13 Doa Setelah Ramadhan Berakhir Agar Amal Diterima

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang selalu dinanti oleh setiap Muslim. Salah satu keistimewaan Ramadhan yang membuatnya begitu istimewa adalah adanya malam Lailatul Qadar. Malam Lailatul Qadar biasanya berada pada akhir Ramadhan. Meskipun Ramadhan telah berakhir, namun banyak doa yang bisa kita panjatkan untuk memohon kesempurnaan ibadah kita selama di bulan puasa. Beberapa doa tersebut antara lain:

ads

1.  Doa pertama

“Ya Allah, janganlah Engkau jadikan puasa ini sebagai puasa yang terakhir dalam hidupku. Seandainya Engkau berketetapan sebaliknya, maka jadikanlah puasaku ini sebagai puasa yang dirakhmati bukan yang hampa semata.

Jadikanlah puasaku ini sebagai awal yang baru bagi keimanan yang lebih tinggi. Jadikanlah segala ibadahku ini sebagai permulaan dari ketakwaanku yang lebih baik. Kumohon padaMu, jadikanlah aku sebagai hambamu yang selalu mendapatkan Rahmat dan karunia dariMu”

2. Doa kedua

“Ya Allah, terimalah puasaku dengan sebaik-baiknya penerimaan, perkenanan, maaf, kemurahan, pengampunan, dan hakikat keridaanMu. Sehingga Kau memenangkan aku dengan segala kebaikan yang dituntut, segala anugerah yang Kau curahkan di bulan ini. Selamatkanlah aku di dalamnya dari kekhawatiran terhadap bencana yang mengancam atau dosa yang berlangsung terus.

Jadikanlah aku sebagai hamba yang beruntung mendapatkan ridhoMu. Berikanlah aku kesempatan lebih lama untuk mendapatkan pengampunan yang lebih darimu. Dan jadikanlah setiap amal ibadahku sebagai bukti sujudku padaMu yang Engkau ridhoi.”

3. Doa ketiga

“Ya Allah, Ya Rahman, Ya Rahim, masih tersisa padaku dosa yang belum Kau ampuni, atau dosa yang (menyebabkan) aku disiksa karenanya (hingga) terbitnya fajar malam ini, atau hingga berlalunya bulan ini, maka ampunilah semuanya, wahai Dzat Yang Paling Pengasih dari semua yang mengasihi.

Jangan biarkan aku tenggelam dalam dosa-dosaku. Berikanlah aku ampunanMu agar hidupku tak lagi hampa, agar hidupku tak lagi bermandikan kotoran dosa. Sungguh hanya Engkaulah Yang Maha Pengampun dan Pemurah.

Baca juga:

4. Doa keempat

“Ya Allah, jadikan puasaku disertai dengan syukur dan juga penerima diatas keredhaanMu dan juga keredhaan rasul. Cabangnya kukuh dan juga kuat berkat pokoknya dan akhirnya, terima hakikat kefardauan puasa Ramadhan dan juga ikhlaskan hati saat melakukannya hanya semata untuk Allah SWT.”

5. Doa kelima

“Ya Allah, berilah hamba petunjuk menuju pada keredhaanMu dan jangalah Kau memberikan jalan pada syaitan agar menguasai aku. Jandikan syurga bagiku sebagai tempat untuk tinggal dan peristirahatanku, wahai pemenuh keperluan bagi orang yang meminta.

Berkahilah hidupku dengan ridhoMu agar setiap amal ibadahku menjadi penyelamat bagiku di akhirat nanti. Sungguh hanya Kaulah penyelamat hidupku, hanya Engkaulah penyelamat jiwaku. Engkaulah Yang Maha Memiliki dan Mengasihani.”

6. Doa keenam

“Ya Allah, meskipun Ramadhan telah berlalu, Aku mohonkan padaMu dengan perantaraan WajahMu yang mulia, dengan perantaraan kalimatMu yang sempurna, seandainya masih bersisa padaku dosa yang belum Kau ampuni, atau dosa yang menyebabkan aku disiksa karenanya atau hingga berlalunya bulan Ramadhan ini, maka ampunilah semuanya ya Allah.

Ya Allah, temukanlah aku dengan Ramadhan-Mu yang berikutnya dan ridhoilah puasa dan segala amal ibadah hamba pada Ramadhan ini.  Engkaulah Yang Maha Suci. Allah dengan segala Firmannya.”

Baca juga:


7. Doa ketujuh

“Ya Allah, terima puasaku dengan segala kebaikan dan kemurahan-Mu. Jadikanlah puasa dan ibadahku menjadi amal yang akan memberikan kelapangan bagiku di akhirat nanti. 

Selamatkan hamba dalam rasa bimbang pada bencana yang sedang mengintai dan juga doa berkepanjangan. Dengan rahmatMu, golongkan aku pada orang yang mendapat keutamaan malam al-Qadar, malam yang sudah Engkau tetapkan menjadi malam baik dari seribu bulan  di dalam keagungan ganjaran, keindahan syukur, kemuliaan perbendaharaan, panjang umur serta kemudahan yang berkepanjangan.”

8. Doa kedelapan

“Ya Allah, sungguh kumohon padaMu, panjangkanlah umurku hingga dapat bertemu dengan Ramadhan lainnya agar hamba bisa menambal segala kekurangan dalam ibadahku padaMu. 

Sungguh hanya Engkaulah yang mampu memberikan segala kenikmatan dan kedamaian bagi hamba. Hanya Engkaulah yang mampu memberikan kemudahan bagiku. Berikanlah hamba kesempatan untuk mendapatkan RamadhanMu kembali.”

9. Doa kesembilan

“Ya Allah, aku memohon padaMu, sudilah Engkau mencurahkan RakhmatMu pada Muhammad dan keluargaNya dan jadikan juga bulan ini penuh dengan keagungan Ramadhan yang sudah berlalu dari kami sejak Kau turunkan ke dunia ini sebagai sebuah berkah di dalam menjaga agama, jiwa dan semua kebutuhanku. Berilah aku berkat untuk mengatasi semua masalah, sempurnakan juga pemberian nikmatMu ini, palingkan aku dari semua keburukan dan hias aku dengan pakaian kesucian pada bulan ini.”

10. Doa kesepuluh

“Ya Allah, aku mohon dengan perantaraan rakhmat, keluhuran, kebaikan, ampunan, karunia, kebaikan, dan pemberianMu. Janganlah Engkau menjadikan Ramadhan ini sebagai kesempatan terakhirku. Sudilah kiranya Engkau mengantar aku hingga Ramadhan berikutnya dalam keadaan yang paling baik dan perlihatkan aku hilal Ramadhan berikutnya bersama dengan orang-orang yang melihat keleluasaan rakhmatMu. Limpahkanlah anugerahMu. Tiada Tuhan selain Allah.”

Baca juga:

11. Doa kesebelas

“Ya Allah, berilah hamba petunjuk menuju pada keredhaanMu dan jangalah Kau memberikan jalan pada syaitan agar menguasai aku. Jandikan syurga bagiku sebagai tempat untuk tinggal dan peristirahatanku, wahai pemenuh keperluan bagi orang yang meminta.”


12. Doa kedua belas

Ya Allah, jadikan puasaku disertai dengan syukur dan juga penerima diatas keredhaanMu dan juga keredhaan rasul. Cabangnya kukuh dan juga kuat berkat pokoknya dan akhirnya, terima hakikat kefardauan puasa Ramadhan dan juga ikhlaskan hati saat melakukannya hanya semata untuk Allah SWT.”

13. Doa ketiga  belas

“Ya Allah, liputi aku dengan rahmat dan berikan juga padaku taufiq serta penjagaan. Sucikan hatiku dan juga noda fitnah wahai pengasih para hambaNya yang mukmin.

Jadikanlah puasa dan amal ibadah hamba selama Ramadhan menjadi pemicu keikhlasan hamba dalam beribadah. Ridhoilah setiap amalku, ya Allah. Jadikanlah hamba sebagai salah satu yang mendapat keberuntungan dariMu. Sungguh Engkaulah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. “

Itulah beberapa doa yang dapat dipanjatkan setelah berakhir Ramadhan. Doa tersebut dapat Anda sesuaikan dengan keinginan yang ingin disampaikan dalam doa. Apapun doa yang dipanjatkan, hendaknya dilakukan dengan sungguh-sungguh agar dijabah oleh Allah SWT.

, , , , ,




Post Date: Saturday 09th, June 2018 / 06:15 Oleh :
Kategori : Info Islami