Hukum Mengetahui Dalil dalam Islam dan Manfaatnya bagi Seorang Muslim

Islam memiliki tuntunan dalam setiap ajaran yang diberikan. Mulai dari alquran, hadis dan sebagainya. Mengetahui semua hal dari berbagai sumber tentu terkadang menjadi perdebatan. Dan pertanyaan sebenarnya apa hukum mengetahui dalil dalam Islam. Apa harus tahu? atau masih boleh di pelajari bersama. Memang akan mudah jika di diskusikan. Tapi disini saya akan bantu menjawab.

ads

Sebelum ke pokok, alangkah baiknya jika kita perlu mengetahui dalil itu apa. Dalil adalah bukti, keterangan atau sesuatu yang menunjukkan suatu kebenaran yang lain. Contoh sebenarnya wujud keberadaan Allah itu bagimana, jawabannya dengan melihat bumi dan segala ciptaan-Nya, maka hal itu bisa dianggap sebagai dalil.

Apakah Mengetahui Dalil yang Ada dalam Islam?

Lalu apa hukum mengetahui dalil dalam islam? Hukum dalil sebenarnya didasarkan pada setiap kejadian yang ada. Mengetahui dalil selama ini tidak menjadi perdebatan namun hukumnya ialah tergantung dalilnya itu sendiri. Jika dalilnya kuat maka silahkan ikuti. Dan seharusnya umat islam wajib mengerti mengenai dalil.

Namun, apabila dalil mengenai suatu hal itu lemah maka anda juga diperbolehkan untuk tidak mengikuti. Sebenarnya islam tidak menyulitkan malah memudahkan. Hanya saja adanya dalil agar manusia lebih percaya dan lebih mudah dalam menentukan berbagai keputusan dalam hidup.

Syariat atau Hukum Islam Bersumber dari Al-quran dan Hadist

Dalam islam, sering dikenal adanya syariat atau hukum di agama islam. Syariat atau hukum islam yaitu ketentuan berupa perintah, anjuran, dan larangan dari Allah yang bersumber dari Al quran dan hadis. Allah berfirman pada Surah Al-Imran ayat 138 :

Image result for Al imran 138

“Al Qur’an adalah penjelasan bagi umat manusia. Juga petunjuk dan nasehat bagi orang orang yang bertaqwa “

Baca juga :

Mengetahui dalil, membuat anda sebagai seorang yang berilmu. Dalam islam Allah akan menyukai orang – orang yang berilmu. Bahkan dalam Surah Al Mujadilah ayat 11:

Image result for Surah Al Mujadilah ayat 11

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang – orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat “


Mengetahui Dalil yang Ada Dapat Memantapkan Iman Seorang Muslim

Alangkah baiknya jika setiap muslim mengetahui suatu dalil dalam segala hal. Karena dalil itu akan mampu memantapkan hati seorang muslim. Bahkan bisa menyelesaikan suatu perdebatan. Hal ini juga dapat mengarahkan kepada keadilan dalam memutuskan suatu perkara. Dalam Surah Al-Imran ayat 18 :

“Allah menyatakan bahwasannya tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Dia, Yang menegakkan keadilan. Para malaikat dan orang – orang yang berilmu juga menyatakan demikian itu. Tidak ada Tuhan yang berhakk disembah melainkan Dia, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”

Baca juga :

Dalil Mampu Meyakinkan Banyak Umat Muslim.

Disetiap permasalahan pun terdapat dalil yang berbeda-beda. Ustadz DR.Khalid mengatakan:

“Suatu perkara jika dalilnya lebih kuat maka silahkan ikuti. Namun jika tidak ada dalil atau sama saja atau hanya berbicara saja maka pendapat ulama yang didahulukan”

Dalil Merupakan Langkah dalam Menuntut Ilmu

Sesungguhnya Nabi s.a.w bersabda:

“Barangsiapa yang menempuh suatu perjalanan dalam rangka untuk menuntut ilmu maka Allah akan mudahkan baginya jalan ke surga. Tidaklah berkumpul suatu kaum disalah satu masjid diantara masjid – masjid Allah mereka, membaca Kitabullah serta saling mempelajari kecuali akan turun kepada mereka ketenangan dan Rahmat serta diliputi oleh Para malaikat. Allah menyebut – nyebut mereka di hadapan para malaikat “

Singkat cerita : Hukum mengetahui dalil memang masih menjadi Hal yang harusnya diketahui muslim. Apalagi untuk mengatasi berbagai permasalahan dalam hidup. Contoh dalil pahala bersama istri, dalilnya bisa hadis dan juga ayat suci al-qur’an.

Segala Sesuatu yang Berkaitan dengan Agama Harus Didasarkan Pada Pedoman yang Kuat

Berkaitan dengan agama semua hal harus memiliki pedoman atau dasar yang kuat agar tidak bimbang dalam mengambil keputusan setiap manusia. Dalil akan sering digunakan oleh umat muslim apalagi yang masih belajar mengenai ajaran islam tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa setiap tafsir harus benar – benar di kembalikan ke ulama atau kembali ke generasi awal islam. Dan dipercayakan ke ulama agar selamat dalam dunia. Karena ulama menyimpulkan dengan dalil yang detail sehingga hukum mengetahui dalil harus benar – benar dipikirkan oleh ulama secara detail.

Baca juga :

Mengapa harus detail ? agar agama islam tetap terjaga ajarannya sampai ke generasi – generasi selanjutnya dan tidak berubah oleh zaman. Sebab agama islam sendiri sudah sempurna. Jadi harus dijaga kesempurnaanya sampai saat ini.

Tahukah anda? Bahwa dengan mengetahui dalil, akan ada banyak manfaat yang didapatkan. Bahkan membantu dalam menyelesaikan masalah. Seperti manfaat dalam kehidupan nyata tentunya. Dikarenakan mengetahui dalil adalah sebuah ilmu tentu. Maka disetiap ilmu selalu terdapat manfaat.


Manfaat Mengetahui Dalil dalam Kehidupan Sehari-hari

Secara lebih jelasnya, saya telah merangkum manfaat yang anda akan dapatkan jika mengetahui dalil. Beserta penjelasannya sehingga anda lebih mudah untuk mengerti terkait hal tersebut. Berikut Manfaat mengetahui dalil di bawah ini :

1. Lebih mudah dalam mengambil keputusan
Hal ini terjadi karena dalil sendiri merupakan dasar serta penerang dalam suatu permasalahan yang ada dalam dunia.

2. Memiliki pedoman hidup
Pedoman atau tuntunan islam juga tidak lepas dari dalil yang sering berkembang di kalangan banyak masyarakat saat ini.

3. Meningkatkan kepercayaan terhadap agama Islam
Jika anda memahami makna dan pengertian sejak awal. anda akan merasa semakin percaya bahwa segala di dunia ini adalah milik-Nya seperti pada surah al-Imran.

4. Semakin giat beribadah
Ada banyak ilmu serta sumber dan dasar seseorang dalam mengatasi berbagai masalah. Namun, mengetahui dalil dalam segala hal akan membantu anda giat beribadah. Karena sebenarnya semua perkara yang ada di bumi juga bisa dikembalikan pada Sang pencipta.

Baca juga :

5. Hidup menjadi lebih baik
Ada pepatah mengatakan tuntutlah ilmu sampai ke negeri jiran. Maksudnya Agama islam memberikan banyak ilmu dan pengetahuan tentang bagaimana seorang muslim menghadapi masalah. Bahkan mengetahui tentang dalil dapat membuat hidup lebih baik karena berilmu

6. Mendatangkan Pahala
Segala kebaikan dari adanya hukum mengetahui dalil akan membantu anda dalam mencari dan mendapatkan pahala

Hukum Mengetahui Dalil dalam Islam

Kesimpulan : Hukum mengetahui dalil sebenarnya ditentukan dalil tersebut seberapa kuat. Hal ini memerlukan pendapat para ulama. Karena banyak permasalahan baru yang membutuhkan hukum baru. Sehingga tidak boleh ditentukan sembarangan. Ini dilakukan untuk menjaga islam dari generasi ke generasi. Islam sendiri agama yang sudah sempurna. Jadi saat ini harus dijaga agar tetap pada ajaran silam awalnya.

Secara spesifik setiap permasalahan memiliki dalil yang berbeda – beda sehingga hukumnya pun bisa berbeda. Mengetahui dalil sendiri juga merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi umat beragama islam. Bahkan juga termasuk ilmu yang bermanfaat, manfaatnya sendiri bisa dilihat berdasarkan penjelasan yang terdapat di atas.

Jika anda merasa menerima ujian bacalah dalilnya dan jika ingin mengetahui keutamaan tidur bacalah dalil Dalil lain mengenai puasa serta hukum juga terdapat penjelasannya disini. Semua dalil menangani banyak permasalahan atau menjelaskan berbagai pengetahuan. Nikmat rasanya menjadi orang yang berilmu. Semoga bisa menambah ilmu dan mohon maaf bila ada salah kata dan ucapan. Terimakasih

, , ,




Post Date: Monday 18th, March 2019 / 12:37 Oleh :
Kategori : Hukum Islam