Jazirah Islam – Pengertian dan Jazirah Islam di Dunia

Islam adalah agama yang membawa rahmat bagi seluruh alam dan telah tersebar ke seluruh dunia. (baca fungsi agama dalam kehidupan manusia). Umat islam saat ini telah banyak mengalami perkembangan dan lebih maju dari segi ilmu, pendidikan, politik, ekonomi dan sebagainya. (baca ilmu pendidikan islam dan islam dan ilmu pengetahuan). Perkembangan dan sejarah agama islam tentunya tidak lepas dari pengaruh islam di beberapa jazirah atau yang dikenal dengan jazirah islam. Lalu apa itu jazirah dan apa kaitannya dengan agama islam? Simak penjelasan berikut ini. (baca juga sejarah islam dunia)

ads

Pengertian Jazirah dan Jazirah Islam

Jazirah atau yang dalam kamus besar bahasa Indonesia diartikan sebagai semenanjung adalah daratan yang menjorok ke laut. Kata jazirah mencakup tempat dimana daratan pada suatu wilayah dikelilingi oleh lautan atau perairan dan luasnya cukup besar seukuran pulau atau sebagian benua. Ada banyak semenanjung di duania ini beberapa diantaranya adalah semenanjung-semenanjung atau jazirah Eurasia, Amerika, Afrika, Antartika dan Australia dan Oseania. Masing-masing jazirah terbagi lagi menjadi jazirah-jazirah yang meliputi satu atau beberapa negara.

Sesuai dengan makna jazirah maka jazirah islam dapat diartikan sebagai daerah atau semenanjung dimana begara islam berkembang dan menetap. Kata jazirah yang biasa kita kenal adalah jazirrah Arab atau timur tengah dimana pusat peradaban islam berada. Hal ini juga terkait dengan adanya tempat bersejarah islam di wilayah tersebut. Jazirah islam tidak terbatas pada jazirah Arab saja akan tetapi luas cakupannya. Adapun perkembangan islam di beberapa jazirah dunia dapat diketahui dalam penjelasan berikut ini.

Jazirah Islam Dunia

Sebagaimana kita ketahui bahwa jazirah-jazirah yang ada di dunia terkait dengan perkembangan islam dan hingga saat ini islam berkembang di Jazirah atau negara tersebut. Masing-masing jazirah memiliki sejarah dan kaitannya sendiri dengan agama islam.

  • Jazirah Eurasia

Jazirah Eurasia terdiri dari wilayah Eropa dan Asia. Islam berkembang di kedua benua ini sejak abad pertengahan dan sejak islam disempurnakan oleh kelahiran dan kerasulan Rasulullah SAW. Jazirah Eurasia sendiri terbagi menjadi 12 wilayah yakni benua Eropa, semenanjung Balkan, Iberia,britania Raya, republik Irlandia, Timur tengah, Sub benua India, Asia Timur, Semenanjung Korea, jepang, filipina dan Indonesia.

Di kedua belas wilayah tersebut islam berkembang dengan pesat terutama di Jazirah Timur Tengah dan Indonesia yang merupakan negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. Perkembangan islam dimulai dari jazirah Timur tengah dimana para nabi dan Rasul berdakwah khususnya di negara-negara Arab. Selanjutnya islam tersebar ke bagian lain benua Eropa dan Asia lewat perluasan kekuasaan islam di zaman pertengahan (baca perkembangan islam di Eropa). Kala itu islam sempat menguasai Spanyol, Portugal dan beberapa wilayah lain di Eropa. Namun sejak terusirnya islam di benua tersebut, islam lebih banyak berkembang di wilayah Timur tengah dan Asia.

Saat ini Jazirah Arab atau Jazirah Timur Tengah yang terletak di Asia bagian barat daya dan sebagian wilayah Afrika adalah jazirah yang dianggap paling mempengaruhi perkembangan islam karena negara-negara di kawasan ini yang meliputi Arab Saudi, Kuwait, Yaman, Oman, Qatar dan Bahrain, Mesir, Aljazair dan lainnya (baca sejarah islam di Arab). Islam ditegakkan dengan syariah di negara-negara tersebut dan banyak pelajar maupun penduduknya yang bermigrasi ke benua lain. Para pelajar dan imigran tersebutlah yang kini membawa perkembangan islam di jazirah islam lainnya.

Banyaknya pelajar dan imigran asal negara jazirah Arab atau timur tengah ini ikut serta dalam masuknya islam di beberapa negara di benua Eropa seperi Belanda, Prancis, Inggris (baca perkembangan islam di Inggris), jerman dan lain sebagainya. Meskipun penganut agama islam di benua Eropa belum sebanyak di Asia, tetap saja perkembangan islam disana menunjukkan angka yang signifikan. (baca perkembangan islam abad pertengahan)

  • Jazirah Amerika

Benua Amerika juga memiliki jazirah atau semenanjung yang sebagian penduduknya menganut agama islam. Bagian dari jazirah Amerika tersebut antara lain Amerika Serikat, Kanada, Greenland, Amerika Tengah, Amerika  Selatan dan Meksiko. Islam masuk ke jazirah tersebut lewat para imigran atau budak berkulit hitam sebagaimana yang tertera dalam sejarah islam di Amerika.

Saat ini penganut agama islam di jazirah ini cukup berkembang dengan pesat dan telah banyak masjid yang didirikan. Umat islam di benua Amerika dapat menjalankan kewajibannya dan mendapatkan kebebasan untuk beribadah meskipun akses dan segala fasilitasnya masih kurang dan perkembangannya masih kalah dibandingkan islam yang berkembang di Asia dan Timur Tengah.

  • Jazirah Australia dan Oceania

Jazirah Australia termasuk dalam wilayah benua Australia dan mencakup negara-negara disekitarnya termasuk wilayah Oseania. Sejarah masuknya islam di Australia disebutkan bahwa penduduk asli Australia yakni suku Aborigin bertemu dengan nelayan dari Indonesia atau yang berasal dari Sulawesi Selatan. Disebutkan juga bahwa islam masuk ke Australia dibawa oleh para penggembala yang berasal dari Afghanistan.

Saat ini islam merupakan agama yang paling cepat atau paling pesat berkembang di Australia yakni 33% dalam kurun lima tahun terakhir. Sekitar 500 ribu penduduk Australia kini telah menganut agama islam meskipun jumlah itu masih sedikit dibandingkan dengan jazirah lainnya.


  • Jazirah Afrika

Benua afrika juga tidak terlepas dari jazirah islam dan perkembangan islam. Jazirah-jazirah yang ada di wilayah ini antara lain Kamerun, Semenanjung Buri, Senegal, ceuta Spanyol ,Portugal, Sahara bagian barat dan Somalia. Meskipun banyak negara Afrika yang termasuk dalam negara Arab yang mayoritas penduduknya adalah umat islam, islam di wilayah ini masih belum banyak ditemui. Kebanyakan penganut islam di wilayah tersebut adalah para imigran dan pelajar yang menetap. (baca hukum menuntut ilmu dan hakikat pendidikan islam)

  • Jazirah Antartika

Jazirah atau semenanjung terakhir yang ada di dunia dan hanya memiliki sedikit penduduk adalah jazirah atau semenanjung Antartika yang berada di bumi bagian selatah. Wilayah ini tidak didiami oleh manusia karena cuaca dan iklim yang sangat ekstrim. Wilayah ini mungkin belum bisa disebut sebagai jazirah islam karena agama islam belum berkembang di wilayah yang minim dihuni tersebut.

Demikianlah penjelasan tentang jazirah-jazirah yang ada di dunia ini dan termasuk dalam jazirah islam. Tersebarnya umat islam ke selurih jazirah dan penjuru dunia berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan islam di dunia. (baca juga sejarah yahudi dalam islam)

, ,




Post Date: Sunday 28th, August 2016 / 05:52 Oleh :
Kategori : Info Islami