Hukum Membaca Ayat Kursi Sebelum Shalat

Shalat adalah kewajiban bagi para kaum yang beragama islam. Oleh karena itu, apabila membicarakan seputar agama apalagi hukumnya tentu hal ini perlu diperhatikan. Dengan mengetahui hukum suatu tindakan sebelum atau sesudah sholat akan dapat mempermudah anda dalam mengambil keputusan. Seperti keputusan untuk harus melakukannya atau tidak harus melakukannya.

ads

Biasanya memang terdapat beberapa informasi mengenai suatu tindakan atau hal yang dilakukan sebelum sholat itu apa saja. Salah satunya ialah hukum membaca ayat kursi saat sholat ketika sebelum sholat. Namun, tahukah anda hukum membaca ayat kursi sebelum shalat? Simak penjelasannya berikut.

Tidak Wajib Membaca Ayat Kursi Sebelum Sholat

Hukum dalam Islam selalu memberikan ke arah yang lebih baik. Sementara secara jelas membaca Ayat kursi sebelum sholat adalah tidak diwajibkan. Mengapa demikian ?

Berdasarkan sebuah riwayat dari Anas bin Malik, bahwa Rasulullah S.A.W pernah bersabda :

Apabila seseorang dari umatku membaca ayat kursi sebanyak 12 kali, lalu berwudhu dan mengerjakan shalat shubuh, maka Allah akan menjaganya dari kejahatan syetan. Di samping itu derajatnya disamakan dengan orang yang membaca al Qur’an seluruhnya serta pada hari kiamat nanti akan diberi mahkota dari cahaya yang menyinari penghuni dunia

Baca juga :

Karena hukum membaca ayat kursi adalah diperbolehkan, tidak apa jika dilakukan namun akan lebih baik jika dilakukan. Ayat kursi sendiri seringkali dikaitkan dengan apabila anda ingin terhindar dari gangguan setan. Disarankan sejak dahulu membaca ayat kursi.

Dan kendala ketika menunaikan ibadah biasanya dekat akan godaan syetan agar anda tidak fokus atau malas beribadah. Bahkan Ayat kursi juga sebenarnya memiliki khasiat yang banyak sekali.

Manfaat Mengamalkan Ayat Kursi

Jika anda sebelum sholat memilih untuk membaca ayat kursi terlebih dahulu selama 7 hari atau 30 hari berturut-turut. Anda akan merasakan manfaat membaca ayat kursi sebelum beribadah. Sehingga anda tidak perlu bingung mengenai perlu tidak membaca ayat kursi. Sebab apapun ayat al-quran sebenarnya sangat bermanfaat asal dibaca dan diamalkan dengan benar.


Secara lebih jelasnya khasiat ayat kursi berdasarkan riwayat oleh Al-Mahamili dalam kitabnya Ibnu Mas’ud r.a bahwa ia berkata :

“Ada, seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah S.A.W : “Ya Rasulullah, ajarilah aku sesuatu yang dengannya Allah akan memberikan manfaat bagiku ? ” Beliau Menjawab : ” Bacalah ayat kursi, maka sesungguhnya Allah akan memeliharamu, keturunanmu dan memelihara rumahmu, hingga rumah-rumah disekitarnya

Selain itu, di dalam ajaran islam jika dikaitkan dengan syarat sah sholat dan rukun sholat, membaca ayat kursi sebelum sholat memang tidak dicantumkan wajib untuk dibaca. Sehingga tidak dibaca pun tidak apa karena bukan kewajiban.

Baca juga :

Fakta mengenai ayat kursi sendiri sebenarnya ialah bahwa ayat kursi merupakan bagian ayat yang berada di surah Al baqarah dan terletak pada ayat ke 255 yang termasuk di dalam al qur’an. Dan jika sudah menjadi bagian al qur’an maka jelas bahwa ayat tersebut membawa manfaat serta kebaikan bagi pembacanya. Secara singkatnya setiap agama salah satunya agama Islam selalu mengajarkan kebaikan.

Berikut di bawah ini merupakan bacaan ayat kursi :

Image result for surah ayat kursi
Ayat Kursi ini berada di dalam Bagian Surah al-Baqarah tepatnya pada ayat 255

Khasiat Mengamalkan Ayat Kursi dengan Benar

Ayat kursi sendiri disebutkan orang akan lebih banyak mengenalnya jika setiap merasa diganggu setan bacalah ayat kursi. Secara jelas dan singkatnya saya juga telah mengumpulkan beberapa khasiat atau manfaat membaca ayat kursi sendiri berikut dibawah ini:

  • Menghindarkan Gangguan Setan : Barangsiapa yang membaca seperti sebelum tidur maka Allah akan memberikan perlindungan di jauhkan dari gangguan setan
  • Menyembuhkan penyakit gila/ayan : Bacalah ayat kursi 11 kali dengan penuh keyakinan dihembuskan pada ubun-ubunnya namun tetap juga perlu adanya bantuan dokter. Sedangkan untuk penyakit ayan akan disarankan baca ayat kursi sebanyak 50kali, dari setiap kali bacaan tiupkan pada gelas berisi air untuk diminumkan. Insyallah akan lekas sembuh.
  • Mendatangkan Hajat : Apabila anda memiliki hajat segera terkabul baca 100kali namun tetap harus istiqomah dan yakin akan keputusan Allah
  • Menjauhkan mimpi jelek : Bacalah ayat kursi 3kali insyallah dalam tidur tidak akan mimpi jelek, bahkan akan mimpi indah.
  • Pemusnah dosa-dosa kecil : Apabila dibaca sesudah sholat fardhu memusnahkan dosa – dosa kecil
  • Perisai dalam perjalanan : Apabila anda di perjalanan ingin selamat maka sebelum berangkat baca 3kali.
  • Mengurangi kegelisahan jika terjebak macet di jalan : Manfaat satu ini pernah saya alami sendiri dan memang benar terbukti baca saat berkendara maka biasanya macet akan terurai dan insyallah jalan lancar selamat sampai tujuan.

Baca juga :

Setiap Ayat dalam Al-Quran dapat Memberikan Ketenangan

Setiap ayat al qur’an identik dengan membawa ketenangan di dalam jiwa. Apalagi kalau dibaca sebelum sholat entah akan setenang apa hati ini. Untuk itu jika terdapat masalah atau kegelisahan datang maka alangkah lebih baik menggunakan saran mayoritas umat muslim dengan membaca ayat suci alquran salah satunya ayat kursi.


Ayat kursi tidak hanya sekedar mengucapkan bacaannya saja, melainkan hati dan pikiran juga perlu memiliki keyakinan tinggi agar apa yang diharapkan dapat tercapai dan terasa lebih baik. Beberapa orang mungkin akan bingung bila menentukan harus membaca atau tidak ayat kursi sebelum sholat tersebut walau sudah mengetahui hukumnya diperbolehkan.

Oleh sebab itu, saya akan membantu memberikan saran. Ketika anda bingung perlukah anda membaca ayat kursi sebelum sholat jawabnnya adalah setiap orang memiliki perbedaan dalam menentukan ayat yang benar-benar sesuai dengan harapan di hatinya. Jika ayat kursi dirasakan dapat membantu sholat anda menjadi lebih fokus dan lebih baik perlu bagi anda untuk terus melafalkan ayat tersebut.

Namun, jika masih belum terasa khasiatnya cobalah menggunakan ayat lainnya. Karena bukan rahasia lagi bahwa setiap ada masalah membaca ayat alqur’an akan membawa ketenangan. Apalagi setelah itu didampingi dengan sholat wajib. Maka ketenangan dari Allah akan menyelimuti kehidupan anda.

Baca juga :

Hukum Membaca Ayat Kursi Sebelum Shalat

Kesimpulannya, hukum membaca ayat kursi sebelum shalat diperbolehkan. Karena hal wajib dalam sholat biasanya tercantum pada syarat sah sholat dan rukun sholat berdasarkan buku tuntunan sholat. Bahkan riwayat Rasulullah juga memberikan gambaran manfaatnya. Namun selain itu ayat kursi banyak manfaat ini telah dijelaskan seperti yang telah disebutkan di atas.

Mencoba untuk mengamalkan suatu ayat kursi dengan membaca dalam kehidupan sehari – hari akan membantu anda dalam menemukan bukti nyata pengaruh ayat kursi sendiri bahkan sebelum anda beribadah. Sebab beribadah yang tepat akan mendatangkan kebaikan juga

Jika dihubungkan dengan istilah anak muda sekarang melalui kajian ceramah ustad Hanan Attaki mengatakan bahwa melalui sholat anda bisa perbaiki hidup anda bahkan bagi anak muda yang baper – baper bisa langsung telpon sang pencipta melalui ibadah sholat yang dijalani

Sholat sendiri yang wajib dilakukan yaitu sholat 5 waktu bayangkan disetiap Allah misscal atau telepon atau memanggil umatnya dengan adzan dan saat sebelum sholat membaca ayat kursi untuk menjaga sholatnya. Maka akan terasa lebih baik dan bermakna bila dilaksanakan. Demikianlah pembehasan mengenai hukum membaca ayat kursi sebelum shalat. Semoga bermanfaat maafkan penulis jika ada salah kata atau ucapan. Terimakasih

, , ,




Post Date: Sunday 17th, March 2019 / 15:58 Oleh :
Kategori : Shalat