10 Tips Bangun Pagi dalam Islam

“Dua raka’at fajar (shalat sunnah qobliyah shubuh) adalah lebih baik daripada dunia dan seisinya” (HR. Muslim no. 725)

ads

Pentingnya mengenal Allah dapat dimulai sejak pagi hari dengan melaksanakan shalat sunnah fajar yang dapat memberikan pahala yang luar biasa, bagaimana jika kita juga melaksanakan shalat shubuh sendiri? Sungguh akan lebih banyak lagi keutamaan dan kemuliaannya. Belum lagi jika kita juga senantiasa rutin melaksanakan shalat dhuha sebagai upaya doa agar dimudahkan rezeki di pagi hari.

Selain itu, shalat di pagi hari adalah bentuk dari cara bersyukur menurut islam dan cara mensyukuri nikmat allah. Akan tetapi, bagi sebagian orang, mereka terkadang susah untuk bangun pagi melaksanakan shalat shubuh.

Hal ini bisa dikarenakan oleh aktivitas seperti begadang atau juga maksiat-maksiat yang dilakukannya tanpa meminta ampun dari Allah SWT sehingga hati mulai keras, telinga mulai tak peka dengan suara adzan dan badan pun berat untuk melaksanakan ibadah. Abu Shalih dari Abu Hurairah r.a, dia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda :

إِنَّ الْمُؤْمِنَ إِذَا أَذْنَبَ ذَنْبًا نُكِتَ فِي قَلْبِهِ نُكْتَةٌ سَوْدَاءُ فَإِنْ تَابَ وَنَزَعَ وَاسْتَغْفَرَ صُقِلَ قَلْبُهُ وَإِنْ زَادَ زَادَتْ حَتَّى تَعْلُوَ قَلْبَهُ فَذَلِكَ الرَّانُ الَّذِي ذَكَرَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ فِي الْقُرْآنِ: كَلَّا بَلْ رَانَ عَلَى قُلُوبِهِمْ مَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

Artinya : “Sesungguhnya apabila mukmin melakukan suatu perbuatan dosa, maka ditorehkan satu titik hitam di hatinya. Jika ia bertaubah, berhenti dna minat ampun kepada Allah, maka hatinya dibuat mengkilat (lagi). Jika ia semakin sering berbuat dosa, maka titik-titik itu bertambah sampai menutupi hatinya. Itu adalah “raan” yang disebut oleh Allah SWT bahwa ‘sekali-kali tidak akan tetapi itulah “raan” yang disebut Allah di dalam Al-Quran”

Susah bangun shalat pagi juga bisa disebabkan karena asupan makanan haram menurut islamakibat makan makanan haram atau penyakit hati menurut islam. Apabila seseorang berkata , “Saya bermaksiat setiap hari, namun saya bisa bangun shalat malam jika saya menghendaki.

Sungguh, hati seperti ini bisa jadi sudah tidak lagi peka dengan maksiat. Berbeda dengan ulama yang peka pada sakit, ibaratnya tubuh yang sehat akan terasa tidak enak bila merasa sedikit saja rasa sakit. Jangan khawatir, karena pada kesempatan ini, akan diberikan sejumlah tips bangun pagi. Simak baik-baik ya :


Tips Bangun Pagi dalam Islam

  1. Tidur di awal malam dan jangan begadang

Begadang adalah salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh anak-anak muda. Apalagi jika sedang menonton tayangan pertandingan bola. Mereka akan rela semalam suntuk menonton pertandingan hingga ketinggalan waku shubuh. Sedangkan ada hadits yang menunjukkan larangan begadang yakni :

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – كَانَ يَكْرَهُ النَّوْمَ قَبْلَ الْعِشَاءِ وَالْحَدِ

Artinya : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sesungguhnya membenci tidur sebelum shalat ‘Isya dan ngobrol-ngobrol setelahnya.” (HR. Bukhari no. 568)

Ibnu Baththol mengungkapkan bahwa Rasulullah SAW tidak menyukai begadang setelah shalat ‘Isya karena beliau ingin shalat malam dan shalat shubuh berjamaa’ah. Disini telah dijelaskan bahwa begadang tidak diperbolehkan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat bahkan juga untuk begadang shalat malam, namun tidak bisa shalat shubuh karena ketiduran. Khalifah Umar mengatakan,

“Sungguh aku lebih menyukai shalat shubuh berjamaah daripada shalat tahajud semalamanm tetapi tidak kuat shalat shubuh.”  Jika memang tidak ada keperluan yang jelas, hendaknya segera tidur setelah selesai shalat ‘Isya untuk melaksanakan shalat tengah malam.

  1. Melakukan adab untuk memudahkan bangun pagi

Selain tidak begadang, melakukan adab yang baik sebelum tidur di malam hari dapat memudahkan kita untuk bangun shalat malam dan tidak kelewatan shalat shubuh, seperti amalan rasulullah sebelum tidur diantaranya :

  • Melaksanakan shalat Maghrib dan ‘Isya di masjid
  • Melaksanakan shalat Witir sebelum tidur
  • Berwudhu sebelum tidur
  • Membaca Surah As-Sajadah dan Surah Al-Mulk
  • Membaca zikir-zikir sunnah dan ayat kursi
  • Membaca tasbih (Subhanallah) 33 kali, tahmid (Alhamdulillah) 33 kali dan takbir (Allahu Akbar) 34 kali
  • Meniup kedua telapak tangan dengan membaca Surah Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas masing-masing satu kali. Kemudian, usap kedua tangan ke wajah dan seluruh bagian tubuh yang bisa dijangkau. Lakukan hal ini tiga kali
  • Membaca doa sebelum tidur

Setelah itu niatkan dalam hati bahwa kita berkeinginan bisa shalat malam atau minimal tidak terlambat bangun pagi untuk shalat shubuh. Jadikan keinginan shalat shubuh sebagai motivasi Anda untuk giat bangun pagi.

  1. Memakai alarm

Jika saran tadi dirasa belum cukup untuk membuatmu bisa bangun pagi, kita bisa menggunakan alarm. Namun, yang perlu diperhatikkan bahwa sebaiknya alarm diletakkan jauh dari jangkauan kita agar sewaktu alarm berbunyi, kita bisa berlari untuk mematikannya sehingga kita bisa cepat sadar.

  1. Hindari makan berlebihan di malam hari

Makan yang berlebihan akan membuat kamu menjadi tidur lebih nyenyak dan merasa kecapekan saat bangun. Hal ini disebabkan karena saat kita merasa kenyang, maka oksigen akan berkurang sekitar 20-40% per 5-10 detik. Gejala ini memicu kita untuk bernafas lebih berat dan butuh banyak asupan energi.

Untuk menghindari hal ini, usahakan untuk makan di waktu maghrib secukupnya kemudian melaksanakan sholat Isya sehingga makan tercerna dengan baik dan bisa bangun pagi.

  1. Tidur dengan posisi badan miring ke kanan

Salah satu sunnah Rasulullah SAW adalah memiringkan badan ke kanan ketika tidur. Bahkan pakar kesehatan pun menyatakan bahwa tidur dengan memiringkan badan ke kanan sangat bermanfaat yakni mengurangi beban jantung, mengistirahatkan lambung, penyerapan gizi lebih maksimal, saluran pernafasan menjadi lancar dan beberapa manfaat lain. Apabila manfaat ini bisa kita ambil, maka kita akan lebih mudah bangun pagi.

  1. Tidur sebentar di siang hari jika memungkinkan

Waktu luang yang sekiranya bisa kita dapatkan di siang hari dapat juga kita manfaatkan  untuk tidur siang sebentar. Jangan malah tidur saat sore hari atau setelah maghrib, sebab hal ini akan membuat kita tidur terlalu malam sehingga kita menjadi berat untuk bangun pagi lebih awal. Dengan tidur sebentar saat siang hari akan mengembalikan energimu yang hilang.

  1. Hindari minum kopi

Meminum kopi memang sah-sah saja, namun jika minum kopi sebelum tidur dapat membuat kita begadang kemudian susah bangun pagi, buat apa? Para peneliti menyebutkan bahwa meminum kafein dapat mempengaruhi proses tidur kita. Jika proses tidur kita tidak berjalam maksimal, maka sudah dipastikan kita akan menjadi susah untuk bangun pagi. Apabila kita termasuk orang yang susah tidur setelah minum kopi, usahakan untuk tidak meminumnya malam hari.

  1. Menetapkan waktu tidur

Menetapkan waktu tidur juga bisa kita jadikan sebagai usaha untuk bangun pagi lebih awal. Jadilah orang yang sama sekali tidak melengahkan waktu tidur.

Tetapkan setiap hari, jam berapa kita harus tidur kemudian taati benar-benar. Jangan melengahkan waktu tidur. Jika kita ingin bangun lebih awal, maka waktu tidur kita juga harus awal. Kita bisa mengatur alarm dengan jarak 30 menit sebelum waktu tidur kita sehingga kita bisa mempersiapkan diri bahwa sudah waktunya badan untuk beristirahat.

  1. Mematikan semua perangkat elektronik

Mematikan semua perangkat elektronik seperti komputer dan gadget adalah hal yang amat penting. Kita bisa mematikannya mulai dari setengah jam sebelum waktu tidur kita. ini dikarenakan gelombang cahaya biru yang dihasilkan oleh perangkat elektronik akan masuk melalui mata yang bisa menganggu produksi melatonin yaitu hormon yang biasanya bertugas memerintahkan badan kita untuk segera tidur.

  1. Buat sebab untuk bangun pagi

Selain penyebab ingin bangun pagi adalah sholat shubuh, coba buat atau siapkan penyebab lainnya. Wujudkan salah satu pekerjaan yang mungkin kita perlu selesaikan sebagai motivasi tambahan untuk bangun pagi lebih awal. Seperti mengerjakan tugas, memasak untuk keluarga, menyiapkan keperluan anak dan sebaginya. Kita bisa menuliskan sebuah pengingat di gadget alasan kenapa kita ingin bangun pagi lebih awal, sehingga saat alarm pada gadget berbunyi, kita dapat melihat motovasi kita untuk bangun pagi.

  1. Lakukan perubahan secara bertahap

Lakukan perubahan jadwal bangun pagi kita sedikit demi sedikit. Jangan kemudian langsung menargetkan hal-hal yang terlalu berlebihan, tetapi kita menjadi berat untuk melakukannya. Ubah sedikit demi sedikit waktu bangun kita mislanya 15 menit lebih awal dari bangun pagi biasanya. Jika sudah terbiasa, maka lama kelamaan kita akn terbiasa untuk bangun pagi lebih awal.


  1. Meminta tolong Allah SWT

Meminta pertolongan Allah agar dimudahkan untuk bangun pagi lebih awal. Allah tidak akan pernah membiarkan hambaNya yang meminta pertolonganNya untuk dimudahkan bangun pagi lebih awal. Nabi Muhammad SAW bersabda,

إِنَّ رَبَّكُمْ تَبَارَكَ وَتَعَالَى حَيِىٌّ كَرِيمٌ يَسْتَحْيِى مِنْ عَبْدِهِ إِذَا رَفَعَ يَدَيْهِ إِلَيْهِ أَنْ يَرُدَّهُمَا صِفْرًا

 

Artinya : “Sesunguhnya Rabb kalian tabaroka wa ta’ala Maha Pemalu lagi Maha Mulia. Dia malu terhadap hamba-Nya, apabila hambaNya  menengadahkan tangan kepada-Nya , lalu kedua tangan tersebut kembali dalam keadaan hampa.” (HR. Abu Daud no. 1488 dan Tirmidzi no. 3556. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

  1. Istiqomah atau konsisten

Apabila kita sudah terbiasa melakukannya, maka lakukan secara konsisten, meskipun hari itu adalah hari libur. Jangan pada saat hari kerja kita berusaha untuk bangun pagi lebih awal, namun ketik hari libur kita membiarkan tubuh kita untk bermalas-malasan. Maka lakukan perubahan ini secara istiqomah atau konsisten sehingga bangun pagi menjadi hal yang mudah.

Demikian tips bangun pagi dalam Islam. Tingkatkan pengetahuan kita akan ayat al quran tentang poligami, hukum menolak jabatan dalam islam, hukum tidak sengaja mendahului imam ketika sholat berjamaah, hukum sholat berjamaah dengan wanita yang bukan muhrim, wanita yang dirindukan surga, wanita bercadar dalam islam, hukum memakai jilbab dam ilmu yang lainnya. Semoga bermanfaat.

, , , ,




Post Date: Tuesday 17th, April 2018 / 06:26 Oleh :
Kategori : Info Islami
Yuk Join & Subs Channel Saya Islam

Tukar Uang untuk THR Idul Fitri, Haram?

Kalau Sahur Jangan Buka Medsos, Mending Amalin Ini

Wajib Tonton ! Rekomendasi Film Religi Terbaik Pas Buat Nemenin Ramadhanmu