10 Tanda-Tanda Kiamat Sugra dan Kubra Beserta Dalilnya

Kiamat adalah salah satu ketetapan Allah yang pasti terjadi dan tidak ada yang tahu kapan akan terjadi selain Allah SWT. Dalam Islam, terdapat tanda-tanda kiamat yang akan terlihat atau terjadi sebelum kiamat terjadi.

Kedua tanda tersebut adalah tanda kiamat sugra (tanda kiamat kecil) dan tanda kiamat kubra (tanda kiamat besar). Untuk lebih mudah memahaminya, berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai tanda-tanda kiamat tersebut:

Tanda Kiamat Sugra

1. Wanita berpakaian tapi telanjang

Tanda kiamat sugra yang pertama adalah banyaknya wanita yang berpakaian namun telanjang. Pakaian yang mereka kenakan begitu mini dan ketat sehingga nampaklah lekuk tubuhnya. Rasul bersabda,

حَدَّثَنِي زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ سُهَيْلٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مُمِيلَاتٌ مَائِلَاتٌ رُءُوسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ لَا يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ وَلَا يَجِدْنَ رِيحَهَا وَإِنَّ رِيحَهَا لَيُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ كَذَا وَكَذَا.

Ada dua macam penduduk neraka yang belum pernah ku lihat. Yaitu oarang-orang yang membawa cemeti seperti ekor sapi yang mereka gunakan untuk mencabuki manusia dan wanita-wanita yang berpakaian tapi telanjang, yang bergoyang dan membuat orang lain bergoyang, kepala mereka seperti punuk unta yang miring, mereka tidak masuk surga dan tidak mencium baunya, padahal bau surga itu bisa  dicium dari jarak perjalanan sekian dan sekian. (HR. Muslim, Al-Libas waz-Zinah)

Baca juga:

2. Masjid dijadikan tempat wisata

Rasul pernah mengatakan bahwa salah satu tanda kiamat adalah dijadikannya masjid sebagai tempat wisata.

إنّ من أشراط الساعة أن تتّخذ المساجد طرقا

“sesungguhnya salah satu tanda kiamat adalah bila masjid-masjid dianggap sebagai jalanan” (Mustadrak Al-Hakim beliau berkata “Hadis ini Shahih Sanadnya”. Adz-Dzahabi berkata,”mauquf”)

3. Banyaknya bencana

Semakin banyaknya bencana juga merupakan salah satu tanda kiamat.

978 – حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ قَالَ أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ قَالَ أَخْبَرَنَا أَبُو الزِّنَادِ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يُقْبَضَ الْعِلْمُ وَتَكْثُرَ الزَّلَازِلُ وَيَتَقَارَبَ الزَّمَانُ وَتَظْهَرَ الْفِتَنُ وَيَكْثُرَ الْهَرْجُ وَهُوَ الْقَتْلُ الْقَتْلُ حَتَّى يَكْثُرَ فِيكُمْ الْمَالُ فَيَفِيضَ

4050 – حَدَّثَنَا أَبُو مُصْعَبٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ عَنْ أَبِي حَازِمِ بْنِ دِينَارٍ عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ يَكُونُ فِي آخِرِ أُمَّتِي خَسْفٌ وَمَسْخٌ وَقَذْفٌ

Menjelang terjadinya kiamat akan terjadi pengubahan rupa, penggelaman bumi, dan hujan batu.(Sunan Ibnu Majah)

Baca juga:

4. Semakin meluasnya kebodohan

Tanda kiamat sugra lain adalah wafatnya para ulama dan meluasnya kebodohan. Rasul bersabda,

98 – حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ أَبِي أُوَيْسٍ قَالَ حَدَّثَنِي مَالِكٌ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ اللَّهَ لَا يَقْبِضُ الْعِلْمَ انْتِزَاعًا يَنْتَزِعُهُ مِنْ الْعِبَادِ وَلَكِنْ يَقْبِضُ الْعِلْمَ بِقَبْضِ الْعُلَمَاءِ حَتَّى إِذَا لَمْ يُبْقِ عَالِمًا اتَّخَذَ النَّاسُ رُءُوسًا جُهَّالًا فَسُئِلُوا فَأَفْتَوْا بِغَيْرِ عِلْمٍ فَضَلُّوا وَأَضَلُّوا قَالَ الْفِرَبْرِيُّ حَدَّثَنَا عَبَّاسٌ قَالَ حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ هِشَامٍ نَحْوَهُ

Sesungguhnya Allah tidak mengambil ilmu dengan mencabut para manusia, tetapi mengambil ilmu dengan mewafatkan para ulama. Sehingga ketika tidak ada lagi ulama, manusia menjadi orang-orang bodoh sebagai pemimpin. Merekapun di tanya lantas berfatwa tanpa ilmu, sehingga mereka sesat dan menyesatkan. (Shahih Bukhari)

5. Maraknya riba

Rasul juga pernah mengatakan bahwa riba yang semakin meluas merupakan salah satu tanda kiamat semakin dekat.

2269 – حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ ابْنُ عُلَيَّةَ حَدَّثَنَا دَاوُدُ بْنُ أَبِي هِنْدٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي خَيْرَةَ عَنْ الْحَسَنِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيَأْتِيَنَّ عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ لَا يَبْقَى مِنْهُمْ أَحَدٌ إِلَّا آكِلُ الرِّبَا فَمَنْ لَمْ يَأْكُلْ أَصَابَهُ مِنْ غُبَارِهِ

Benar-benar akan datang kepada manusia suatu zaman dimana dimana tidak ada seorang pun diantara mereka kecuali memakan harta riba. Sekiranya ia tidak memakannya, setidaknya ia terkena debunya. (HR. Abu daud no.2893, Ibnu Majah no. 2269, Al-Hakim no, 2121. Perawi Al-Hasan tidak mendengar hadist ini dari Abu Hurairah, sehingga sanadnya terputus. Dha’if Jami Shaghir no. 4846 dan ‘ainul Mabud, 7/314)

Baca juga:

Tanda Kiamat Kubra

1. Asap di Timur dan Barat

Salah satu tanda kiamat kubra adalah akan ada asap yang menyelimuti bumi selama 40 hari. Rasul bersabda,

Al Allamah al Khazin dalam sebuah kitab tafsir karyannya berkata, “Hudzaifah Ra suatu ketika bertanya : ‘ Ya Rasulullah, apa itu (yang disebut) dukhan (asap)?’ dan kemudian beliau Rasulullah SAW membaca sebuah ayat dalam al-Qur’an:

فَارْتَقِبْ يَوْمَ تَأْتِي السَّمَاءُ بِدُخَانٍ مُبِينٍ

Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut/asap yang nyata. (QS. ad-Dukhan:10)

2. Munculnya Dajjal

Tak ayal lagi akan muncul Dajjal yang akan menyebar fitnah di muka bumi. Ia mampu menurunkan hujan dan membangkitkan orang mati.

Dari Abu Bakar R.a, Ia menyatakan :

Rasulullah bercerita kepada kami, Dajjal akan datang dari negeri timur yang disebut dengan Khurasan. Dia diikuti dengan orang-orang yang wajahnya seperti halnya perisai yang dihantam palu.”

3. Munculnya dabbah

Dabbah adalah mahluk melata yang akan muncul jika kiamat sudah dekat. Allah berfirman dalam surat an-Naml,

Apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan seekor dabbah (binatang) dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.” (An-Naml: 82).

Baca juga:

4. Turunnya Nabi Isa

Nabi Isa akan turun dan membunuh Dajjal serta mengembalikan kedamaian di muka bumi. Rasul bersabda,

Dan demi jiwaku yang berada di tangan-Nya, sudah dekat saatnya di mana akan turun pada kalian (‘Isa) Ibnu Maryam Alaihissallam sebagai hakim yang adil. Dia akan menghancurkan salib, membunuh babi, menghapus jizyah (upeti/pajak), dan akan melimpah ruah harta benda, hingga tidak ada seorang pun yang mau menerimanya.” (HR. Al- Bukhari)

5. Ditiupnya sangkakala

Setelah semua tanda kiamat muncul , maka ditiupkanlah sangkakala yang akan mematikan seluruh mahluk hidup kemudian dibangkitkan kembali untuk dihisab. Allah berfirman,

وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَصَعِقَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ إِلَّا مَنْ شَاءَ اللَّهُ ۖ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَىٰ فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنْظُرُونَ

Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing).” (QS. Az- Zumar : 68)

Itulah tanda kiamat sugra dan kiamat kubra yang perlu diketahui. Sungguh jelas bahwa tanda tersebut telah banyak yang bermunculan. Semoga kita mampu menjadi hamba Allah yang selalu dikuatkan keimanannya hingga akhir hayat. Aamiin.