pilihan-pilihan hidup yang sulit, manusia hendaknya melakukan shalat istikharah untuk menemukan jawaban dari segala persoalan pilihan. Tujuan istikharah ini bukan berarti manusia tiba-tiba mendapatkan solusinya sendiri, langsung terpecahkan, dan selesai masalahnya.

Istikharah membantu manusia untuk menenangkan diri, sejenak keluar dari persoalan agar persoalan pilihan tersebut dapat dipecahkan dengan baik. Shalat istikharah juga bisa dilaksanakan kapanpun bisa juga malam hari dan dengan doa-doa yang kit panjatkan kepada Allah SWT. Berikut adalah berbagai keutamaan dari melaksanakan shalat istikharah.

Baca:

Keutamaan Melaksanakan Shalat Istikharah

Ada beberapa keutamaan shalat istikharah yang bisa kita dapatkan jika kita laksanakan dengan baik dan kelurusan niat. Berikut adalah 6 keutamaan dari melaksanakan shalat istikharah saat terjadi dilema dalam memilih.

1. Menyerahkan Hasil Pada Allah

Sekali kali tdk akan menimpa kami melainkan apa yg telah ditetapkan oleh Allah bagi kami. Dialah pelindung kami, dan hanya kepada Allah-lah orang-orang yg beriman harus bertawakal” (QS At Taubah: 51)

Dengan shalat istikharah kita akan benar-benar berharap dan menyerahkan hasil yang terbaik kepada Allah. Untuk itu, istikharah adalah mengharapkan hasil yang benar-benar sesuai dengan keridhoan Allah. Terkadang tanpa shalat dan menghadap Allah manusia memaksakan diri untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan dirinya. Padahal sesuatu yang kita inginkan belum tentu yang terbaik.

Tanpa menyerahkan dan bertawaqal kepada Allah, biasanya manusia akan benar-benar memaksakan diri meraih yang sesuai dengan dirinya. Tapi sebetulnya membutuhkan bimbingan Allah, dan keterbukaan diri untuk bisa memilih mana yang terbaik. Untuk itu istikharah sangat dibutuhkan bagi kita dalam memilih. Cara Mengendalikan Emosi Menurut Islam juga perlu diketahui agar kita senantiasa berserah diri kepada Allah.

2. Menenangkan Diri

Shalat istikharah juga bisa menenangkan diri kita. Saat terjadi masalah dan harus melakukan pilihan, biasanya kita terlalu tergesa-gesa. Tergesa-gesa tentu saja tidak baik dan dapat membuat kita salah dalam memilih. Justru yang dibutuhkan saat memilih adalah bagaimana kita mendapatkan hasil yang terbaik dan berpikir di saat pikiran jernih.

Pikiran yang tidak tenang tentu akan berdampak kepada hasil yang juga salah. Pilihan yang benar dan baik tentu dihasilkan dari ketenangan diri dan kejernihan kita dalam berpikir. Saat tidak tenang biasanya kita panik dan terlalu tergesa-gesa. Padahal, jika menenngkan diri kita bisa lebih bijak melihat masalah dan benar-benar terbuka. Untuk itu shalat istikharah sangat dibutuhkan agar diri kita tenang dan lebih bijak melihat pilihan.

Selain itu juga bisa Mencari Ketenangan dalam Islam, untuk mencapai Jiwa Tenang Dalam Islam, dan dengan Cara Membuat Hati Ikhlas dan Tenang yang sesuai dengan Cara Menghilangkan Kesedihan Menurut Islam.


3. Memberikan Kemantapan Hati

”Aku bertanya : Apakah shalat itu wahai Rasul? Beliau menjawab : Sarana pengaduan yg paling baik”.

Shalat istikharah tidak tiba-tiba diberikan ketetapan Allah dalam pilihan. Dalam shalat istikharah juga berfungsi untuk memberikan kita kemantapan hati atas pilihan yang telah kita tetapkan. Untuk itu, shalat istikharah tidak hanya dilakukan dalam sekali waktu. Shalat istikharah bisa dilakukan dalam berkali-kali waktu.

Untuk itu dengan melakukan istikhawah berkali-kali, hal ini bisa memberikan kemantapan hati bagi kita yang masih gundah gulana dan menghadapi dilema pemilihan. Untuk itu, istikharah ini bisa memberikan kita kemantapan hati jika benar-benar dilakukan secara rutin dan menyerahkan segala persoalan kepada Allah.

Jawaban atas shalat istikharah pun tidak selalu saat itu juga. Bisa setelah itu dan setelah petunjuk Allah bisa datang lewat kapan saja atau dimana saja.

Baca:

4. Menjauhi Bisikan Syetan

Dengan shalat istikharah kita pun berusaha untuk menghindari bisikan-bisikan syetan. Biasanya saat kita menghadapi permasalahan dan kegundahan hati, syetan sangat suka menggoda manusia dan membuat manusia melakukan hal-hal yang tidak seharusnya. Untuk itu, shalat istikharah membantu kita agar terhindari dari bisikan syetan serta menjauhi dari adanya perbuatan kemaksiatan.

Seperti yang Allah sampaikan dalam Al-Quran bahwa shalat menjauhi perbuatan keji dan munkar. Shalat menjauhi diri kita dari segala perbuatan yang buruk dan munkar, dan segala bisikan syetan yang menggoda manusia adalah salah satu pemantik agar manusia menjauhi kebenaran dan kebaikan. Shalat istikharah tentu sangat dibutuhkan jika kita ingin menjauhi segala godaan syetan yang terkutuk.

Baca:


5. Memilih dengan Pertimbangan Agama

”Sesungguhnya urusan itu seluruhnya ditangani AllaH SWT”. (QS Ali Imran : 154)

Ayat diatas menunjukkan bahwa seluruh urusan ada di tangan Allah. Untuk itu, permohonan kita meminta kemudahan, solusi, dan kemantapan hati memilih adalah diserahkan kepada Allah SWT. Di dalam ayat ini juga berarti bahwa dari segala apa yang kita pilih dan usahakan, pertimbangan agama adalah hal yang paling mendasar.

Jangan sampai umat islam salah mempertimbanghkan pilihan-pilihan yang ada, dan meninggalkan pertimbangan dari aspek agama. Bagaimanapun fungsi agama adalah sumber petunjuk dan kebenaran yang harus menjadi rujukan utama kita di segala macam sektor atau usaha pembangunan. Termasuk dalam masalah-masalah pilihan hidup kita. Maka Agama adalah hal yang harus menjadi pondasinya.

Baca:

6. Ikhlas dan Lurus Hanya pada Allah

Dan bertakwalah kepada (Allah) Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyanyang, Yg melihat kamu ketika kami berdiri (utk sembahyang), dan (melihat pula) perubahan gerakan badanmu diantara orang-orang yg sujud”. (QS Asy Syuara: 217-219)

Dengan melakukan shalat istikhawah maka kita juga telah berusaha untuk ikhlas dan meluruskan segala niat atau pilihan hati kita kepada Allah. Shalat istikharah membantu kita agar kita memiliki keikhlasan hati serta kelurusan proses agar hidup kita benar-benar dalam jalan yang dirihdoi Allah.

Jika kita lurus dan ikhlas hanya kepada Allah, maka urusan hidup kita semuanya akan dimudahkan dan diberikan solusi atas permasalahan yang menimpa kita. Cara Membuat Hati Ikhlas  dan Ciri Orang Yang Tidak Ikhlas Dalam Beribadah Kepada Allah SWT bisa kita pelajari juga agar senantiasa menjadi hamba-Nya yang ikhlas.

Shalat sunnah lainnya yang bisa dilakukan adalah seperti Shalat Malam Sebelum TidurShalat TaubatShalat Lailatul Qadar Shalat Tarawih bagi WanitaShalat Idul Fitri , dsb.

, , , ,




Post Date: Tuesday 09th, May 2017 / 08:48 Oleh :
Kategori : Amalan Shaleh