13 Cara Menyikapi Ulang Tahun Menurut Islam dan Dalilnya

Pesatnya kemajuan teknologi mengaburkan batasan antar negara sehingga pertukaran kebudayaan sangat mudah dilakukan saat ini. Salah satu kebudayaan yang tidak Islami namun banyak dilakukan oleh Muslim adalah melakukan perayaan ulang tahun.

ads

Sejatinya ulang tahun adalah berkurangnya berbagai kenikmatan yang kita peroleh dan semakin dekatnya kita dengan kematian, tapi beberapa orang justru merayakannya dengan pesta meriah. Lalu bagiamana sebenarnya Islam menyikapi ulang tahun? Berikut adalah 13 cara menyikapi ulang tahun menurut Islam:

  1. Bersikap muhasabah

Ketika berhadapan dengan hari ulang tahun, maka hendaknya bersikap muhasabah atau introspeksi diri. Jadikanlah hari ulang tahun Anda sebagai hari untuk merenungi segala kesalahan atau dosa besar dalam Islam yang pernah Anda buat. Sebagaimana firman Allah SWT: 

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang yang beriman dan orang-orang yang yang mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat dan menasehati supaya menetapi kesabaran.” (Q.S. Al Ashr: 1-3)

  1. Sadari perayaan ulang tahun adalah kebudayaan non Muslim

Rasulullah bersabda: “Orang yang meniru suatu kaum, ia seolah adalah bagian dari kaum tersebut” (HR. Abu Dawud, disahihkan oleh Ibnu Hibban). Perayaan ulang tahun bukanlah bagian dari Islam. Islam hanya mengenal 3 perayaan saja, yakni Idul Fitri, Idul Adha, dan hari Jumat.

Jika ulang tahun menjadi sebuah perayaan, maka Anda sudah mengikuti jalan kaum non Muslim lainnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sebaik-baik umat manusia adalah generasiku (sahabat), kemudian orang-orang yang mengikuti mereka (tabi’in) dan kemudian orang-orang yang mengikuti mereka lagi (tabi’ut tabi’in). (Muttafaq ‘alaih)

  1. Takut menjadi kaum yang bid’ah

Jika beberapa orang justru selalu merayakan ulang tahun, bahkan terkadang memaksakan diri, maka jadilah Anda orang yang takut untuk terjun pada bid’ah. Sebagaimana sabda Rasul:

Aku akan mendahului kalian di al haudh (telaga). Dinampakkan di hadapanku beberapa orang di antara kalian. Ketika aku akan mengambilkan (minuman) untuk mereka dari al haudh, mereka dijauhkan dariku. Aku lantas berkata, ‘Wahai Rabbku, ini adalah umatku.’ Lalu Allah berfirman, ‘Engkau sebenarnya tidak mengetahui bid’ah yang mereka buat sesudahmu.’ “ (HR. Bukhari no. 7049)

Baca juga:

  1. Minta doa pada keluarga dan sahabat

Daripada sibuk mengikuti kebudayaan non Muslim yang merayakan ulang tahun, akan jauh lebih baik jika Anda meminta doa dari keluarga dan sahabat Anda. Hal ini jauh lebih bermanfaat bagi Anda. Mintalah doa pembuka 12 pintu rejeki, doa agar keinginan tercapai, dan doa agar dipermudah segala urusan. Sebagaimana firman Allah:

قَالُوا۟ يَٰٓأَبَانَا ٱسْتَغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَآ إِنَّا كُنَّا خَٰطِـِٔينَ

Artinya: “Mereka berkata: “Wahai ayah kami, mohonkanlah ampun bagi kami terhadap dosa-dosa kami, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang bersalah (berdosa)” (Q.S. Yusuf: 97)


  1. Bersedekah

Daripada menghabiskan uang hanya untuk melakukan perayaan ulang tahun, alangkah lebih baik jika Anda melakukan sedekah. Ada banyak keutamaan  sedekah dalam Islam yang bisa Anda peroleh di umur Anda yang semakin bertambah.  Sebagaimana firman Allah:

وَأَنفِقُوا۟ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ وَلَا تُلْقُوا۟ بِأَيْدِيكُمْ إِلَى ٱلتَّهْلُكَةِ ۛ وَأَحْسِنُوٓا۟ ۛ إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلْمُحْسِنِينَ

Artinya: ” Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (Q.S. Al Baqarah: 195)

  1. Mengingat kematian

Ingatlah bahwa semakin bertambah usia Anda maka semakin dekat pula Anda dengan kematian. Untuk itu persiapkanlah amal jariyah sebanyak-banyaknya untuk bekal di akhirat nanti.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِۦ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ

Artinya: ” Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam. .” (Q.S. Ali Imran: 102)

كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ ٱلْمَوْتِ ۗ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ ۖ فَمَن زُحْزِحَ عَنِ ٱلنَّارِ وَأُدْخِلَ ٱلْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا ٱلْحَيَوٰةُ ٱلدُّنْيَآ إِلَّا مَتَٰعُ ٱلْغُرُورِ

Artinya: ” Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. .” (Q.S. Ali Imran: 185)

  1. Tidak membuat pesta

Jangan mengadakan pesta ulang tahun, walaupun kecil-kecilan. Apalagi menggunakan kue dengan lilin ulang tahun yang jumlahnya disesuaikan dengan umur. Selain mengikuti tradisi Nasrani Romawi, hal ini juga menyia-nyiakan harta Anda. Belum lagi dosa yang tak terampuni jika Anda menyiapkan sarana teman-teman meminum minuman keras.

وَءَاتِ ذَا ٱلْقُرْبَىٰ حَقَّهُۥ وَٱلْمِسْكِينَ وَٱبْنَ ٱلسَّبِيلِ وَلَا تُبَذِّرْ تَبْذِيرًا

Artinya: “Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. .” (Q.S. Al Israa: 127)

  1. Meningkatkan keimanan

Mengingat umur yang semakin bertambah, hendaknya tingkatkan keimanan Anda. Ada banyak cara meningkatkan keimanan dan cara meningkatkan akhlak. Dengan semakin kuatnya keimanan, maka bukan hanya perayaan ulang tahun saja yang bisa Anda hindari, tapi juga kebudayaan lainnya. Misalnya dengan mengerjakan sholat fardhu dan macam-macam sholat sunnah.

  1. Menambah prestasi

Jadikan tambahan umur Anda sebagai tolak ukur untuk menambah prestasi Anda. Karena sebaik-baik manusia adalah yang berguna dan bermanfaat bagi manusia lainnya.

لِّلَّذِينَ أَحْسَنُوا۟ ٱلْحُسْنَىٰ وَزِيَادَةٌ ۖ وَلَا يَرْهَقُ وُجُوهَهُمْ قَتَرٌ وَلَا ذِلَّةٌ ۚ أُو۟لَٰٓئِكَ أَصْحَٰبُ ٱلْجَنَّةِ ۖ هُمْ فِيهَا خَٰلِدُونَ

Artinya: “Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya. Dan muka mereka tidak ditutupi debu hitam dan tidak (pula) kehinaan. Mereka itulah penghuni surga, mereka kekal di dalamnya. .” (Q.S. Yunus: 26)

Baca juga:

  1. Bersyukur

Panjatkan syukur sebanyak mungkin kepada Allah SWT karena Anda masih diberi banyak kenikmatan dan umur untuk terus beribadah. Lakukan berbagai cara mensyukuri nikmat Allah agar semakin banyak nikmat diberikan oleh Allah.

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ

Artinya: “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.” (Q.S. Ibrahim: 7)

  1. Berkumpul dengan keluarga

Habiskan waktu Anda dengan keluarga untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat. Menghindari ulang tahun dengan kegiatan lain yang jauh lebih bermanfaat adalah sikap yang tepat. Sisihkan waktu untuk mengajak keluarga Anda melakukan wisata agar hubungan kekeluargaan menjadi lebih dekat.

  1. Perbanyak dzikir

Hari ulang tahun adalah hari mendekati kematian maka dari itu sebaiknya perbanyak mengingat Allah dengan berdzikir karena ada banyak keutamaan berdzikir.

فَإِذَا قَضَيْتُمُ ٱلصَّلَوٰةَ فَٱذْكُرُوا۟ ٱللَّهَ قِيَٰمًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِكُمْ ۚ فَإِذَا ٱطْمَأْنَنتُمْ فَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ ۚ إِنَّ ٱلصَّلَوٰةَ كَانَتْ عَلَى ٱلْمُؤْمِنِينَ كِتَٰبًا مَّوْقُوتًا

Artinya: “Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. “.” (Q.S. An nisa: 103)

  1. Mohon ampun

Mintalah ampunan kepada Allah atas segala dosa yang telah Anda lakukan selama tahun-tahun yang Anda lewati dengan memperbanyak amalan istighfar. Ada banyak keutamaan istighfar.

قُلْ يَٰعِبَادِىَ ٱلَّذِينَ أَسْرَفُوا۟ عَلَىٰٓ أَنفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا۟ مِن رَّحْمَةِ ٱللَّهِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ يَغْفِرُ ٱلذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلْغَفُورُ ٱلرَّحِيمُ

Artinya: “Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.” (Q.S. Az Zumar: 53)

Demikian beberapa cara menyikapi ulang tahun menurut islam dan dalilnya.

, , , ,




Post Date: Saturday 31st, March 2018 / 02:13 Oleh :
Kategori : Info Islami