Doa Nabi Yunus untuk Ibu Hamil

Ibu hamil ialah seorang wanita yang sedang mengandung bayi yang merupakan amanah dan anugrah dari Allah. Setiap ibu hamil sepanjang hari selalu mendapat doa kebaikan dari orang orang terdekat dan orang di sekitarnya serta selalu mendapat saran untuk melakukan segala hal yang baik agar kebaikan tersebut juga menular kepada anaknya. Tentu setiap ibu hamil mengharapkan agar diberi kelancaran dan keberkahan di sepanjang perjalanan proses kehamilannya hingga masa persalinan tiba.

ads

kehamilan dalam islam, tentu ada banyak doa baik doa yang dilakukan atau dibuat dengan kalimat pribadi maupun doa yang disarankan yang umumnya ibu hamil disarankan seperti anjuran untuk banyak membaca surat Yusuf dan surat Maryam. Namun tahukah anda bahwa ada doa lain yang juga baik untuk ibu hamil, yakni doa Nabi Yunus. Selengkapnya yuk simak dalam artikel berikut.

Doa Nabi Yunus untuk Ibu Hamil

Banyak kisah mengenai Nabi Yunus yang dapat diambil pelajaran dan keteladanan darinya, salah satu kisah yang paling terkenal ialah mengenai kisah ketika Nabi Yunus berada di dalam ikan paus namun akhirnya diselamatkan oleh Allah karena doa yang dilantunkannya. Doa doa tersebut ternyata juga menjadi doa yang sangat baik untuk dilantunkan oleh ibu hamil sebagai qujud pengharapan atas keselamatan. keutamaan menjadi ibu dalam islam dapat diraih dengan rajin berdoa selama kehamilan.

QS Al Anbiyaa : 87-88

Salah satu doa Nabi Yunus ialah doa yang terdapat dalam QS Al Anbiiyaa ayat 87 “Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam Keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), Maka ia menyeru dalam Keadaan yang sangat gelap: “Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha suci Engkau, Sesungguhnya aku adalah Termasuk orang-orang yang zalim.” Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya dari pada kedukaan. dan Demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman”. (QS. Al-Anbiyaa’ : 87-88)”.

manfaat doa dalam islam untuk ibu hamil ialah doa yang dilantunkan oleh Nabi Yunus ketika berada dalam perut ikan paus. Dalam kondisi tersebut Nabi Yunus merasa pasrah dan tidak tahu apa yang harus ia perjuangkan untuk keluar dari perut ikan paus, ia pun mengakui dosa dosanya dan berharap mendapat pengampunan serta keselamatan dari Allah.

Kenapa doa tersebut baik untuk ibu hamil? apakah dapat meningkatkan kasih sayang Allah kepada wanita? Sebagaimana kita mengetahui bahwa kehamilan adalah anugrah, tidak semua wanita diberkahi dan diberi keistimewaan untuk bisa hamil dan memiliki anak. Kehamilana adalah sebuah keindahan tiada tara dari Allah, selain mendapat keturunan, juga sebagai jalan yang luas untuk beribadah dan mendapat pengampunan dosa. Ibu hamil sebegitu istimewanya di mata Allah hingga pantas untuk mendapat doa doa kebaikan.


Doa ibu hamil tercermin dari doa Nabi Yunus yang menunjukkan rasa pasrahnya dan menjadi wujud fungsi iman kepada Allah SWT. begitu juga dalam kehamilan, tentu selalu berpasrah bagaimanapun ke depannya dengan tetap berusaha sebaik mungkin. Ibu hamil tidak bisa menentukan menginginkan anak laki laki atau anak perempuan, atau menginginkan kelahiran dengan proses yang selalu lancar, dan sebagainya sebab semua itu ialah ada pada kuasa dan rahasia Allah.

Yang bisa dilakukan oleh ibu hamil ialah berusaha sebaik mungkin menjaga kesehatan, rajin membaca Al Qur’an, serta memperbanyak doa untuk kebaikan anak yang dikandungnya. Sebagaimana hal tersebut sama dengan kandungan yang terdapat dalam doa Nabi Yunus yakni tentang harapan dan kepasrahan kepada Allah SWT. Ibu hamil yang rajin membaca doa Nabi Yunus akan mendapatkan kehamilan yang berkah mulai dari proses kehamilan hingga persalinan.

Menjadikan Harapan Ibu Hamil Dikabulkan oleh Allah

Doa Dzun Nuun (Nabi Yunus) ketika ia berdoa dalam perut ikan paus adalah: LAA ILAAHA ILLAA ANTA SUBHAANAKA INNII KUNTU MINAZH ZHAALIMIIN (Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk diantara orang-orang yang berbuat aniaya). Sesungguhnya tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah melainkan Allah kabulkan baginya.” (HR. Tirmidzi no. 3505. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Hadist tersebut ialah sabda Rasulullah yang menyatakan bahwa barang siapa yang membaca doa tersebut maka akan dikeluarkan baginya jalan jika menghadapi suatu permasalahan atau suat ujian. Begitu pula yang terjadi pada ibu hamil. Ibu hamil ialah sosok yang mendapat anugrah sekaligus ujian untuk bisa mempertahankan dan menjaga kesehatan bayi yang dikandungnya, sebab itu ibu hamil selalu memohon doa dan kekuatan agar bisa menghadapi seluruh proses kehamilannya hingga melahirkan.

Setiap ibu hamil tentu memiliki harapan yang besar berkaitan dengan anaknya, yakni harapan untuk bisa memiliki anak yang terbaik budi pekertinya entah itu laki laki atau perempuan, anak yang berbakti pada kedua orang tuanya, dan anak yang sholeh sholehah bisa membawa kebaikan serta ketenangan bagi kedua orang tua. Ibu hamil bisa mewujudkannya dengan berikhtiar dan membaca doa Yunus.

Menjaga Kesehatan dan Kebugaran Ibu Hamil

Nabi Yunus ketika berada dalam perut ikan paus dalam keadaan lemah dan tidak memiliki kekuatan apapun. Tentu secara nalar keadaan tersebut tidak akan memberikan keselamatan apalagi kehidupan bagi manusia dimana di dalam perut ikan paus segala akses untuk hidup seluruhnya tertutup dan sama sekali tidak ada kekuatan untuk bertahan hidup.

Namun Allah yang lebih berkuasa membuktikan bahwa semuanya jika Dia sudah berkehendak maka tidak ada yang bisa menandingi dan hal itu akan terjadi. Begitu pula alasan mengapa doa Nabi Yunus baik untuk dibaca ibu hamil sebagaimana ibu hamil adalah sosok yang lemah yang di dalam tubuhnya terhadap kehidupan calon anaknya dimana calon anaknya tersebut sama sekali tidak memiliki kekuatan serta bergantung kepada ibu yang mengandungnya yang telah diberi kekuatan Allah.

“Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan”. (Qs. al-Fatihah : 5). Dengan membaca doa Nabi Yunus maka menjadi sebuah jalan dan doa pula untuk memohon pertolongan hanya kepada Allah sehingga senantiasa diberi tubuh yang bugar dan sehat karena mendapat kekuatan dari Allah untuk menjalani proses kehamilannya serta mendapat kekuatan dan kelancaran ketika proses persalinan

Memberi Kekuatan Selama Persalinan

Berkata Syekh Abdurrah As-Sa’di di dalam Taisir al-Karim ar-Rahman ( 1/529 ) : “ Ayat ini merupakan janji dan berita gembira bagi setiap orang beriman yang tertimpa musibah dan kesulitan, sesungguhnya Allah akan menyelamatkannya dan mengangkat kesulitannya dan meringankan bebannya karena keimanannya kepada Allah, sebagaimana yang dilakukan terhadap nabi Yunus.  “

Dari kalimat Ulama tersebut merupakan ungkapan yang jelas bahwa dengan membaca doa Nabi Yunus, setiap orang yang membacanya termasuk ibu hamil akan mendapat kekuatan dan kemudahan selama proses persalinan. Doa tersebut telah diakui oleh para ulama bahwa doa tersebut memberikan kebaikan pada ibu hamil sebab itu wajib untuk diamalkan dan dibaca setiap hari oleh ibu hamil.

Dalam doa Nabi Yunus, mengandung makna bahwa Nabi Yunus mengakui dosa dosanya yang telah dilakukan dan bertaubat kepada Allah,beliau mengakui bahwa beliau pernah zalim dan memohon pada Allah pertolongan untuk bisa mendapatkan jalan keluar. Hal tersebut juga yang akan terjadi pada ibu hamil jika membaca doa Nabi Yunus, selain bertaubat dan memohon ampun atas dosa dosa yang dilakukan, ibu hamil wajib memohon kekuatan agar dimudahkan dalam proses persalinan.


Umumnya orang orang melahirkan akan mengingat dosa dosanya selama ini ketika mengalami proses persalinan yang berat karena mengingat dosa dosa yang dilakukannya pada ibunya dimana pada waktu itu ia mengalami sendiri bagaimana beratnya dan susahnya proes menjadi ibu dan melahirkan, hal ini akan membuat ibu hamil tersebut bertaubat dengan sungguh sungguh dan memohon ampun kepada Allah serta mengakui kezaliman yang mungkin pernah dilakukan pada ibunya sehingga ia mendapat ampunan dari Allah dan mendapat kemudahan selama proses persalinan.

Dari berbagai hadist yang telah disebutkan di atas, dapat disimpulkan bahwa doa nabi Yunus untuk ibu hamil akan memberikan berbagai dampak kebaikan yakni dapat memberikan kelancaran dan kesehatan selama kehamilan, memberikan tubuh yang bugar pada ibu hamil, serta memberikan kelancaran selama proses persalinan, sebab itu dianjurkan bagi ibu hamil untuk rutin membaca doa Yunus serta melakukan amalan amalan kebaikan lain sesuai yang dianjurkan oleh agama islam.

Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk menambah wawasan anda dapat dipraktikkan serta diamalkan dalam kehidupan sehari hari. jangan lupa baca juga mengenai keutamaan surat Maryam untuk ibu hamil, amalan ibu hamil menurut islamdoa ibu hamil untuk anak dalam kandungan, dan tips puasa ramadhan untuk ibu hamil yang berhubungan dengan ibu hamil. terima kasih sudah membaca artikel ini. salam hangat dari penulis.

, , , , ,




Post Date: Tuesday 17th, April 2018 / 12:50 Oleh :
Kategori : Wanita
Yuk Join & Subs Channel Saya Islam

Tukar Uang untuk THR Idul Fitri, Haram?

Kalau Sahur Jangan Buka Medsos, Mending Amalin Ini

Wajib Tonton ! Rekomendasi Film Religi Terbaik Pas Buat Nemenin Ramadhanmu