4 Adab Minum Rasulullah SAW yang Patut di Contoh

Siapa yang tidak suka minum? Aktivitas minum merupakan hal yang sangat melekat pada kehidupan kita sehari-hari. Nah, jika kita ingin minum, ternyata Rasulullah sudah mengajarkan kita semua sebagai adab untuk minum. Sehingga hal ini merupakan kesempatan yang baik untuk memberikan pengajaran bagi kita dan anak-anak kita untuk melatihnya agar terbiasa minum sesuai dengan tauladan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beberapa adab minum Rasulullah SAW ini dapat disimak dan diterakan dalam kehidupan sehari-hari.

ads

1. Meniatkan minum untuk beribadah kepada Allah sehingga hal tersebut bernilai pahala.

Segala hal atau perkara yang mubah dapat bernilai pahala jika disertai dengan niat untuk beribadah. Oleh karena itu, niatkanlah aktivitas minum kita dengan niat agar dapat beribadah kepada Allah. Dan janganlah lupa memberitahukan orang-orang terdekat akan hal ini.

2. Memulai minum dengan membaca basmallah terlebih dahulu.

Diantara sunnah Nabi adalah dengan mengucapkan basmallah sebelum minum. Hal ini berdasarkan hadits yang memerintahkan membaca ‘bismillah’ sebelum makan begitu pula minum. Bacaan bismillah yang sesuai adalah dengan sunnah adalah cukup dengan bismillah tanpa tambahan ar-Rahman dan ar-Rahim.

Baca juga :

Dari Amir bin Abi Salamah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Wahai anakku, jika engkau hendak makan ucapkanlah bismillah, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang berada di dekatmu.” (HR Thabrani dalam Mu’jam Kabir)

Selain itu dalam silsilah hadits shahihah, 1/611 Syaikh al-Albani mengatakan, (Sanad hadits ini shahih menurut persyaratan Imam Bukhari dan Imam Muslim) Minum dengan tangan kanan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Jika salah seorang dari kalian hendak makan, hendaklah makan dengan tangan kanan. Dan apabila ingin minum, hendaklah minum dengan tangan kanan. Sesungguhnya setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya.” (HR. Muslim)

3. Usahakanlah untuk selalu menggunakan tangan kanan ketika makan dan minum.

Adab minum Rasulullah SAW berikutnya adalah makan dan minum dengan tangan kanan. Seringkali Anda lupa meskipun telah kita ketahui, apalagi ketika menyantap makanan ringan (snack) bersama teman-teman Anda yang membuat Anda lupa.

Baca juga :

4. Tidak bernafas dan juga meniup air minum.

Termasuk juga adab ketika minum adalah tidak bernafas dan meniup air minum. Ada beberapa hadits berikut ini mengenai hal ini :

Dari Abu Qatadah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Jika kalian minum maka janganlah bernafas dalam wadah air minumnya.” (HR. Bukhari no. 5630 dan Muslim no. 263)

Dari Ibnu Abbas,

“Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang untuk bernafas atau meniup wadah air minum.” (HR. Turmudzi no. 1888 dan Abu Dawud no. 3728, hadits ini dishahihkan oleh Al-Albani).

Dalam Syarah Shahih Muslim, Imam Nawawi mengatakan,

“Larangan bernafas dalam wadah air minum adalah termasuk etika karena dikhawatirkan hal tersebut mengotori air minum atau menimbulkan bau yang tidak enak atau dikhawatirkan ada sesuatu dari mulut dan hidung yang jatuh ke dalamnya dan hal-hal semacam itu.”

Nah, dengan pembahasan mengenai adab minum Rasulullah SAW. Jelas jika Rasulullah telah memberikan tauladan yang baik bagi kita, khususnya bagaimana adab untuk minum. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

, ,




Post Date: Thursday 31st, January 2019 / 03:13 Oleh :
Kategori : Hukum Islam