Keistimewaan Doa Malaikat Jibril Menjelang Ramadhan

Menjelang puasa Ramadhan, sebagian besar dari kita kerap menerima pesan melalui media sosial dan media lainnya tentang doa Malaikat Jibril yang konon dinukil dari suatu riwayat. Doa Malaikat Jibril itu adalah sebagai berikut.

ads

“Ya Allah, tolong abaikan puasa ummat Muhammad, apabila sebelum memasuki bulan Ramadhan dia tidak melakukan hal-hal berikut : tidak memohon maaf terlebih dahulu kepada kedua orang tuanya (jika masih hidup); tidak bermaafan terlebih dahulu antara suami istri; dan tidak bermaafan terlebih dahulu dengan orang-orang sekitarnya.”

Namun, hadits untuk doa di atas tidak diketahui periwayatnya. Dengan demikian, apakah keistimewaan doa malaikat Jibril menjelang Ramadhan tersebut?

Dari berbagai literatur disebutkan bahwa sejatinya doa Malaikat Jibril yang dimaksud adalah doa yang diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah (3/192) dan Ahmad (2/246, 254) dan tercantum dalam Kitab Shahih Ibnu Khuzaimah (3/192) serta Kitab Musnad Imam Ahmad (2/246, 254). Berikut adalah hadits yang dimaksud.

Baca juga :

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau menceritakan,

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam naik mimbar lalu beliau mengucapkan, ‘Amin … amin … amin.’ Para sahabat bertanya, ‘Kenapa engkau berkata demikian, wahai Rasulullah?’ Kemudian, beliau bersabda, ‘Baru saja Jibril berkata kepadaku, ‘Allah melaknat seorang hamba yang melewati Ramadhan tanpa mendapatkan ampunan,’ maka kukatakan, ‘Amin’.

Kemudian, Jibril berkata lagi, ‘Allah melaknat seorang hamba yang mengetahui kedua orang tuanya masih hidup, namun itu tidak membuatnya masuk Jannah (karena tidak berbakti kepada mereka berdua),’ maka aku berkata, ‘Amin’. Kemudian Jibril berkata lagi, ‘Allah melaknat seorang hamba yang tidak bershalawat ketika disebut namamu,’ maka kukatakan, ‘Amin.’”

(Hadits ini dinilai shahih oleh Al-Mundziri dalam At-Targhib wa At-Tarhib, dan oleh Adz-Dzahabi dalam Al-Mahzab. Dinilai hasan oleh Al-Haitsami dalam Majma’ Az-Zawaid; juga oleh Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam Al-Qaulul Badi’; juga oleh Al-Albani di Shahih At-Targhib).

Berdasarkan hadits shahih di atas, nyatalah bahwa yang dimaksud dengan doa Malaikat Jibril adalah doa keburukan bagi mereka yang melewatkan Ramadhan tanpa mendapatkan ampunan karena kerap melakukan hal-hal yang membatalkan puasa atau perbuatan yang dilarang oleh agama. Misalnya, berbuat maksiat, meninggalkan shalat fardhu atau shalat wajib, dan lain sebagainya.

Selain itu, hadits di atas juga tidak menunjukkan waktu terjadinya peristiwa tersebut. Sehingga, jika ada yang berkeyakinan bahwa peristiwa tersebut terjadi setelah nifsu sya’ban atau menjelang Ramadhan maka seharusnya menyertakan dalil-dalil pendukung yang kuat serta dapat dipertanggungjawabkan.

Dari ulasan di atas, dapat dikatakan bahwa keistimewaan doa malaikat Jibril menjelang Ramadhan tidak didasarkan atas dalil-dalil yang kuat dan dapat dipertanggungjawabkan. Karena itu, keistimewaannya pun tidak dapat dijelaskan. Jikapun ingin meminta maaf kepada orang tua, teman, atau orang-orang sekitar karena pernah berbuat zhalim terhadap mereka maka tidak perlu harus menunggu menjelang Ramadhan.

Baca juga :

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Orang yang pernah menzhalimi saudaranya dalam hal apapun, maka hari ini ia wajib meminta perbuatannya tersebut dihalalkan oleh saudaranya, sebelum datang hari dimana tidak ada dinar dan dirham. Karena orang tersebut memiliki amal shalih, amalnya tersebut akan dikurangi untuk melunasi kezhalimannya. Namun jika ia tidak memiliki amal shalih, maka ditambahkan kepadanya dosa-dosa dari orang yang ia zhalimi.”
(HR. Bukhari)

Sebagai muslim, sebaiknya kita tidak serta merta menyebarkan sesuatu tanpa disertai dalil-dalil yang kuat dan dapat dipertanggungjawabkan. Ketika kita menerima pesan singkat yang berisi amalan sebaiknya dicek terlebih dahulu kebenaran sumber serta dalil pendukungnya agar terhindar dari kesesatan dalam agama.

Demikianlah ulasan singkat tentang keistimewaan doa malaikat Jibril menjelang Ramadhan. Semoga bermanfaat.

, , ,




Post Date: Thursday 09th, May 2019 / 00:02 Oleh :
Kategori : Info Islami
Yuk Join & Subs Channel Saya Islam

Tukar Uang untuk THR Idul Fitri, Haram?

Kalau Sahur Jangan Buka Medsos, Mending Amalin Ini

Wajib Tonton ! Rekomendasi Film Religi Terbaik Pas Buat Nemenin Ramadhanmu