20 Firman Allah tentang Wanita dan Penjelasannya

Wanita dalam keseharian memiliki peran penting. Wanita dibutuhkan pada hampir setiap aspek kehidupan, mulai dari yang terkecil yaitu dalam keluarga, tentu akan terasa berbeda tanpa kehadiran seorang wanita atau ibu. Wanita juga mampu bekerja sama dalam hal apapun, dalam kehidupan masyarakat, partner kerja, juga sebagai pendukung atau pemberi motivasi bagi orang lain.

ads

Wanita memang memiliki beragam karakter dan sifat. Wanita dalam pandangan islam adalah makhluk yang mulia, yang diberi syariat agar dirinya terjaga dari segala mara bahaya. Wanita juga dipandang sebagai sosok yang lemah, yang memerlukan seorang lelaki untuk membimbing dan melengkapinya.

Allah bahkan menciptakan surat khusus yang diberi nama An Nisa yang berarti adalah wanita. Untuk memahami dan mengetahui lebih lanjut mengenai wanita, baik buruknya, kelebihan dan kemuliannya, serta hal lain yang berhubungan dengan wanita, yuk kita simak 20 firman Allah tentang wanita :

1. QS At Tahriim : 11

Wanita adalah seorang pejuang. Dalam firman Allah tentang wanita terdapat kisah tentang Asiyah istri Fir’aun yang kafir tetapi ia tetap kuat dan berjuang dalam kesholehannya. Is tidak tertarik dengan janji Fir’aun yang semu, ia tetap menjadi seorang wanita yang taat pada Allah walaupun berada dalam kondisi dimana ia dikelilingi oleh kaum yang zalim.

Ya Allah, bangunlah untukku sebuah rumah di sisi Mu dalam surga dan selamatkanlah aku dari Fir’aun dan perbuatannya serta dari kaum yang zalim”. Wanita seperti yang diceritakan oleh ayat tersebut termasuk ciri ciri wanita penghuni surga sebab memiliki akhlak mulia dan senantiasa berjuang demi islam.

2. QS Maryam : 20

Ada juga wanita yang mulia, yaitu yang senantiasa menjaga kesuciannya dan menjauhkan diri dari zina. “Bagaimana akan ada bagiku seorang anak laki laki sedang tidak pernah ada seorang manusia pun menyentuhku dan aku bukan pula seorang pezina”. kecantikan wanita dalam islam bukan dilihat dari fisiknya, tetapi dari hatinya yang senantiasa menjaga kesucian karena takut dan ingin mendapat ridho Allah.

3. QS Al Lahab : 1-5

Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya ia akan binasa. Demikian pula istrinya pembwa kayu bakar yang di lehernya ada tali dari sabut”. Contoh wanita yang dilaknat Allah ialah wanita yang senantiasa berkata buruk serta mengumbar fitnah, baginya adalah siksa neraka. wanita tersebut disiksa karena mendapat azab menghina nabi Muhammad dengan memfitnah dan menyebarkan berita bohong.

4. QS Yusuf : 23

Firman Allah tentang wanita ialah tentang wanita penggoda, wanita dengan karakter demikian ialah contoh wanita yang merendahkan dirinya sendiri. “Dan perempuan yang dia tinggal di rumahnya menggoda dirinya. dan dia menutup pintu pintu lalu berkata, marilah mendekat kepadaku”. Kisah tersebut ialah tentang Nabi Yusuf yang digoda oleh Zulaikha tetapi tidak terpengaruh karena Nabi Yusuf memiliki ciri ciri laki laki sholeh menurut islam sehingga tidak terjerumus perbuatan maksiat.

5. QS At Tahrim : 10

Lalu kedua istri iitu berkhianat kepada kedua suaminya, maka kedua suaminya itu tiada dapat sedikitpun membantu mereka dari siksa Allah”. Seorang wanita yang sholeh ialah yang berbakti pada suaminya, wanita yang memiliki karakter pengkhianat akan mendapat siksa Allah di akherat nanti sebab ketidaktaatan pada suaminya.


6. QS Al Ahqaf : 15

Wanita mendapat keistimewaan dengan kepercayaan dari Allah untuk bisa mengandung dan melahirkan serta mendapat pahala luas karenanya, dan hal tersebut tidak bisa diberikan kepada lelaki. “Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah dan melahirkannya dengan susah payah pula. Mengandung dan menyapihnya adalah tiga puluh bulan”. dan  kehamilan dalam islam yang hanya dialami oleh wanita ialah salah satu anugrah terbesar dari Allah.

7. QS Ar Rum : 21

Wanita menjadikan dunia lebih indah dan penuh kasih sayang, wanita menjadikan lelaki merasa tentram dan mejadi pelengkap bagi lelaki. “Dia menciptakan untuk kalian istri dari jenis kalian sendiri suaya kalian cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan menjadikan rasa kasih dan sayang diantara kalian”.

8. QS An Nisa : 19

Tidak halal bagimu mempusakai wanita dengan jalan paksa dan janganlah kamu menyusahkan mereka”. Wanita tidak boleh diperlakukan secara kasar atau dibebani dengan sesuatu yang bukan merupakan tanggung jawabnya. Hal yang demikian tidak di Ridhoi oleh Allah.

9. QS An Nuur : 23

Friman Allah tentang wanita ialah wanita yang baik baik tidak selayaknya difitnah, bagi yang melakukan hal tersebut maka akan mendapat azab dari Allah. “Orang orang yang menuduh wanita yang baik baik yang tidak berbuat zina lagi beriman mereka dilaknat di dunia dan akherat, dan bagi mereka azab yang besar”.

10. QS An Nisa : 4

Wanita berhak mendapat mahar atau pemberian ketika ada seorang lelaki menikahinya, hal tersebut merupakan bentuk memuliakan wanita sebagai syarat dinikahinya seorang wanita oleh lelaki. “Berikanlah mahar kepada wanita yang kalian nikahi sebagai pemberian dengan pebuh kerelaan”.

11. QS An Nisa : 3

Wanita berhak diperlakukan dengan cara yang adil, jika seorang lelaki tidak sanggup berbuat adil jika poligami, maka lelaki tersebut tidak diperbolehkan menikah dengan lebih dari satu wanita, sebab perbuatan tidak adil pada wanita tidak di Ridhoi oleh Allah. “Maka nikahilah seorang wanita sahaja atau budak budak yang kamu miliki. Yang demikian itu lebih dekat untuk kalian dan tidak berlaku aniaya”.

12. QS An Nahl : 97

Barang siapa yang menegrjakan amal saleh baik lelaki maupun wanita dalam keadaan beriman, maka Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan Kami berikan balasan kepada mereka di akherat dengan pahala yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan”. Allah tidak membedakan antara lelaki dan wanita dalam hal pahala, Allah akan membuka pintu surga kepada siapa saja yang berbuat amal kebaikan. Wanita memiliki banyak peluang untuk bisa masuk surga Allah dengan kesholehannya.

13. QS Al Ahzab : 59

Allah memberikan syariat pada wanita untuk menutup aurat dengan tujuan yang mulia, yaitu untuk melindungi wanita dari gangguan atau dari disakiti. Allah melindung wanita melalui syariat syariat Nya. “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal sehingga mereka tidak diganggu atau disakiti”.

14. QS An Nahl : 58-59

Allah tidak menyukai manusia yang tidak menerima ketika diberikan anugrah anak perempuan, sebab di mata Allah lelaki dan wanita sama sama hamba yang dicintai Nya dan Allah hanya memandang dari amal perbuatannya. “Dan apabila seorang dari mereka diberi kabar dengan kelahiran anak wanita, hitamlah mukanya, dia sangat marah. Ketahuilah alangkah buruknya apa yang mereka tetapkan itu”.

15. QS An Nisa : 19

Lelaki tidak boleh memperlakukan wanita dengan seenaknya, dalam bergaul dengan wanita lelaki wajib memperlakukan mereka dengan baik, diantaranya ialah dengan sikap dan tutur kata yang baik, dengan perlindungan, dengan kasih sayang, dan dengan dipenhi kebutuhan lahir batinnya. “Dan bergaullah dengan mereka secara patut”. keutamaan memuliakan istri adalah kewajiban bagi suami.

16. QS An Nisa : 25

Allah  melindungi wanita yang mampu menjaga diri dengan kebaikan yang banyak, diantaranya ialah Allah memberinya lelaki atau suami yang sholeh dan menjadikannya seseorang yang mampu memberikan ketenangan pada orang lain. “Sedang mereka pun wanita wanita yang memelihara diri, bukan pezina dan bukan pula wanita wanita yang mengambil laki laki hanya sebagai teman mainnya”.

17. QS Al Ahzab : 33

Allah melindungi wanita dengan cara menjaganya, Allah menganjurkan wanita untuk berada di rumah kecuali jika terdapat keperluan yang diijinkan oleh syariat islam dan mendapat ijin dari suaminya. Hal demikian bertujuan untuk melindungi wanita dari segala marabahaya. “Dan hendaklah kalian menetap di rumah kalian serta janganlah kalian berhias dan bertingkah laku seperti orang orang jahiliyah dahulu”.

18. QS Al Ahzab : 32

“Kamu sekalian tidaklah seperti perempuan lain jika kamu bertaqwa. Maka janganlah kamu berbicara hingga berkeinginan orang yang ada penyakit dalam hatinya. Dan ucapkanlah perkataan yang ma’ruf”. Allah menganjurkan wanita untuk menjaga diri dengan menjaga tutur katanya, wanita tidak diperkenankan berkata lemah lembut pada lelaki yang bukan muhrimnya, hal itu semata untuk melindungi wanita dari fitnah dan dari perbuatan maksiat.

19. QS Al Baqarah : 233

Firman Allah tentang wanita ialah Allah memberinya keistimewaan untuk bisa menyusui serta mendapat pahala kebaikan luar biasa banyak dari air susuan yang diberikan pada bayinya. Sedang lelaki tidak mendapat keistimewaan pahala seperti ini. “Para ibu hendaknya menyusukan anak anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan”.


20. QS An Nisa : 34

Wanita diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok, sebab itu Allah menciptakan lelaki untuk menjaga dan melindunginya, Allah memerintahkan lelaki untuk memuliakan istrinya dengan cara kasih sayang dan kesabaran. “Suami itu pelindung bagi wanita (istri) karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki laki) di atas sebagian yang lain (wanita)”.

Demikian artikel kali ini mengenai firman Allah tentang wanita. Ternyata wanita memiliki banyak keistimewaan dan dilindungi serta dimuliakan oleh Allah. Allah memberi banyak jalan istimewa bagi wanita untuk menggapai surga Nya sebab itu sebagai wanita wajib menjalankan perintah dan menjauhi larangan Nya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan dapat menjadi penyemangat wanita untuk menjadi hamba Allah yang senantiasa memperbaiki diri serta mensyukuri nikmatNya. Terima kasih sudah membaca, salam hangat dari penulis.

, , , ,




Post Date: Wednesday 07th, March 2018 / 06:38 Oleh :
Kategori : Wanita