Kedudukan Tabligh Dalam Sistem Dakwah Islam

Dalam dunia dakwah Islam kita mengenal istilah tabligh. Seringkali majelis ilmu seperti pengurus masjid, lembaga atau lainnya menyelenggarakan pengajian besar yang disebut dengan tabligh akbar. Sebenarnya, apakah yang dimaksud dengan tabligh itu? Bagaimana kedudukan tabligh dalam sistem dakwah Islam?

ads

Tabligh berasal dari kata بَلَغَ – يُبَلِّغُ – تَبْلِيْغً (balagha – yuballighu – tablighan) yang memiliki arti menyampaikan atau memberitahu secara lisan. Jadi, secara bahasa tabligh artinya menyampaikan sesuatu hal kepada orang lain.

Menyampaikan dalam istilah tabligh bukanlah sembarang hal, melainkan hanya hal-hal yang benar guna menuju pada kebaikan dalam kehidupan di dunia maupun di akhirat kelak. Seseorang yang menyampaikan tersebut dikenal dengan istilah mubaligh (laki-laki) atau mubalighah (perempuan).

Kedudukan Tabligh dalam Sistem Dakwah Islam

Baca juga :

Tabligh merupakan salah satu dari sifat wajib bagi Rasul, yakni menyampaikan wahyu dari Allah subhanahu wa ta’ala. Untuk memahami sifat tabligh lebih dalam lagi, sangat perlu untuk mempelajari betapa pentingnya mengenal Rasulullah saw dalam memperjuangkan agama Islam.

Semasa hidupnya Rasulullah terus berjuang dalam menyampaikan wahyu Allah swt. Beliau menyampaikannya baik secara sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan. Setelah Rasulullah saw wafat, dakwah untuk menyebarkan wahyu Allah tersebut diteruskan oleh sahabat-sahabat beliau, para tabi’in, alim ulama dan pengikut Rasulullah saw.

Tabligh sangat bermanfaat dalam sistem dakwah Islam. Tabligh berbentuk kegiatan semacam pidato oleh seseorang atau kelompok yang memiliki pengetahuan agama Islam lebih mendalam kepada khalayak ramai. Melalui tabligh, dakwah Islam mengenai ajaran-ajaran agama Islam berdasarkan Al-Qur’an dan hadits dapat tersebar secara luas ke berbagai belahan dunia. Dalam arti lain, visi Islam dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas umat-Nya semakin mudah dengan adanya tabligh.

Bahkan seiring dengan perkembangan zaman, metode dakwah melalui tabligh ini semakin mudah tersebar dengan adanya sosial media. Tak jarang materi yang disampaikan para pendakwah mudah sekali menjadi trending topic atau yang kita kenal dengan istilah viral.

Tabligh, Salah Satu Metode Dakwah Bagi Umat Islam

Baca juga :

Sesungguhnya dakwah dengan menggunakan tabligh ini bukan hanya kewajiban bagi Rasulullah saw, melainkan seluruh umat-Nya yang telah mampu menyampaikan kebenaran Islam sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan hadits. Sebagaimana yang tertuang dalam dalil berikut ini.

وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۚ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.” (QS. Ali Imran : 104)

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَلِّغُوا عَنِّي وَلَوْ آيَةً

Artinya: Dari ‘Abdullah bin ‘Amr. dituturkan, bahwasanya Rasulullah saw. bersabda, “Sampaikanlah dariku walaupun satu ayat.” (HR. Bukhari)

Dalam berdakwah melalui tabligh ini tentunya ada ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi sebelum mulai mengerjakannya. Penting bagi Anda untuk memahami tata cara berdakwah yang baik menurut Islam yang dapat dipelajari melalui website kami ini.

Itulah ulasan singkat mengenai kedudukan tabligh dalam sistem dakwah Islam yang dapat Anda ketahui. Semoga dapat memberikan manfaat kepada para pembaca sekalian. Temukan berbagai pengetahuan Islami lainnya di situs terbaik kami ini. Terima kasih.

, ,




Post Date: Friday 26th, April 2019 / 08:30 Oleh :
Yuk Join & Subs Channel Saya Islam

Tukar Uang untuk THR Idul Fitri, Haram?

Kalau Sahur Jangan Buka Medsos, Mending Amalin Ini

Wajib Tonton ! Rekomendasi Film Religi Terbaik Pas Buat Nemenin Ramadhanmu