Urutan Surga Dan Neraka Beserta Penghuninya Dalam Islam dan Dalilnya

Surga dan neraka merupakan suatu hal yang telah Allah janjikan kepada setiap umat-Nya tanpa terkecuali. Hal ini pun telah dituangkan di dalam Al Qur’an.

Allah Ta’ala berfirman,

وَاتَّقُوا النَّارَ الَّتِي أُعِدَّتْ لِلْكَافِرِينَ

“Dan peliharalah dirimu dari api neraka, telah disediakan untuk orang-orang yang kafir.” (QS. Ali Imran : 131)

وَسَارِعُوا إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi. Surga yang telah disediakan untuk orang-orang yang bertakwa” (QS. Ali Imran : 133).

Begitu mengerikannya gambaran dari berbagai jenis neraka dalam Islam sehingga kita perlu menghindarinya. Namun tak dapat dipungkiri bahwa masih ada saja yang merasa bahagia hidup dalam belenggu kemaksiatan.

Begitu indah dan nikmatnya surga sehingga kita rela berjuang keras menempuh jalan yang berlika liku. Akan tetapi masih ada saja orang yang tak tergiur dengannya. Bagi seseorang yang mengharapkan surga-Nya, hendaknya memahami keutamaan doa meminta surga dan perlindungan dari neraka.

Artikel kali ini akan menampilkan tentang urutan surga dan neraka beserta penghuninya. Sebagai umat muslim yang beriman sudah seharusnya kita menuntut ilmu agama. Alasan mengapa muslim harus menuntut ilmu ialah agar semakin bertambah kuat keimanan terhadap Allah subhanahu wa ta’ala.

SURGA

Surga adalah suatu bentuk keindahan yang sesungguhnya dari Allah subhanahu wa ta’ala, diperuntukkan bagi mereka yang beriman dan beramal shaleh.

Allah Ta’ala berfirman:

وَبَشِّرِ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الأنْهَارُ كُلَّمَا رُزِقُوا مِنْهَا مِنْ ثَمَرَةٍ رِزْقًا قَالُوا هَذَا الَّذِي رُزِقْنَا مِنْ قَبْلُ وَأُتُوا بِهِ مُتَشَابِهًا وَلَهُمْ فِيهَا أَزْوَاجٌ مُطَهَّرَةٌ وَهُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan beramal shaleh, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap kali mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan, “Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu”. Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada istri-istri yang suci dan mereka kekal di dalamnya.” (QS. al-Baqarah : 25).

Nabi shalallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Sesungguhnya di dalam surga ada seratus tingkatan yang disediakan Allah bagi orang-orang yang berjihad di jalan Allah, jarak antara dua tingkatan seperti antara langit dan bumi. Maka apabila kamu mohon kepada Allah, mohonlah (surga) Firdaus kepada-Nya, karena ia terletak ditengah surga dan surga yang tertinggi.” Saya rasa beliau mengucapkan (kata Abu hurairah): “Dan diatas-Nya ada Arsy Ar-Rahman dan dari situ dipancarkan sungai-sungai surga”. (HR. Bukhari).

  • Surga Firdaus

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal.” (QS. Al-Kahfi: 107)

  • Surga ‘Adn

“(yaitu) surga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya, mengalir di bawahnya sungai-sungai, di dalam surga itu mereka mendapat segala apa yang mereka kehendaki. Demikianlah Allah memberi balasan kepada orang-orang yang bertakwa,” (QS. An-Nahl : 31)

  • Surga Na’im

الْمُلْكُ يَوْمَئِذٍ لِلَّهِ يَحْكُمُ بَيْنَهُمْ ۚ فَالَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فِي جَنَّاتِ النَّعِيمِ

“Kekuasaan di hari itu ada pada Allah, Dia memberi keputusan di antara mereka. Maka orang-orang yang beriman dan beramal saleh adalah di dalam surga yang penuh kenikmatan.” (QS. Al-Hajj : 56)

  • Surga Ma’wa

وَأَمَّا مَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ وَنَهَى النَّفْسَ عَنِ الْهَوَىٰ

فَإِنَّ الْجَنَّةَ هِيَ الْمَأْوَىٰ

“Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal(nya).” (QS. An-Nazi’at : 40 – 41)

  • Surga Darussalam

لَهُمْ دَارُ السَّلَامِ عِنْدَ رَبِّهِمْ ۖ وَهُوَ وَلِيُّهُمْ بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

“Bagi mereka (disediakan) darussalam (surga) pada sisi Tuhannya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan.” (QS. Al-An’am : 127)

  • Surga Darul Muqamah

الَّذِي أَحَلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ مِنْ فَضْلِهِ لَا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلَا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوبٌ

“Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; didalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu.” (QS. Fatir : 35)

  • Surga Al-Maqamul Amin

إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي مَقَامٍ أَمِينٍ

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman,” (QS. Ad-Dukhan : 51)

  • Surga Khuldi

قُلْ أَذَٰلِكَ خَيْرٌ أَمْ جَنَّةُ الْخُلْدِ الَّتِي وُعِدَ الْمُتَّقُونَ ۚ كَانَتْ لَهُمْ جَزَاءً وَمَصِيرًا

“Katakanlah: “Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau surga yang kekal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa?” Dia menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka?”.” (QS. Al-Furqan : 15)

NERAKA

Neraka merupakan tempat yang penuh dengan api dan siksaan. Tempat mengerikan ini disedikan untuk orang-orang yang ingkar terhadap perintah Allah subhanahu wa ta’ala. Ketauhilah macam macam siksa neraka yang harus dihindari.

  • Neraka Hawiyah

“Dan barang siapa yang ringan timbangannya, maka dia dilemparkan ke neraka hawiyah. Tahukah engkau apakah Neraka Hawiyah itu? Yaitu api yang sangat panas.” (QS. Al-Qoriah : 8-11)

  • Neraka Jahim

“Dan diperlihatkan dengan jelas neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat” (QS. Asy-Syu’araa : 91)

  • Neraka Saqar

“Didalam surga mereka saling bertanya dari hal orang berdosa. Apakah sebabnya kamu masuk neraka Saqar? “Karena kami tidak sholat, kami tidak memberi makan orang miskin, kami percaya pada yang bukan-bukan. Kami mendustakan hari kiamat.” (QS. Al-Mudatsir : 40-46)

  • Neraka Ladza

“Sekali-kali tidak dapat, sesungguhnya neraka itu adalah api yang bergejolak.” (QS. Al-Ma’arij : 15)

  • Neraka Huthamah

“Dan tahukah kamu, apakah Huthamah itu? (yaitu) api (yang disediakan Allah) yang dinyalakan”. (QS. Al-Humazah : 5-6)

  • Neraka Sa’ir

“Bahwasanya orang-orang yang memakan harta anak yatim dengan aniaya, sesungguhnya mereka memakan api sepenuh perutnya, dan nanti mereka akan dimasukkan kedalam neraka Sair.” (QS. An-Nisa’ : 10)

  • Neraka Jahanam

“Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut setan) semuanya.” (QS. Al-Hijr : 43)

Itulah ulasan mengenai urutan surga dan neraka beserta penghuninya. Semoga mampu menambah wawasan keislaman Anda dan rasa cinta kepada Allah subhanahu wa ta’ala sehingga lebih istiqomah dalam Islam.