Kedudukan Zakat Dalam Islam

Salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan ialah menunaikan zakat pada waktunya. Sebagaimana kedudukan zakat dalam Islam yang telah tertuang dalam hadits-hadist berikut ini.

ads

عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَالْحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

Dari Ibnu Umar Radhiyallahu ‘anhuma, dia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Islam dibangun di atas lima (tonggak): Syahadat Laa ilaaha illa Allah dan (syahadat) Muhammad Rasulullah, menegakkan shalat, membayar zakat, hajji, dan puasa Ramadhan”. (HR Bukhari, no. 8)

Zakat fitrah wajib ditunaikan oleh setiap umat Islam baik yang telah baligh maupun yang belum baligh. Zakat dalam Islam juga dijelaskan dalam salah satu ayat di bawah ini.

Zakat Merupakan Pembersih Harta

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَاتَكَ سَكَنٌ لَهُمْ ۗ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Yang artinya: “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka”. (QS. At-Taubah : 103)

Sebagian zakat yang kita keluarkan menjadi pembersih harta benda yang telah kita kumpulkan. Selain itu, dengan berzakat kita telah berupaya meraih keridhaan Allah subhanallahu wa ta’ala.

Baca juga :

وَمَا آتَيْتُم مِّن رِّبًا لِّيَرْبُوَ فِي أَمْوَالِ النَّاسِ فَلَا يَرْبُو عِندَ اللَّهِ ۖ وَمَا آتَيْتُم مِّن زَكَاةٍ تُرِيدُونَ وَجْهَ اللَّهِ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُضْعِفُونَ

“Dan sesuatu riba (tambahan) yang kamu berikan agar harta manusia bertambah, maka tidak bertambah dalam pandangan Allah. Dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk memperoleh keridhaan Allah, maka itulah orang-orang yang melipatgandakan (pahalanya).” (Ar-Ruum: 39)

Syarat Wajib Membayar Zakat

Seseorang wajib membayar zakat apabila telah memenuhi persyaratan di bawah ini.

  1. Islam
  2. Merdeka
  3. Berakal dan baligh
  4. Memiliki nishab

Nishab adalah ukuran atau batas terendah berdasarkan ketentuan syar’i (agama) sebagai pedoman dalam menentukan kewajiban berzakat bagi yang telah memenuhi batas atau ukuran tersebut.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

وَيَسْئَلُونَكَ مَاذَا يُنفِقُونَ قُلِ الْعَفْوَ كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللهُ لَكُمُ اْلأَيَاتِ لَعَلَّكُمْ تَتَفَكَّرُونَ

“Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: “Yang lebih dari keperluan.” Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayatNya kepadamu supaya kamu berfikir”. (QS. Al Baqarah: 219).

Baca juga :

Kedudukan Zakat dalam Islam

Allâh Azza wa Jalla berfirman,

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allâh adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allâh melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allâh Maha luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui.” (QS. al-Baqarah [2]: 261)

Ketahuilah manfaat sedekah dalam Islam yang begitu beragam. Jadi, hendaklah kita tidak berat hati ketika mengeluarkannya, sebab zakat tidak mengurangi harta benda yang kita miliki. Namun, justru melipat gandakannya hingga berkali-kali lipat.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallamjuga bersabda :

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ

“Sedekah tidak mengurangi harta.” (HR Muslim)

Itulah penjelasan mengenai kedudukan zakat dalam Islam yang dapat Anda ketahui. Yuk, persiapkan zakat Anda mulai dari sekarang!

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada pembaca sekalian.

Temukan berbagai ilmu pengetahuan Islam lainnya melalui situs terbaik kami ini!

, ,




Post Date: Saturday 13th, April 2019 / 06:00 Oleh :
Kategori : Info Islami
Yuk Join & Subs Channel Saya Islam

Tukar Uang untuk THR Idul Fitri, Haram?

Kalau Sahur Jangan Buka Medsos, Mending Amalin Ini

Wajib Tonton ! Rekomendasi Film Religi Terbaik Pas Buat Nemenin Ramadhanmu