13 Penyebab Belum Hamil Dalam Islam dan Dalilnya

Tujuan penciptaan manusia adalah menyembah kepada Allah SWT dan meneruskan keturunan sebagai hamba-hambaNya. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda : “Nikahilah wanita yang kalian cintai dan punya keturunan (tidak mandul), karena saya di hari kiamat nanti akan banggakan jumlah kalian yang banyak” (HR Ahmad yang diakui sebagai hadis shahih oleh Ibnu Hibban).

ads

Untuk itulah, Islam menganjurkan untuk menikah. Tujuan pernikahan dalam Islam untuk menciptakan keluarga sakinah mawadah warahmah yang mampu mendidik anak-anak sesuai dengan cara mendidik anak yang baik menurut Islam.

Namun tidak semua pasangan suami istri mudah mendapatkan keturunan. Beberapa diantaranya bahkan butuh bertahun-tahun untuk mendapatkan keturunan. Ada beberapa penyebab seorang wanita belum hamil dalam Islam, diantaranya adalah:

  1. Tidak wudhu sebelum berhubungan

Wudhu dengan cara wudhu yang benar sebelum berhubungan intim merupakan salah satu adab berhubungan intim. Manfaat berwudhu dalam Islam bukan hanya membersihkan najis kecil, tapi wudhu juga membuat kedua pasangan dijauhi dari setan yang menghalangi bahkan ikut campur dengan membisikkan keburukan bagi si calon jabang bayi. Biasakan pula untuk berwudhu sebelum tidur karena banyak keutamana wudhu sebelum tidur.

  1. Belum bertaubat

Pasangan yang belum bertaubat dari dosa besar dalam Islam akan menyebabkan keduanya sulit mendapatkan keturunan. Allah tidak akan menitipkan seorang anak kepada mereka yang tidak mau bertaubat.

Untuk itu, lakukanlah sholat taubat , melakukan amalan penghapus dosa zina, dan perbanyak amalan istighfar agar diberi kemudahan mendapatkan keturunan.

Sebagaimana firman Allah SWT: “Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai- sungai”. (QS Nuh : 10 – 12)

  1. Stres

Seorang wanita yang mengalami stress atau depresi akan mengalami kesulitan untuk hamil. Pendiri Fertility Awareness Counseling and Training Seminars (FACTS), Tony Weschler mengatakan bahwa stres bisa mempengaruhi fungsi hipotalamus, bagian di otak yang berfungsi mengatur emosi, tekanan darah, denyut jantung, suhu tubuh dan perilaku konsumsi.

Bagian otak ini juga mengatur hormon yang memerintahkan ovarium untuk melepaskan sel telur. Lakukan cara mengatasi depresi menurut Islam seperti menjadi muslimah yang baik, cara menghilangkan kesedihan menurut Islam, dan hidup bahagia menurut Islam.


  1. Terlalu banyak makan junk food

Gaya hidup tidak sehat juga akan mempengaruhi kondisi rahim. Memakan makanan tidak sehat atau junk food menyebabkan susah hamil. Kandungan lemak jenuh yang terdapat di dalamnya meningkatkan risiko gangguan ovulasi hingga 73%.

Agar bisa cepat hamil sebaiknya lakukan cara hidup sehat menurut Islam, seperti tidur dengan posisi tidur menurut Islam, memakan makanan halal, dan olahraga teratur.

  1. Masalah berat badan

Berat badan yang terlalu kurus atau gemuk dapat mengakibatkan seorang wanita sulit hamil. Berat badan yang terlalu gemuk akan membuat lemak melapisi dinding ovarium sehingga sel telur sulit menempel pada dinding rahim, sedangkan berat badan yang terlalu kurus akan menyebabkan tubuh menyimpan tenaga akibat kurangnya lemak sehingga proses ovulasi dihentikan.

  1. Menunda kehamilan

Beberapa pasangan menunda kehamilan dalam Islam dengan menggunakan alasan ingin berduaan terlebih dahulu atau alasan karir dan keuangan. Dengan menggunakan alat kontrasepsi sebelum pernah mendapatkan keturunan akan menyebabkan rahim menjadi kering dan tubuh dipenuhi dengan zat kimia dari kontrasepsi.

Hal ini menyebabkan sel telur mengalami kesulitan untuk dibuahi. Padahal ada banyak keutamaan wanita hamil dalam Islam. Allah juga tidak menyukai orang-orang yang seperti ini.

وَلْيَخْشَ ٱلَّذِينَ لَوْ تَرَكُوا۟ مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعَٰفًا خَافُوا۟ عَلَيْهِمْ فَلْيَتَّقُوا۟ ٱللَّهَ وَلْيَقُولُوا۟ قَوْلًا سَدِيدًا

Artinya: ” Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.” (Q.S. An Nisa: 9)

Tidak perlu takut akan rezeki anak nantinya, karena Allah telah menyediakan rezeki masing-masing mahluk-Nya.

وَمَا مِن دَآبَّةٍ فِى ٱلْأَرْضِ إِلَّا عَلَى ٱللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِى كِتَٰبٍ مُّبِينٍ

Artinya: ” Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).” (Q.S. Hud: 6)

  1. Penyakit

Beberapa penyakit akan menyebabkan wanita menjadi sulit hamil, misalnya diabetes, masalah tiroid, kanker, dan penyakit kronis lainnya. Tubuh akan mengalami kesulitan dalam melakukan ovulasi karena terlalu lemah.

  1. Obat

Selain faktor penyakit, mengkonsumsi beberapa obat-obatan juga akan menyebabkan sulitnya hamil. Beberapa jenis obat yang dapat menyebabkan susah hamil, diantaranya antibiotik, obat maag, obat darah tinggi, antikejang, serta obat-obatanuntuk terapi kanker.

  1. Olahraga berlebihan

Tubuh yang dipaksa untuk melakukan aktivitas berat, seperti olahraga ekstrim akan menyebabkan tubuh kehilangan tenaga sehingga tidak dapat melanjutkan proses ovulasi. Lemak pada tubuh yang digunakan sebagai cadangan tenaga pun berkurang akibat pembakaran yang berlebihan.

  1. Kuret

Melakukan kuret berkali-kali akan menyebabkan kerusakan pada dinding rahim. Apalagi jika kuret yang dilakukan tidak steril, endometrium menjadi menutup yang seharusnya berbentuk rongga, dengan demikian akan menyebabkan susah punya keturunan bahkan mandul.

  1. Usia

Seperti yang telah diketahui, wanita memiliki masa menopause. Biasanya terjadi pada usia 35 tahun ke atas. Menopause menyebabkan berkurangnya produksi sel telur hingga akhirnya tidak dihasilkan sama sekali.

  1. Minuman keras

Minuman keras dalam Islam selain termasuk dalam jenis minuman haram, juga tidak baik dikonsumsi pria maupun wanita. Larangan minuman keras dalam Islam dikeluarkan karena akan berdampak buruk pada sistem reproduksi.

Pada wanita , produksi hormon progesteron dan estrogen, akan tetapi meningkatkan kadar prolaktin sehingga menghambat poses ovulasi. Sedangkan pada pria, menyebabkan pengecilan ukuran testis dan bisa menurunkan volume air mani, mobilitas, morfologi, maupun konsentrasi spematozoa.

  1. Kelainan

Kelainan pada rahim akan menyebabkan terhambatnya jalan sperma menuju sel telur sehingga sulit terjadi pembuahan.

Beberapa kelainan yang dapat menghambat kehamilan diantaranya adalah pembentukan jaringan ikat (fibrosis), dan perlekatan tuba yang mengganggu fungsi fimbria, polip atau mioma, masalah konstraksi rahim, dan peradangan endometrium.

Hamil memang menjadi keinginan setiap wanita yang telah membangun rumah tangga, tapi untuk mencapai keinginan tersebut hendaklah selalu berdoa dan tawakal kepada Allah SWT. Wanita yang sulit hamil juga bisa mengamalkan doa agar cepat hamil menurut Islam agar cepat hamil.

Sebagaimana sabda Rasul: “Tiada seorang berdo’a kepada Allah dengan suatu do’a, kecuali dikabulkanNya, dan dia memperoleh salah satu dari tiga hal, yaitu dipercepat terkabulnya baginya di dunia, disimpan (ditabung) untuknya sampai di akhirat, atau diganti dengan mencegahnya dari musibah (bencana) yang serupa.” (HR. Ath-Thabrani)

Dan jangan lupa untuk selalu memulai doa dengan memuji nama Allah emnggunakan Asmaul Husna. “Apabila salah seorang dari kalian berdoa maka hendaklah memulai dengan memuji Allah dan memuja-Nya, lalu hendaknya membaca salawat atas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, kemudian setelah itu dia boleh berdoa tentang apa pun yang diinginkannya.” (HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi)

, , , , ,




Post Date: Friday 30th, March 2018 / 03:55 Oleh :
Kategori : Wanita